Headlines News :

Afriyani Cs Jalani Tes Kejiwaan Lanjutan

Oleh : Heri Zaldi Pada Hari Friday, 3 February 2012 | 11:07 WIB

Merdekapost.com, Jakarta - Afriyani Susanti (29), sopir Xenia maut yang merenggut nyawa 9 orang di Tugu Tani, Jakarta Pusat, masih menjalani tes kejiwaan di Polda Metro Jaya. Tes tersebut dilakukan untuk mengetahui berapa lama Afriyani mengkonsumsi narkoba. 

"Tujuannya untuk mengetahui perkembangan kepribadian dan kejiwaan serta sudah berapa lama dia mengkonsumsi narkoba," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Rikwanto, di Mapolda Metro Jaya, Jl Sudirman, Jakarta, Kamis (2/2/2012). 

Rikwanto mengatakan pemeriksaan ini juga akan menentukan masalah pemberkasan kasus Afriyanti. "Pemeriksaan ini sangat menentukan arah berkas sehingga semua pasal sempurna," katanya.

Afriyani saat ini diperiksa oleh 14 orang dari BNN RSKO dan Bidokes. Afriyani yang sempat keluar dari ruangan mengenakan kaos tahanan berwarna oranye, celana pendek cokelat dan menutupi wajahnya dengan kerudung pink.

Afriyani mengemudikan Xenia yang menabrak 9 orang pejalan kaki hingga tewas dan 3 orang lainnya luka-luka di Jalan Ridwan Rais, Gambir, Jakarta Pusat, pada Minggu 22 Januari lalu. Dari pemeriksaan tes urine, Afriyani cs positif mengkonsumsi narkoba sebelum insiden terjadi. Afriyani dan temannya kini ditahan di Mapolda Metro Jaya.

Mereka dijerat pasal 112 jo pasal 132 subsider pasal 127 UU No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Polisi juga menjerat Afriyani pada pasal 338 KUHP tentang pembunuhan dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara.

(coe)

Narkoba Senilai Ratusan Milyar Lewat Jambi

EDI (kanan) Bandar Narkoba yang berhasil
ditangkap jajaran polda  metro jaya
Merdekapost.com, JAMBI - Sindikat narkoba internasional memanfaatkan jalur Jambi sebagai rute pengiriman narkoba dengan tujuan Jakarta. Mereka biasanya masuk ke Jambi lewat jalur darat dari Padang, atau dari Pekanbaru dengan tujuan Kota Jambi dan selanjutnya ke Palembang sebelum masuk ke Jakarta lewat Lampung.
Kendati sudah berhasil mengungkap jaringan pengedar narkoba beberapa bulan terakhir, namun aksi pengiriman masih tetap terjadi. Terbukti berdasar hasil pengungkapkan Polda Metro Jaya, jaringan narkoba asal Malaysia ternyata dalam pengiriman barang haram berupa sabu, dan ekstasi senilai Rp 128 miliar masuk lewat jalur Jambi.
Anggota Polda Metro Jaya mengungkap peredaran narkoba jenis sabu-sabu dan ekstasi senilai Rp 128 miliar yang dikendalikan tiga warga Malaysia berinisial AZL, AD dan APN.
Mereka menjadi penyandang dana. "(Mereka) menyelundupkan 55 kilogram sabu, 50 ribu butir ekstasi dan 30 ribu butir Happy5," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto di Jakarta, kemarin.
Rikwanto mengatakan, pihaknya juga menangkap sejumlah orang lainnya, termasuk empat orang yang tengah menghuni Lapas Salemba dan Tangerang. Mereka AZL, AD dan APN (WN Malaysia), DN, HK, NT, MS, SA. Lima orang penghuni Lapas Salemba dan Tangerang, masing-masing UC, RB, AN, JO dan HR.
Petugas menciduk tersangka di depan Hotel Plaza Kompleks Harco Mas, Mangga Dua, Jakarta Pusat dan kawasan Ancol, kemarin.
Direktur Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Pol. Nugroho Aji menuturkan para tersangka yang menghuni lapas juga berperan sebagai pengendali dan pemodal penyelundupan narkoba.
Kombes  Nugroho menjelaskan para tersangka menyelundupan narkoba dari Belanda, Iran dan Cina melalui Johor (Malaysia) menuju Indonesia. Para tersangka menggunakan transportasi laut dengan menyewa perahu kayu melalui jalur "tikus" mengirim narkoba dari Johor menuju Aceh.
Selanjutnya, narkoba dibawa dengan transportasi darat menuju Padang, Palembang, Jambi, Lampung menuju Jakarta. "Petugas menangkap para tersangka beserta barang bukti narkoba setelah membuntuti tersangka hampir dua bulan," ujar Nugroho.
Rencananya, tersangka akan mengedarkan narkoba di tempat hiburan malam pada beberapa kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung dan kota di Pulau Sumatera.
Para tersangka dijerat Pasal 114 ayat (2) subsider Pasal 112 ayat (2) juncto Pasal 132 ayat (1) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman penjara maksimal pidana mati, penjara seumur hidup atau paling lama 10 tahun. (ald)

Dua Kepala Unit BRI di Jambi Ditahan

Merdekapost.com, KERINCI – Dua mantan Kepala Unit Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kayu Aro, yakni JM dan ED, Rabu (1/2) resmi ditahan di Mapolres Kerinci, karena diduga terlibat kasus kredit bermasalah sebesar Rp 10 miliar.
Sebelumnya, meski sudah ditetapkan sebagai tersangka, dua kepala unit tersebut belum  ditahan, karena penyidik belum memiliki cukup bukti untuk melakukan penahanan. Namun, dua pegawai yang juga ditetapkan sebagai tersangka, sudah ditahan sejak beberapa hari lalu.
 Ya, petugas sudah memiliki cukup bukti keterlibatan mereka dalam kasus kredit bersamasalah di BRI, yang menyebabkan kerugian hingga Rp 10 miliar,” ujar Kapolres Kerinci AKBP Ismail, melalui Kasat Reskrim, AKP H Abdul Roni.
Dari hasil dan alat bukti yang berhasil didapatkan penyidik, keduanya diduga melakukan tindak pidana primer pegawai bank, yang dengan sengaja menyebabkan adanya pencatatan palsu dalam pembukuan, dalam dokumen ataupun laporan kegiatan usaha.
 Atas perbuatannya tersebut, kedua tersangka dijerat dengan pasal 49 ayat 1 huruf a, subsider pasal 49 ayat 2 huruf b, undang-undang RI, nomor 10 tahun 1998, tentang perubahan undang-undang nomor 7 tahun 1992 tentang perbankan, dengan ancaman lima tahun ke atas,” terangnya.
Alasan penahanan karena dikhawatirkan keduanya melarikan diri, apalagi mereka bukan orang Kerinci. Selain itu juga dikhawatirkan mereka akan menghilangkan alat bukti.  Untuk melengkapi alat bukti, petugas terpaksa membongkar arsip di BRI,” tegasnya.
Untuk informasi, pengajuan dana kredit tersebut, dilakukan melalui calo, dan calo yang berhubungan dengan Kepala Unit BRI. Pegawai BRI tidak melakukan survei ke lapangan, sebagaimana tugas yang harus mereka kerjakan.
 Yang mengajukan kredit terdaftar sebanyak 336 orang, sementara orang yang mendapatkan dana tersebut tidak sebanyak jumlah yang ada di daftar. Bahkan ada yang satu orang bisa mendapatkan sampai lima kali, seharusnya kan tidak bisa,” katanya.
Karena merasa tidak mendapatkan dana, tentunya masyarakat tidak bersedia melakukan pembayaran, sehingga kredit macet dan BRI mengalami kerugian.  Karena merasa dirugikan, akhirnya Pimpinan Cabang BRI melaporkan kasus ini ke polisi,” katanya. (skt) 


Ferry dan Deswita Angkat Bicara Soal Pernikahan

(dok. Merdekapost.com)
Merdekapost.com, Jakarta - Setelah kemarin sempat bungkam seribu bahasa kala ditanya perihal pernikahan sirinya dengan Deswita Maharani, Ferry Maryadi pun akhirnya angkat bicara. Dirinya merasa terpojok dengan pemberitaan media yang dianggapnya terlalu berlebihan.

