Dukung Moratorium Izin Tambang Batubara


MUARA TEBO, MPonline - Adanya kebijakan pemerintah menghentikan sementara (moratorium) penerbitan izin baru tambang batubara yang diumumkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Senin (2/01) lalu mendapat respon positif dari Bupati Tebo H Sukandar, S.Kom,MSi.
Menurutnya, keputusan pemerintah menerbitkan kebijakan moratorium sangat tepat. Penghentian sementara penerbitan izin baru tambang batubara diperlukan untuk menyelamatkan lingkungan dari ancaman kerusakan.
“Kami mendukung kebijakan pemerintah tersebut,” kata bupati.
Bupati menyatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tebo tidak akan menerbitkan lagi izin pertambangan batubara. Menurutnya, jumlah izin yang ada saat ini sudah terlalu banyak. Pemkab juga akan melakukan evaluasi terhadap perusahaan yang telah mengantongi izin saat ini.
Dukungan terhadap moratorium tersebut juga dilontarkan sejumlah masyarakat Tebo yang mengharapkan aturan tersebut benar-benar dijalankan. Selain mengancam kerusakan lingkungan, mobilisasi truk batubara juga terbukti menjadi penyebab utama kerusakan infrastruktur jalan.
"Kalau perlu bukan hanya izin baru saja yang tidak diberikan, namun izin yang ada juga dicabut. Lihatlah selama ini jalan Tebo-Jambi rusak parah karena menjadi lintasan truk batubara dari Kabupaten Bungo ke Jambi," Sebut Dafrial, salah seorang warga Muara Tebo. (ald)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar









Berita Terpopuler

Copyright © MERDEKAPOST.COM. All rights reserved.
Redaksi | Pedoman Media Cyber | Network | Disclaimer | Karir | Peta Situs