Headlines News :

Truk Batubara Dihimbau Tidak Masuk Kota

Oleh : Heri Zaldi Pada Hari Friday, 17 February 2012 | 11:25 WIB

Fachrori Umar
MERDEKAPOST.COM, JAMBI - Wakil Gubernur Jambi H. Fachrori Umar menghimbau sopir truk angkutan batu bara agar tidak melalui Kota Jambi untuk menuju Pelabuhan Talang Duku. Permasalahan jalan untuk kendaraan pengangkut batubara saat ini sedang dicarikan solusi. Direncanakan ke depan dibangun Jalan Khusus Sarolangun-Ujung Jabung. Hal ini diungkapkan Wakil Gubenur Fachrori Umar, Rabu (15/2) pada rapat pembangunan Jalan Khusus Sarolangun-Ujung Jabung, bertempat di Ruang Kerinci, Hotel Abadi Kota Jambi.


Polemik jalur angkutan batubara dengan masyarakat menjadi fokus utama pembahasan pembuatan jalan khusus batubara. Mengatasi permasalahan jangka pendek sebelum pengerjaan jalan khusus tersebut Wagub menghimbau, truk maupun tronton pengangkut batubara tetap mengikuti aturan yang sudah ditentukan.


”Aturannya tetap, jalan dilewati sesuai tonase. Truk walaupun sesuai tonase sesuai dengan kondisi jalan tapi untuk masuk kota (Jambi) tidak ada cerita,” ujar Wagub.
Jalan alternatif untuk saat ini tetap melewati Jalan Lingkar Selatan melalui Simpang Rimbo sampai belakang bandara. ”Kita menghimbau pelaku ekonomi terutama yang ada di Jambi berfikir, ada yang namanya aliran ekonomi keseimbangan. Orang beruntung kita beruntung, masyarakat tidak tersakiti,” lanjut Wagub.


Kepentingan dan keberpihakan kepada masyarakat umum merupakan tugas utama pemerintah. Jika tidak, Wagub mengkhawatirkan akan memperburuk keadaan. “Sebab suatu saat berbahaya, kita menunggu roboh runtuh. Kalau masih tetap kapitalis, mereka memikirkan modal mereka itu kuat, masyarakat jangan dilawan bahaya sekali,” kata Wagub.
Wagub juga ingin bertemu dengan pemilik modal dari perusahaan batubara yang selama ini diakuinya hanya bertemu dengan pengelola saja. “Kita sesungguhnya harus bertemu dengan yang punya batubara itu sesungguhnya siapa. Selama ini kita hanya bertemu dengan bawahannya saja.”


Terkait izin yang masih belum dimiliki batubara namun sudah berani melakukan eksploitasi, Wagub menegaskan untuk ditindak tegas. Perbaikan Jalan Lingkar Selatan dan Barat menurut Dinas PU Provinsi Jambi akan diperbaiki dengan menggunakan kucuran dana dari Bank Dunia sebanyak Rp 74 Milyar dan akan segera dilaksanakan. Walaupun jalan yang diperbaiki juga merupakan jalan nasional.


Hadir dalam rapat tersebut Kapolda Jambi Drs. H. Anang Iskandar, Asisten I Kailani, SH, M.Hum, Dinas Perhubungan Provinsi dan Kabupaten/Kota, Dinas Pertambangan dan Sumber Daya Mineral Kabupaten/Kota, serta pihak TNI dan Kepolisian yang dilalui Jalan Khusus.(ald/humasprov)

0comments:

Tinggalkan Komentar...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...