"Assalamualaikum. Awas jangan dekat-dekat nanti kedorong lagi seperti kemarin," katanya saat ditemui di Studio Hanggar, Pancoran, Jakarta Timur, Jumat (3/2/2012) dini hari.

"Pemberitaannya jangan yang aneh-aneh dong. Kasih kami ruang privasi sedikit. Kami janji akan bicara kepada teman-teman jika waktunya pas," tambah Ferry seraya berjalan.

Setali tiga uang dengan Ferry, Deswita pun mengutarakan keinginannya untuk berbicara sejujur-jujurnya masalah pernikahan siri itu. "Begini ya, teman-teman kan capek ngejar saya terus, saya jugak capek nih ditanya-tanya terus jadi nanti saya akan mengundang kalian secara lebih terhormat lagi. Tidak seperti ini," jelas wanita yang akrab disapa Wita itu.

Namun saat didesak kapan waktu itu tiba, Deswita menegaskan beberapa hari ke depan baik ia dan Ferry akan membuka segalanya. "Kita lihat saja nanti," lanjutnya.

Saat mengadakan syuting 'Hitam Putih' yang bertemakan 'In Memoriam Ade Namnung', Ferry begitu setia mendampingi Deswita. Sesekali tangannya menggenggam erat tangan Deswita untuk menenangkannya saat mengingat tentang almarhum Ade.

73 Tewas, Supporter Sepakbola Mesir Bentrok

Oleh : Heri Zaldi Pada Hari Thursday, 2 February 2012 | 08:28 WIB

Kairo - Sedikitnya 73 orang tewas dan ratusan lainnya luka-luka saat kerusuhan antar pendukung tim sepakbola terjadi di Mesir. Kejadian ini semakin menambah daftar panjang insiden berdarah di negeri piramida.

Kerusuhan ini terjadi di stadion Port Said setelah pertandingan Al-Ahly melawan tuan rumah Al-Masry. Kubu tuan rumah kalah dengan skor 3-1.

Entah apa pemicunya, namun tak lama setelah pertandingan, para suporter dari kedua belah pihak saling serang dengan batu dan kursi.

Juru bicara Kementerian Kesehatan Mesir Dr Hisham Shiha mengatakan, sebagian besar korban luka mengalami gangguan di kepala dan luka sobek. Demikian seperti diberitakan CNN, Kamis (2/1/2012).

Pemerintah setempat saat ini sedang menyelisiki penyebab bentrokan. Termasuk menyelidiki kaitan kerusuhan dan peristiwa pembakaran sejumlah tempat di luar stadion.

"Terjadi semacam kekosongan pengamanan di stadion. Jarang terdengar sebuah kekerasan yang melibatkan klub sepakbola," ujar James Montague, kontributor CNN yang lama di Mesir. (aldnet/ant)

Roy Suryo: Hasil CCTV, Xenia Afriyani Kecepatannya 89,24 Km/jam

Oleh : Heri Zaldi Pada Hari Monday, 30 January 2012 | 23:05 WIB

Roy Suryo
MERDEKAPOST.COM. Jakarta - Anggota DPR I Roy Suryo ditunjuk sebagai saksi ahli CCTV yang merekam Xenia maut yang disopiri Afriyani dan merenggut belasan nyawa di Tugu Tani, Jakarta Pusat. Dari hasil pengamatan Roy, kecepatan mobil yang disopiri Afriyani yakni 89,24 km/jam.

"Saya bandingkan dengan durasi rekaman. Xenia yang dimaksud terekam dalam setengah detik, menempuh jarak 12,4 meter sehingga kecepatannya 89,24 km/jam," ujar Roy kepada wartawan, Senin (30/1/2012).

Menurut pria yang disebut sebagai pakar telematika ini, kecepatan mobil yang disopiri Afriyani sangat tinggi untuk jarak dekat. Namun Roy tidak dapat melihat apakah Afriyani pengemudi di mobil Xenia tersebut.

"Saya juga tidak bisa melihat apakah Afriyani dalam keadaan mabuk. Tapi kecepatannya jelas," tutur politisi Demokrat ini.

Roy bercerita, setelah mendapat rekaman CCTV TKP Afriyani, dia langsung datang ke salah satu gedung di seberang Tugu Tani, siang tadi. Roy bertemu dengan petugas gedung, membuat rekaman ganda, dan membuat sudut pandang.

Di sana, Roy melihat ada median jalan, pohon papan petunjuk nama gedung. Roy mengukur dan membandingkan dengan durasi rekaman. Alhasil kecepatan gedung dapat diketahui.

Roy menambahkan, Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto sudah mengetahui penemuan Roy tersebut. Karena itu, hasil tersebut dapat digunakan untuk penyidikan polisi.

"Saya melihatnya berdasarkan rekaman yang ada. Tapi saya tidak berhak menyampaikan rekaman," ucap Roy.

HBA : Jangan Ada Lagi Konflik di Tubuh PPP

Oleh : Heri Zaldi Pada Hari Saturday, 28 January 2012 | 16:56 WIB

MERDEKAPOST.COM, JAMBI - Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus (HBA), berharap tidak terjadi lagi konflik di Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Hal ini disampaikannya saat membuka Musyawarah Wilayah Luar Biasa (Muswilub) PPP, di aula LPMP provinsi Jambi Rabu lalu.

Sebagai Pembina partai politik di provinsi Jambi, saya berharap ini konflik internal yang terakhir. Partai hanyalah alat untuk membangun daerah, untuk itu mari kita bersama-sama berjuang melalui partai untuk membina adik-adik kita yang akan memimpin di masa yang akan datang”Ketua yang terpilih melalui Muswilub ini,harus membawa PPPi, semakin kuat, kompak serta dapat bersama-sama membangun Provinsi Jambi," himbau HBA.

Wakil Ketua Umum DPP PPP Drs H Hazrul Azwar MM, menyatakan, pelaksanaan Muswilub, sangat penting untuk mempersiapkan partai dalam menghadapi pemilu yang akan diselenggarakan dalam kurun waktu dua tahun mendatang, “Kita harus mempersiapkan diri dalam menghadapi Pemilu dua tahun mendatang,” jelasnya.

Dia menilai, konflik internal yang terjadi di DPW PPP Provinsi Jambi, karena lari dari enam prinsip perjuangan yang dilandaskan partai. Agar memperoleh kebangkitan kembali, diperlukan kerja keras dari semua pengurus dan kader PPP Provinsi Jambi, ajak Hasrul.

Dia berharap, kader PPP berpartisipasi dalam pembangunan dan memberikan solusi dalam mengatasi permasalahan yang ada di daerah, “kader partai diharapkan dapat bekerjasama dengan pemerintah dalam pembangunan daerah.”

Plt Ketua DPW PPP Provinsi Jambi Hj Elviana MSi, menyatakan pemilihan Ketua Defenitif DPW melalui Muswilub ini, harus segera di selesaikan. Dia menilai, masih banyak persoalan bangsa dan daerah, yang membutuhkan peranan partai politik,”masyarakat menunggu peranan parpol membantu persoalan yang mereka hadapi,” tegas Anggota DPD RI utusan Jambi ini. (yok/ol/ald)

Ada yang Percaya, Ada yang Tidak Kalau Zumi Selingkuhi Isteri Orang

MERDEKAPOST.COM, Jambi — Berita tentang Zumi Zola, artis yang kini menjadi Bupati Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Jambi, berselingkuh dengan Peni Fernita Saputri, isteri Bernaldi Kadir Djemat, membuat warga Jambi sontak kaget. Berbagai pendapat bermunculan. Ada yang percaya, dan ada juga yang tidak.

Setelah kabar Zumi Zola dituduh berzinah dan berselingkuh dengan isteri orang menyebar di media massa, putra pengusaha terkenal di Jambi itu ramai dibicarakan warga. Banyak warga tidak percaya, karena selama ini mereka menganggap Zumi Zola sosok yang baik dan taat beragama. tidak hanya di lingkungan Kabupaten paling timur Jambi yaitu Tanjabtim, namun, sampai ke Kabupaten di ujung barat propinsi Jambi kabat tidak mengenakkan ini menjadi ramai diperbincangkan warga.

Daprial, warga Tebo, mengaku terkejut membaca berita tentang Zumi Zola di koran. Ia berharap kasus itu secepatnya dituntaskan.

sementara itu, Satria, warga Kayu Aro Kerinci yang mengaku fans berat Zumi semasa aktif disunia keartisan, mengaku, dirinya tidak bisa mempercayai begitu saja kabar yang beredar saat ini, dia masih yakin dan percaya bahwa Zumi tidak akan sampai berbuat sekeji itu, Disebutkannya, "Saya tidak percaya dengan kabar yang beredar sekarang, saya yakin Zumi tidak akan sampai berbuat seperti itu". Katanya.

Rasa tidak percaya juga diungkapkan Sri. Menurutnya tidak mungkin Zumi Zola berselingkuh dengan isteri orang, karena sepengetahuannya Zumi Zola orang baik dan alim. Sri berharap tuduhan itu tidak benar-benar terjadi, karena sebagai bupati, Zumi Zola harus dapat menunjukkan kredibilitas yang baik.

Sri mengaku juga tidak kenal dekat dengan Zumi Zola. Ia minta tidak terjadi gugat menggugat dalam penyelesaian masalah itu, dan menyerahkan sepenuhnya kepada aparat penegak hukum, meskipun kasus itu mengarah pada pencemaran nama baik.

Sri tidak ingin kasus Zumi Zola menimbulkan keributan, apalagi sampai menimbulkan keresahan warga. Karena itu Sri minta kasus itu cepat diselesaikan, karena warga Jambi ingin Zumi Zola menjadi pemimpin yang berkredibilitas.

Rasa tidak percaya juga dikemukakan oleh warga Tanjabtim lainnya, Suedi. Pria Bugis ini menilai tuduhan terhadap Zumi Zola direkayasa. Bisa jadi ada unsur politik yang ingin menjatuhkan nama baik Zumi Zola. Sebagai warga Tanjabtim, Suedi berharap Zumi Zola menuntut balik orang yang menuduhnya.

Ketidakpercayaan dilontarkan pula oleh Rabiatul Adawiyah. Pelajar MAN Model Jambi asal Tanjabtim ini sangat tidak percaya Zumi Zola melakukan perselingkuhan dengan wanita yang sudah bersuami. Gadis yang biasa dipanggil Wia ini mengaku sangat mengidolakan Zumi Zola.

Wia tidak yakin pada tuduhan itu, lantaran Zumi Zola seorang bupati, yang sudah pasti akan menjaga nama baiknya. Menurut Wia, jika benar Zumi Zola berselingkuh dengan Peni, artinya dia menunjukkan kepribadian yang tidak bagus. Wia berharap Zumi Zola dapat memberi contoh yang baik kepada masyarakatnya.

Sepengetahuan Wia yang besar di Tanjabtim, Zumi Zola merupakan sosok yang baik dan taat beragama. Ia berharap bupati muda tersebut tidak diam saja menanggapi fitnah yang dialamatkan ke dirinya.

Hal senada juga diungkapkan Badril, seorang pengusaha apotik. Mendengar tuduhan terhadap Zumi Zola, ia merasa antara percaya dan tidak. Alasannya, selama ini ia tahu Zumi Zola orang baik. Sementara ia bisa merasa percaya, lanataran Zumi Zola masih muda dan statusnya lajang. Apalagi dia berasal dari keluarga kaya dan kini menjabat bupati.

Keterkejutan juga dialami seorang ibu rumah tangga, Yanti. Wanita ini malah sulit berkomentar ketika ditanya soal tuduhan terhadap Zumi Zola tersebut. Yanti sangat tidak percaya Zumi Zola berbuat seperti yang dituduhkan padanya. Namun menurut Yanti tidak tertutup kemungkinan tuduhan itu benar adanya.

Zumi Zola resmi dilantik sebagai Bupati Tanjabtim periode 2011 – 2016 pada 12 April 2011. Acara pelantikannya dihadiri ribuan undangan, termasuk ayahnya, Zulkifli Nurdin. Puluhan wanita cantik juga tampak hadir dalam pelantikan Zumi Zola yang berpasangan dengan Ambo Tang. (OL/ald/skt)

Zumi Zola Santai Tanggapi Bukti Foto Telanjang

Zumi dan Peni
MERDEKAPOST.COM, Jakarta - Zumi Zola, Bupati Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi itu, melalui pengacaranya Fachrin Siregar menyerahkan sepenuhnya hasil penyidikan di kepolisian terkait laporan Bernaldi Kadir Djemat yang menuduhnya melakukan perselingkuhan mengarah pada perzinahan dengan istrinya, Peni Fenita Saputri.

Pernyataan itu, diucapkan Fachrin, Jumat, (27/1/2012), malam, saat dihubungi wartawan melalui telepon genggam. Pernyataan itu, tentu saja untuk mengomentari jumpa pers yang diadakan Bernaldi pada Kamis, 26 Januari di Plaza Gani Djemat, Jakarta Pusat.

Dalam jumpa pers tersebut, Bernaldi melalui pengacaranya Humphrey Djemat, mengatakan mereka punya bukti perselingkuhan Zumi dengan Peni berupa foto telanjang, rekaman phone seks, SMS, dan BBM.

Fachrin bersikap tenang. Ia menuturkan laporan itu masih dalam proses. Jadi, masih jauh dari pasal yang dituduhkan. Dengan kata lain, bukti-bukti itu belum disimpulkan oleh penyidik.

"Pengaduan beliau kan belum disimpulkan oleh penyidik. Jadi, masih jauh dari ranah hukum. Tapi, kita menghargai proses tersebut," ucapnya.

Namun, jika laporan Bernaldi tidak bisa membuktikan perselingkuhan yang mengarah pada perzinahan itu, pihaknya akan menuntut balik dengan tuduhan pencemaran nama baik. Sebab, tuduhan perselingkuhan itu, sangat merugikan Zumi.

"Kita menunggu, bahwa apa yang disimpulkan penyidik nanti, dalam hal ini Polda metro jaya. Tentu kalau ini ternyata tidak cukup bukti, bisa dikategorikan fitnah. Bisa kita laporkan dengan pasal 317 dan 310 KUHP," tandasnya. (ald)

Ratu : Itu Fitnah

MERDEKAPOST.COM, Jambi - Meskipun Zumi Zola belum bisa dikonfirmasi. namun, Kabag Humas Pemkab Tanjabtim Junaedi saat dihubungi wartawan mengatakan, sulit dipercaya apa yang dituduhkan terhadap atasannya itu benar. Menurutnya dalam waktu dekat Zumi akan memberikan pernyataan melalui pengacaranya terkait kasus tersebut.

"Mungkin masyarakat bisa menilai sendiri, selama Bapak menjadi artis, jarang sekali digosipkan semacam itu," katanya.

Menurut Junaedi selama menjabat sebagai bupati, Zumi menunjukkan perilaku yang religius. "Bahkan Bapak tiap hari selalu mengajak kami salat Zuhur berjamaah di kantor. Menurut saya ini merupakan fitnah yang sangat keji," katanya.

Junaedi justru bertanya apa motif di balik laporan itu.

Ketika mencoba menghubungi ayah Zumi Zulkifli Nurdin ke ponselnya, ibunda Zumi Ratu Munawaroh menjawab telepon. "Maaf Pak Zul sedang online," kata Ratu. Ketika dikonfirmasi mengenai berita anaknya yang dilaporkan ke polisi, Ratu hanya menjawab singkat. "Itu fitnah," katanya.(yok)

Bupati : Bazda Harus Transparan

MERDEKAPOST.COM, Bungo - Bupati Bungo, H Sudirman Zaini mengapresisasi keberhasilan pengelolaan zakat, sehingga bisa disalurkan dengan baik.Dirinya berharap objek zakat tidak hanya PNS tapi juga pengusaha dan pekerja profesional. Bazda juga diminta transparan dan akuntabel agar bisa lebih dipercaya masyarakat. Penyaluran juga diminta tepat sasaran dan sesuai aturan. dan bagi penerima zakat agar bisa dimanfaatkan dengan baik.

"Tujuan akhir dari cita-cita kita adalah kesejahteraan rakyat. Dengan modal ini diharapkan masyarakat bisa mandiri dan tidak berjiwa peminta," ujarnya Kamis lalu.

Terkait dengan penyaluran zakat tersebut, Agani dari Tanjung Agung mengucapkan terimakasih kepada pemerintah dan akan menggunakan bantuan dengan sebaik-baiknya. Hal senada dengan Agani, Mustahik dari Sungai Arang, Khadijah juga mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan.

Sementara untuk penyaluran bantuan dana bergulir , yaitu dana pinjaman non bunga untuk mustahiq direncanakan akan disalurkan pada tanggal 7 Februari mendatang. Adapun dana bergulir yang akan disalurkan berjumlah Rp 100 juta.

Dana tersebut akan dibagikan kepada 50 mustaqik di lima kecamatan diantaranya kecamatan Bungo Dhani, Rimbo Tengah, Pasar Muara Bungo, Tenah Sepenggal, Pelepat dan Bathin II Babeko.(ald)

KONI Kerinci Belum Punya Pengurus

MERDEKAPOST.COM, Kerinci – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kerinci, induk semua cabang olahraga di Kerinci, hingga saat ini tidak memiliki pengurus yang jelas. Dikhawatirkan akan memengaruhi prestasi olahraga di Bumi Sakti Alam Kerinci.

Padahal, dalam waktu dekat kabupaten ini akan ikut pesta olahraga terbesar di Provinsi Jambi, yakni Pekan Olahraga Provinsi (Porprov), Juli mendatang di Kabupaten Sarolangun.

Saya benar-benar khawatir dengan kondisi sekarang ini. Jangan sampai tidak jelasnya kepengurusan KONI, memengaruhi prestasi olahraga di Kerinci. Padahal saat ini prestasi olahraga di sini sedang meningkat, dengan menempatkan atlet ke PON nanti,” ungkap Ilyas Adnan, Ketua Harian KONI Kerinci.

Jabatan yang ia jabat saat ini, sudah tiga kali perpanjangan, sehingga ia merasa sudah tidak lagi memiliki wewenang untuk mengurus KONI. 17 Juli 2011 sebenarnya masa jabatan pengurus KONI sudah habis, namun diperpanjang hingga Desember, dan selanjutnya terus diperpanjang,” tutur Ilyas.

Mantan Dandim 0417 Kerinci itu mengatakan, sebenarnya semua pengurus sudah mengundurkan diri. Namun karena masih peduli dengan prestasi olahraga Kerinci, amanat tersebut terpaksa terus mereka jalankan.

" Seharusnya 5 Desember sudah dilaksanakan Musda, namun gagal dan ditunda lagi hingga 15 Desember. Rencana kembali gagal, dan jadwal selanjutnya 10 Januari. Itupun kembali gagal dan dijadwalkan kembali 16 Januari, namun hingga saat ini belum terlaksana,” tegasnya.

Akibat kondisi tersebut, semua Pengcab olahraga di Kerinci, yang seharusnya sudah melaksanakan TC untuk menghadapi Porprov nanti, tidak melaksanakan kegiatan tersebut. Target kita memang masuk tiga besar. Namun kalau kondisinya seperti ini, saya pesimis target bisa tercapai,” ungkapnya.

Ilyas khawatir, banyaknya atlet Kerinci yang akan pindah ke kabupaten lain, karena tidak adanya kejelasan dari KONI. Atlet kan butuh kepastian, karena sebagian dari mereka menggantungkan hidupnya di olahraga,” imbuhnya.

Kondisi tersebut, diperparah lagi dengan tumpang tindihnya tugas KONI dengan Disporaparbud, yang saat ini dipercayakan mengelola dana dan pembinaan olahraga di Kerinci. Sementara KONI secara tidak langsung sudah tidak lagi memiliki wewenang apapun.(skt)

Pemkab Kerinci Kewalahan Hadapi Wartawan

MERDEKAPOST.COM, Kerinci - Pejabat di lingkup Pemkab Kerinci terpaksa berjuang habis-habisan, untuk menyelamatkan diri dari kekalahan, saat berhadapan dengan kesebelasan wartawan liputan Kabupaten Kerinci. Pertarungan ini berlangsung saat pembukaan turnamen Bupati Cup, di Desa Sebukar.

Meskipun bermaterikan pemain-pemain berpengalaman yang pernah memperkuat klub elit di Provinsi Jambi dan Sumatera Barat, namun tidak memberikan jaminan kemenangan bagi kesebelasan Pemkab Kerinci dalam pertandingan tersebut.

Hal tersebut terbukti, baru beberapa menit saja peluit tanda dimulainya pertandingan dibunyikan, penyerang kiri Ps Wartawan, Jon, sudah berhasil menjebol gawang Ps Pemkab, yang dijaga oleh Asraf.

Unggul 1-0, tidak membuat Ps Wartawan mengendorkan serangan. Bersela satu menit dari gol pertama, striker Ps Wartawan yang berhasil mengecoh tiga orang pemain bertahan Ps Pemkab, kembali berhasil menjaringkan sikulit bundar, sehingga skorpun berubah menjadi 2-0.

Enam menit bersela, penyerang mungil dari Ps Wartawan, Jon, kembali menunjukkan aksinya di lapangan. Memanfaatkan umpan matang dari sayap kanan, Jon berhasil menyundul bola ke tiang jauh, sehingga kembali membuahkan gol untuk kesebelasan wartawan.

Tertinggal 3-0, permainan menjadi semakin memanas. Pemkab Kerinci mencoba mengembalikan keadaan dengan memanfaatkan tendangan jarak jauh dan umpan-umpan terobosan. Namun karena solidnya pertahanan wartawan, pemkab belum berhasil menyamakan kedudukan.

Beberapa menit menjelang turun minum, akhirnya Kadis PU, Untung Yasril, berhasil memperkecil kekalahan, lewat gol indahnya yang membuat penjaga gawang Ps Wartawan, Syukur Alam, tidak bisa berbuat banyak. Hingga berakhirnya babak pertama, skor tetap 3-1.

Memasuki babak kedua, Asril, yang juga pelatih Ps Kerinci, beberapa kali mengancam pertahanan wartawan, lewat tandangan jarak jauhnya yang akurat, namun Syukur Alam yang tampil bagus, berhasil melakukan penyelamatan.

Tidak berhasil mengembalikan keadaan, permainan Pemkab Kerinci semakin keras. Lima orang pemain Ps Wartawan terpaksa ditarik keluar lapangan, karena cidera akibat tekelan keras pemain lawan.

Kehilangan pemain pilar, membuat permainan wartawan semakin menurun. Hal tersebut langsung dimanfaatkan oleh tim lawan untuk menciptakan gol. Serangan yang dilancarkan oleh Pemkab Kerinci, akhirnya berbuah dua gol, sehingga sampai peluit akhir dibunyikan, skor imbang 3-3. (skt)

Fattah: Kemajuan Pendidikan Merupakan Tanggung Jawab Bersama

BATANGHARI, merdekapost.com - Pembangunan Bidang Pendidikan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Batang hari masuk dalam skala prioritas, khususnya dalam upaya meningkatkan kualitas SDM termasuk sumber daya aparatur sebagai pelaksanaan misi dari visi Kabupaten Batanghari “Menuju Batanghari Berlian 2016“ ( Bangun Ekonomi Rakyat Lanjutkan Pembangunan dengan iman dan Pemerataan) yang dijabarkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Batang hari 2011-2016.

Untuk merealisasikan visi dan misi tersebut Pemerintah Kabupaten Batanghari menetapkan program prioritas pembangunan di bidang pendidikan yakni : program pendidikan non formal, program pendidikan mutu sekolah dan program manajemen pelayanan pendidikan. Demikian kata Bupati Batang Hari H Abdul Fattah SH dalam sambutan tertulisnya dibacakan Sekda Yazirman SE M.Si saat membuka secara resmi Seminar Pendidikan Tahun 2012 yang diprakarsai oleh Dewan Pendidikan Kabupaten Batanghari, Kamis pekan lalu di Ruang Pola Kantor Bupati.

Seminar itu dihadiri oleh Kepala Dinas P dan K Kabupaten Batanghari Drs Hadramin Nida, para Kepala SKPD, Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Batang Hari Imbroni, nara sumber, pimpinan dan dosen perguruan tinggi yang ada di Batanghari, para kepala sekolah dan majelis guru, tokoh masyarakat. Menurut Bupati, pembangunan bidang pendidikan di Kabupaten Batanghari merupakan tanggung jawab bersama. Namun demikian Pemkab Batanghari terus berupaya meningkatkan mutu dan kualitas anak didik.

Peningkatan itu antara lain dengan meningkatkan kualifikasi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang didukung melalui program dan kegiatan pendidikan di semua tingkatan agar mampu meningkatkan dan mempersiapkan SDM yang handal, sehingga nantinya mampu bersaing di era reformasi. Untuk itu melalui seminar pendidikan yang bertema : Meningkatkan Partisipasi Guru menuju Pendidikan Bermutu dalam rangka mewujudkan Batanghari Berlian 2016 ini, Bupati menghimbau semua elemen masyarakat Kabupaten Batanghari, khususnya institusi pendidikan mulai dari tingkat pendidikan dasar hingga perguran tinggi serta tokoh masyarakat supaya berpartisipasi aktif dalam meningkatkan pendidikan yang bermutu di Kabupaten Batanghari.

Sebagai informasi salah satu prioritas utama pembangunan Kabupaten Batanghari yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJM) Kabupaten Batanghari 2011-2016 adalah bidang pendidikan, untuk meningkatkan dan mempersiapkan SDM yang handal agar nantinya mampu bersaing di era reformasi. Sampai dengan tahun 2011 jumlah sekolah yang ada di Kabupaten Batanghari yaitu, TK 83 unit, SD Negeri 201 unit, SD Swasta 4 unit, SMP Negeri 44 unit, SMP Swasta 4 unit, SMA/SMK Negeri 11 unit, SMA/SMK Swasta 2 unit, dan Perguruan Tinggi 5 unit. Untuk Madrasah, MI Negeri 4, MTs Negeri 12 unit, MA Negeri 4 unit, MA Swasta 2 unit dan Pondok Pesantren 15 unit.

Pada tahun 2010 terdapat penambahan 19 ruang kelas baru meliputi SD 6 ruang, SLTP 3 ruang, SLTA 6 ruang, MIS 4 ruang kelas, dan pembinaan PAUD di 122 lembaga serta pembangunan 24 unit gedung perpustakaan di tingkat SD. Peningkatan kualitas SDM di bidang pendidikan di Kabupaten Batanghari ditandai dengan pencapaian APM. Tahun 2010 APM SD sederajat sebesar 98,94 %, meningkat menjadi 99,01 % tahun 2011, SLTP 74,06 % menjadi 74,24 %, SLTA 65,06 % menjadi 65,15 % tahun 2010. Sedang Angka Partisipasi Kasar (APK) tahun 2010 untuk SD sederajat 115,78 % menjadi 118,30 % tahun 2011, SLTP 82,02 % mejadi 83,80 % dan tingkat SLTA 74,06 % meningkat menjadi 74,23 % tahun 2011.

Angka melek huruf penduduk, tahun 2010 terdapat angka buta huruf sebanyak 273 orang usia 15 sampai 24 tahun, sampai Oktober 2011 turun menjadi 230 orang. Hal ini dicapai melalui program Wajib Belajar (Wajar) 9 tahun ditingkatkan menjadi Wajar 12 tahun sesuai Perda Batanghari No.17 tahun 2007, baik melalui formal maupun pendidikan luar sekolah, seperti paket A,B dan C, magang, serta Kelompok Belajar Masyarakat. Sedangkan jumlah sekolah, guru dan murid sampai Desember 2010 adalah SD 207 buah, 202 di antaranya negeri dan 5 berstatus swasta dengan jumlah murid 32.771 orang dan guru 2.702 orang. SMP 36 buah, 33 berstatus negeri dan 6 swasta dengan 9.101 murid, dan 788 guru, SMA 12 unit, 11 di antaranya negeri, dengan 5.341 murid dan 371 guru, SMK 6 Unit , 3 di antaranya negeri dengan 1.736 murid dan 148 guru.

Untuk Madrasah, MI sebanyak 8 buah, 4 berstatus negeri dengan 722 murid dan 134 guru, MTs 32 buah, 8 berstatus negeri dengan 3.039 murid dan 413 guru, dan MA 18 buah, 5 berstatus negeri, dengan 1.544 murid dan 242 tenaga guru. Di samping itu juga terdapat SMP Satu Atap sebanyak 32 unit dengan status Negeri 8 buah dan swasta 24 buah. Untuk lembaga pendidikan tinggi di Kabupaten Batanghari terdapat dua lembaga yakni Pendidikan Tinggi Graha Kaya yang dikelola oleh Yayasan Serentak Bak Regam (YP.SBR) dengan status terakreditasi berupa STIP, STIE dan AKPER, serta Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Islam dengan status terakreditasi dengan dua program studi yakni Pendidikan Agama Islam dan Kependidikan Islam. Hingga tahun 2010/2011 kedua lembaga tersebut telah berhasil meluluskan sarjana dan diploma III sebanyak 291 orang, terdiri dari STIE 60 orang, STIP 15, Akper 106 dan STIT 110 orang sarjana. (ald/humas.bth)

Tiga Kapolres Dimutasi


(dari kiri ke kanan) AKBP Bagas Uji Nugroho, AKBP M Rosidi, dan AKBP Tjahyo Saputro


JAMBI, merdekapost.com - Gerbong mutasi di Polda Jambi kembali bergulir. Di awal tahun 2012 ini, beberapa jabatan Kapolres dan Pamen Polda Jambi bakal diganti. Diantaranya, AKBP Nurkolis SIK MSI, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Blora Polda Jateng diangkat sebagai Kabidpropam Polda Jambi. Kapolres Merangin AKBP V Bagas Uji Nugroho Sik, dimutasi sebagai Wadir Sabhara Polda Bengkulu.

Posisi Kapolres Merangin kemudian dijabat AKBP Albertus Nanan Setyo Utomo yang sebelumnya menjabat Kabagbinkar Ro SDM Polda Jambi. Kapolres Sarolangun AKBP Moch Rosidi Sik dimutasi sebagai Wadir Pamobvit Polda Sumsel. Posisinya digantikan AKBP Satria Adhy Permana SIK M.Hum yang sebelumnya merupakan Kasubdit II Ditreskrimum Polda Jambi.

Selain itu, AKBP Chaerul Yani Sik, Kapolres Kepahiang Polda Bengkulu dimutasi sebagai Wadirintelkam Polda Jambi. Kemudian Kapolres Batanghari AKBP Tjahyono Saputro, dimutasi sebagai Wadirpamobvit Polda Kepri. Posisinya digantikan AKBP Deny Edward Siregar Sik yang sebelumnya merupakan Kapolres Mimika Polda Papua.

Selanjutnya, AKBP Drs Ignatius Agus Prasetyo,SH,MH yang sebelumnya Kapolres Tanah Karo Polda Sumut dimutasi sebagai Wadir Resnarkoba Polda Jambi. Dan AKBP Umar Sahid yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Rejang Lebong Polda Bengkulu dimutasi sebagai Wadir Reskrimum Polda Jambi. Kabid Humas Polda Jambi AKBP Almansyah ketika dikonfirmasi membenarkan adanya mutasi ini. ''Pergantian jabatan dalam tubuh Polri adalah hal yang biasa dalam rangka penyegaran,'' jelas Almansyah. (ald)

Syahbandar Gebrak Meja, Lempar Vas Bunga


JAMBI. MP.com -- Politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Syahbandar nyaris baku hantam dengan anggota Komisi IV lainnya dalam pemilihan ketua, wakil ketua, dan sekretaris Komisi IV. Syahbandar naik pitam setelah anggota komisi IV lainnya tak terima dengan hasil pemilihan suara yang memenangkan dirinya sebagai ketua Komisi.

Insiden ini bermula ketika Syahbandar dinyatakan terpilih menjadi ketua Komisi IV dengan enam suara. Wakil Ketua Fraksi Gerakan Keadilan ini mengalahkan saingannya dari Fraksi Demokrat, Nur Kamal, yang hanya mendapat lima suara. “Nah ada yang keberatan, dia mengatakan saya tidak terima dengan hasil ini, tidak syah,” tutur sumber menirukan. Anggota Komisi IV tersebut mengungkapkan pernyataan ini dengan berkacak pinggang. Inilah yang memancing reaksi emosi dan tantangan berkelahi dari Syahbandar. Selanjutnya, mantan Wakil Ketua Komisi I ini memukul meja, kemudian melempar vas bunga yang nyaris mengenai wajah salah satu anggota Komisi IV lainnya.

“Nah, muncullah ketegangan dan nyaris saling pukul. Mereka sudah saling tunjuk, beruntung suasana ramai sehingga bisa dipisahkan,” ungkap sumber. Sebelumnya, anggota dewan menggelar rapat internal di masing-masing komisi untuk menentukan jabatan ketua, wakil ketua, dan sekretaris komisi. Selang beberapa menit, suara keras terdengar di Komisi IV, ternyata terjadi keributan. “Kau sudah kalah, kenapa tidak terima,” teriak Syahbandar.

Tak lama kemudian, sejumlah Pol PP datang mengamankan situasi. Lalu, Aswan Zahari dan Bambang Bayu Suseno (BBS) Nampak meninggalkan ruangan. Syahbandar, ketika dikonfirmasi mengatakan ada pihak yang tak terima dengan hasil keputusan itu. “Kalah tapi kacak pinggang. Kalau dengan kemenangan saya ini, kemudian saya disingkirkan dalam paripurna, saya siap melawan,” tegasnya. Ketegangan kembali terjadi ketika pemilihan ketua Badan Kehormatan (BK) dan ketua Badan Legislasi (Baleg). H Mardinal dari Fraksi Golkar mengamuk ketika dirinya diganjal sebagai ketua BK. Berdasarkan penghitungan suara dirinya memenangkan pemilihan, namun anehnya posisi ketua BK diberikan kepada Asril dari Demokrat yang hanya mendapat posisi keempat dari hasil suara. “Saya diminta ketua golkar mengundurkan diri,” kata dia.

Atas dasar ini, dirinya sangat keberatan. Dirinya akan mengajukan keberatan kepada Ketua DPD I Partai Golkar Provinsi Jambi, Zoerman Manap. “Saya akan mengundurkan diri sesuai mekanisme partai,” tegas dia. Kejadian ini dipandang sebagai sebuah hal yang tidak wajar dilakukan anggota dewan. Seharusnya sebagai pemangku amanat rakyat memberikan contoh positif pada masyarakat. Namun, pengamat Politik Jambi, Johni Najwan melihat kejadian ini sebagai gambaran turunnya etika politik di Jambi. “Ini sudah tidak wajar, seharusnya persaingan dalam memperebutkan jabatan itu biasa. Tapi jika dibarengi dengan aksi kekerasan itu sudah tidak wajar, lapor saja ke BK,” tegas dia. (ald)

Gubernur Tandatangani PNPM Mandiri Pedesaan


JAMBI, MP.com - Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus (HBA) resmi menandatangani pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri pedesaan tahun 2012, Sabtu (28/01).Acara bertempat di Aula Kantor BPP dan KB Provinsi Jambi ini dihadiri para kepala SKPD dan pengurus PKK Provinsi Jambi.

Dikatakan gubernur, sejak tahun 1994 lalu, pemerintah sudah melaksanakan langkah pemberantasan kemiskinan. Salah satunya dengan cara kegiatan penanggulangan kemiskinan, seperti melalui ID P3DT.

"Tujuan PNPM mandiri pedesaan ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan dan memberikan kesempatan kerja masyarakat miskin yang ada di pedesaan," kata gubernur. Sasaran program pemerintah ini adalah meliputi seluruh pedesaan yang ada disetiap kecamatan di Provinsi Jambi. (ald)

Budi Disetujui Jadi Sekda Tebo, Daru Sekda Kota Jambi

Sahrasaddin
Budi Disetujui Jadi Sekda Tebo, Daru Sekda Kota Jambi


JAMBI, MP.com – Mantan staf ahli Gubernur Jambi dan PLT Kadis Pertanian Provinsi Jambi, Daru Pratomo disetujui menduduki posisi Sekda Kota Jambi. Begitupula dengan mantan Asisten III Kabupaten Tanjabbara), Noor Setyo Budi disetujui menjabat sebagai Sekda Tebo.

Hal ini disampaikan Sekda Provinsi  Jambi, Ir Syahrasaddin, Jumat (26/01). Menurutnya, nama Daru dan Budi terpilih setelah menjalani uji kelayakan dan kepatutan oleh Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) Provinsi Jambi.

Menurut Sekda, SK keduanya sudah keluar dari Mendagri dan akan diteruskan ke kabupaten/kota masing-masing. Tinggal kabupaten/kota bersangkutan yang menentukan kapan waktu pelantikan.

Syarasaddin mengingatkan, agar Sekda yang terpilih bisa menjalankan tugas sesuai tupoksi. “Sekda jangan merasa menjadi kepala daerah. Mereka harus menjalankan tugas pokok sebagai Sekda dan harus akur dengan atasannya,” katanya. (her)

Zumi Zola Buka Suara 6 Februari

Oleh : Heri Zaldi Pada Hari Friday, 27 January 2012 | 13:37 WIB

JAKARTA- Dituding merebut istri orang, Zumi Zoladikabarkan telah melakukan jumpa pers. Namun, Zumi baru akan buka suarasetibanya di Jambi, 6 Februari mendatang.

"Keluarga Zumi belum preskon, rencananya tanggal 6 Februari besokkeluarga Zumi akan bicara soal pelaporan itu," jelas kuasa hukumkeluarga Zumi, Kamis (26/1/2012).

Namun, Selamat tidak bisa memastikan Zumi hadir atau tidak dalam jumpapers mendatang. Pasalnya, hingga kini mantan tunangan Ayu Dewi itumasih berada di London.

"Belum tahu nih Zumi datang atau tidak, karena preskon ini yang minta keluarga Zumi, bukan Zumi," imbuhnya.

Tidak terima dengan tudingan tersebut, kelurga Zumi memutuskan untuk menggelar jumpa pers.

"Preskon ini inisiatif dari keluarga Zumi, yang merasa tercemar nama baiknya," tukasnya.

Fergie Akan Mainkan Evra Sejak Awal

Manchester - Terlepas dari kasus rasisme yangmelibatkan Luis Suarez, penampilan Patrice Evra masih sangat memuaskan Sir Alex Ferguson. Karenanya dia akan tetap dimainkan di Anfield dengan status sebagai starter dan kapten.

Untukkali pertama setelah muncul kasus rasisme antara Evra dengan Suarez, MUdan Liverpool akan saling berhadapan. Di ajang Piala FA keduanya akansaling baku hantam dalam laga yang akan digelar di Anfield, Sabtu(28/1/2012) malam WIB.

Memainkan Evra memunculkan potensi tensi laga yang lebih tinggi, selain wing back asal Prancis itu juga bisa jadi bahan cemoohan Liverpudlian. Tapi Ferguson mengacuhkan itu semua, menilai pemain berdasarkan performa, Evra dipastikan akan main di Anfield.

Dengan Nemanja Vidic dan Rio Fedinand masih dibekap cedera, Evra malah akan diserahi ban kapten untuk laga tersebut.

"Sayapikir salah satu pemain kami yang telah bermain cukup lama harus beradadi posisi terdepan untuk menjadi kapten, dan dalam kasus tersebuttermasuk pada Patrice," sahut Ferguson di Soccernet.

"Diapemain yang populer dengan kepribadian yang baik, yang mana pentinguntuk dimiliki jika Anda menjadi kapten di klub seperti kami. Diasangat bersahabat dan punya selera humor yang bagus, selain itu diajuga punya semangat tinggi," Fergie melanjutkan.

Madrid Kurang Beruntung

Oleh : Heri Zaldi Pada Hari Thursday, 26 January 2012 | 14:50 WIB

Jakarta - Tampil cukup dominan hampir sepanjangpertandingan, Real Madrid harus puas dengan hasil seri melawanBarcelona. Atas hasil mengecewakan ini, Los Merengues disebut sedang kurang beruntung.

Madrid baru saja dipastikan gagal mempertahankan trofi Copa del Rey setelah bermain imbang 2-2 dengan Barca di leg kedua perempatfinal, Kamis (26/1/2012) dinihari WIB. Mereka pun tersingkir dengan agregat 3-4.

Melihatpenampilan Madrid di Camp Nou, Esteban Granero mengaku cukup puas danmenyebut timnya layak menang. Hanya saja, karena masih dijauhi dewifortuna, timnya pun gagal.

"Kami harusnya puas. Kami seharusnya menang karena kami lebih baik," ungkap Granero di situs resmi klub.

"Saya pikir kami kurang beruntung, tapi kami sudah melakukan pekerjaan yang sangat baik," katanya.

Pernyataan serupa diungkapkan oleh rekan Granero di Madrid, Pepe. Dia juga menilai penampilan timnya lebih baik daripada Barca.

"Kamipunya rasa pengorbanan yang bagus dan merasa bangga karena kami sudahmembuktikan bahwa kami adalah satu kesatuan dan bermain lebih baikdaripada Barcelona," ujarnya.

"Fans harus bangga dengan parapemain," tutur pemain yang banyak dikecam gara-gara insidennya denganLionel Messi di leg pertama perempatfinal ini.

Diancam Dibunuh Eks Kapolda, Shinta Bachir Ditunggu Polda Laporan

Oleh : Heri Zaldi Pada Hari Sunday, 22 January 2012 | 01:35 WIB

Jakarta - Bintang film Shinta Bachir masih mengumpulkan bukti-bukti terkait ancaman pembunuhan yang diduga dilakukan oleh eks Kapolda Metro Jaya. Namun sampai saat ini, ia masih belum melaporkan hal tersebut ke pihak kepolisian.

Tiba-tiba saja Shinta Bachir menggelar jumpa wartawan bersama kuasa hukumnya, Achmad Rifai pada Kamis (19/01/2012). Saat itu ia mengaku mendapat ancaman pembunuhan melalui SMS oleh seorang mantan Kapolda Metro Jaya.

Namun sampai sekarang, pihak Shinta masih enggan mengungkap siapa jenderal yang diduga melakukan ancaman kepadanya. Gara-gara itu juga, muncul anggapan Shinta hanya ingin memeras sang jenderal.

Segera saja mereka membantahnya. "Nggak mungkinlah, ini yang mengancam sudah jelas si eks Kapolda Metro," tegas Rifai.

Perlahan, ia pun mulai melunak bahkan mulai membocorkan identitas si jenderal. "Terakhir pangkatnya bintang tiga," singkatnya.

Meski sudah mengantongi bukti SMS bahkan foto-foto mesra keduanya, Rifai terlihat tak mau terburu-buru. Melihat hal tersebut, bagaimana pihak Polda Metro Jaya menanggapinya?

"Belum ada kelanjutannya, belum ada laporannya. Dia masih heboh di media," ungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto ditemui di Markas Besar Polda Metro Jaya, Sabtu (21/1/2012).

Dukung Moratorium Izin Tambang Batubara

Oleh : Heri Zaldi Pada Hari Tuesday, 17 January 2012 | 23:53 WIB


MUARA TEBO, MPonline - Adanya kebijakan pemerintah menghentikan sementara (moratorium) penerbitan izin baru tambang batubara yang diumumkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Senin (2/01) lalu mendapat respon positif dari Bupati Tebo H Sukandar, S.Kom,MSi.
Menurutnya, keputusan pemerintah menerbitkan kebijakan moratorium sangat tepat. Penghentian sementara penerbitan izin baru tambang batubara diperlukan untuk menyelamatkan lingkungan dari ancaman kerusakan.
“Kami mendukung kebijakan pemerintah tersebut,” kata bupati.
Bupati menyatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tebo tidak akan menerbitkan lagi izin pertambangan batubara. Menurutnya, jumlah izin yang ada saat ini sudah terlalu banyak. Pemkab juga akan melakukan evaluasi terhadap perusahaan yang telah mengantongi izin saat ini.
Dukungan terhadap moratorium tersebut juga dilontarkan sejumlah masyarakat Tebo yang mengharapkan aturan tersebut benar-benar dijalankan. Selain mengancam kerusakan lingkungan, mobilisasi truk batubara juga terbukti menjadi penyebab utama kerusakan infrastruktur jalan.
"Kalau perlu bukan hanya izin baru saja yang tidak diberikan, namun izin yang ada juga dicabut. Lihatlah selama ini jalan Tebo-Jambi rusak parah karena menjadi lintasan truk batubara dari Kabupaten Bungo ke Jambi," Sebut Dafrial, salah seorang warga Muara Tebo. (ald)

PNS & Mahasiswa Ditangkap Nyabu

Lima Kawanannya Ikut Dicokok
MUARA BUNGO - Setelah sebelumnya salah seorang PNS tenaga pendidik di kabupaten Bungo ditangkap oleh Sat Narkoba Polres Tebo saat akan menggelar pesta sabu di Rimbo Bujang Kabupaten Tebo, kali nampaknya hantaman terhadap nama pemda kabupaten Bungo kembali datang dengan kasus yang sama juga oleh salah seorang oknum PNS bernama EA (46) yang asyik menggelar pesta barang haram jenis sabu-sabu.
Bukan hanya itu, ternyata bersama dengan EA itu juga ada salah seorang mahasiswa bernama WA (26) yang kuliah di salah satu kampus di Bungo ditangkap bersama dengan enam orang lainnya.
Ditangkapnya tujuh kawanan itu saat Sat Narkoba bekerja sama dengan Buser Polres Bungo, kemarin (11/1) sekitar pukul 04.00 WIB melakukan penggerebekan secara tidak sengaja.
Tiga paket sabu dan uang tunai Rp4 juta ikut diamankan. Tersangka ditangkap petugas saat tengah menggelar pesta sabu di salah satu rumah warga yang berada di SKB.
Data yang berhasil di himpun Koran ini menyebutkan, selain EA yang tinggal di Jl.Raden Mataher Cadika, Rimbo Tengah serta WA yang ditangkap, bersamanya ikut diciduk petugas Desriyadi (28), swasta, warga Sungai Mengkuan, Rimbo Tengah.
Ahmad Fauzan (28), warga SKB, Herwindo (32) swasta, Sungai Mengkuang Rimbo Tengah. Reza Rio Putra (27), swasta, warga Rimbo Tengah, Rudi Hadio (24), karyawan JFC Cell jalan M.Yamin Bungo.
Penangkapan ketujuh pengguna sabu berawal dari petugas Buser yang mendapatkan informasi bahwa di lokasi ada pelaku penganiyaaan. Mendapat info tersebut, petugas langsung bergerak menuju lokasi, namun setibanya di lokasi petugas bukannya mendapatkan pelaku penganiayaan.
Petugas melihat ada salah satu rumah warga yang tidak jauh dari pos PTPN yang terlihat masih ramai dan mencurigakan. Saat petugas mendatangi rumah itu, petugas malah mendapatkan ada tujuh orang tengah asik melakukan pesta sabu.
“Mereka ditangkap anggota kita saat melakukan pesta sabu,” kata Kasubag Humas Polres Bungo AKP Harbunas. (ald/bjs)

Heboh, Dewan Sarolangun Bergoyang di Youtube



SAROLANGUN, MPOnline - Aksi lucu dan cukup menggelitik dipertontonkan oleh salah seorang anggota DPRD Kabupaten Sarolangun, Al Musayyat. Videonya kini mulai heboh di youtube dengan judul video, DPRD kab. Sarolangun.
Dalam aksinya, Yayat--sapaan akrabnya, dengan semangat menari-nari di ruangan yang diduga merupakan ruangan paripurna DPRD setempat. Saking semangatnya, dalam video tersebut terlihat beberapa kali dia tegak dari kursinya untuk menari-nari saat terdengar musik dangdut.
Wajahnya terlihat sangat sumringah sekali. Sesekali tampak dia mengayunkan tangan dan mengacungkan jarinya sembari menikmati alunan musik tersebut. Tak ketinggalan, mikrofonnya pun ikut di angkat dan diayunkan kesana kemari mengikuti ayunan tangannya.
Kontan saja, aksi Yayat membuat rekannya sesama dewan yang duduk di sebelahnya tergelak-gelak dibuatnya. Dia yang di papan nama mejanya terpampang nama Syaharuddin ini bahkan ikut menggoyang-goyangkan kepalanya seolah ikut terbius aksi Yayat.
Belum lagi, anggota dewan lainnya juga terlihat tergelitik saat melihat aksi kocak yang dipertontonkan oleh Yayat tersebut. Terlihat dari video yang diunggah tersebut sejumlah anggota dewan mengitari meja kerja Yayat dan menyaksikan tingkah polahnya.
Video yang diunggah di youtube ini berdurasi 1:47 detik dengan diunggah oleh seseorang dengan username wolesize pada tanggal 30 Desember 2011. Video ini bisa disaksikan di youtube dengan link-nya, http://www.youtube.com/watch?v=khC-GjJU4sk. (***

Pembagian Raskin di Tebo Masih Gunakan Data Lama


Muara Tebo, MPOnline - Pembagian beras miskin (raskin) di Kabupaten Tebo, masih menggunakan data jaman dulu (Jadul) atau data lama, yaitu data 2008. Akibatnya, pembagian jatah raskin tahun ini terancam tidak efektif seperti yang diharapkan.
Hal ini diakui oleh Kepala Bagian Ekonomi Setda Tebo Supadi.
Supadi mengatakan, bahwa pada awal Januari hingga Mei mendatang pembagian raskin dipastikan masih menggunakan data lama. Hal ini sebutnya, dikarenakan belum adanya data yang baru pada 2011 lalu.
"Tahun ini kita masih menggunakan data lama, tapi yaitu hanya dari Januari hingga Mei saja, untuk selanjutnya kemungkinan menggunakan data baru," ujar Supadi singkat. (ald)

Fenomena Langit Langka Akan Terjadi Tahun Ini


JAKARTA - Fenomena langit langka akan terjadi pada pertengahan tahun ini, tepatnya 6 Juni 2012. Venus akan singgah di muka matahari yang dalam astronomi dikenal sebagai transit Venus.
Saat transit venus terjadi, bumi, venus dan matahari ada dalam posisi segaris. Venus berada di antara bumi dan matahari. Posisi tersebut mirip seperti saat gerhana bulan, di mana bulan, bumi dan matahari ada dalam posisi segaris. Perbedaannya, saat transit venus, piringan venus tidak cukup bisa menutupi piringan matahari yang lebih besar.
Transit venus terjadi hanya dua kali dalam seabad. Berdasarkan informasi NASA, fenomena ini baru terjadi 7 kali sejak teleskop ditemukan, yakni pada tahun 1631, 1639, 1761, 1769, 1874, 1882 dan 2004. Transit venus terjadi dalam periode waktu dengan formula 8, 121,5, 8, 105,5 tahun.
"Jadi rugi kalau tidak menyaksikan, karena ini adalah yang terakhir dalam masa hidup kita," kata Mutoha Arkanuddin dari Jogja Astro Club saat dihubungi, Senin (2/1). NASA memperkirakan, fenomena ini baru akan terjadi lagi tahun 2117.
Tahun ini, warga Bumi yang berkesempatan menyaksikan adalah yang berada di wilayah Amerika Utara, Hawaii, Pasifik bagian barat, Asia bagian utara, Jepang, Korea, Cina bagian timur, Filipina, Australia bagian timur dan Selandia Baru. Seluruh warga Indonesia pun bisa melihat fenomena langka ini.
Berdasarkan peta NASA, warga Indonesia bagian barat meliputi Sumatera, Kalimantan, Sulawesi Tengah dan Selatan, Jawa, Bali dan Nusa Tenggara Barat, hanya berkesempatan melihat sebagian proses transit. Sementara, warga Indonesia di Sulawesi Utara dan Tenggara, bagian timur Nusa Tenggara, Maluku dan Papua bisa melihat keseluruhan proses transit.
"Untuk Indonesia bagian timur, sejak Matahari terbit sudah bisa melihat kontak awal Venus dengan Matahari. Sementara kalau yang di bagian barat akan melihat saat Venus sudah ada di piringan Matahari," jelas Mutoha.
"Transit akan dimulai dari sisi bawah Matahari pada pukul 05.14 WIB terus bergerak ke barat melewati muka Matahari sampai pukul 11.50 WIB," imbuh Mutoha. Transit berlangsung selama kurang lebih 6 jam dan berdasarkan infomrasi NASA, Venus akan berada di tengah piringan Matahari pada pukul 08.32 WIB.
Mutoha mengatakan bahwa karena objeknya berkaitan dengan Matahari, maka pengamatan transit Venus sebaiknya dilakukan dengan teleskop. Transit Venus sulit diamati dengan mata telanjang sebab piringannya kecil serta disilaukan oleh sinar Matahari. Cara lain adalah dengan teknik proyeksi, namun sulit. Pengamat harus berhati-hati dengan cahaya Matahari.
Menyongsong fenomena langka ini, Jogja Astro Club sudah menyusun persiapan untuk pengamatan serta membuat pernak pernik terkait transit Venus. Himpunan Astronom Amatir Jakarta yang bermarkas di Planetarium Taman Ismail Marzuki pun bersiap menyongsong fenomena ini. Jadi, pengamatan pun akan bisa dilakukan bersama kalangan astronom amatir di setiap kota, lebih aman bagi yang belum pernah melakukan pengamatan.
Transit Venus digunakan oleh ilmuwan sebagai momen penelitian tentang fenomena Black Drop, dimana saat Venus kontak dengan matahari, tampak bahwa ada bagian venus yang memanjang. Jadi, sangat sampai melewatkan kesempatan ini. (*)

Waspadai, Minum Air Saat Makan

Oleh : Heri Zaldi Pada Hari Wednesday, 11 January 2012 | 23:24 WIB

Bisa Hambat Pencernaan di Lambung

Anda memiliki kebiasaan banyak minum ketika sedang makan? Sepertinya Anda harus segera mengubah kebiasaan tersebut. Sebab, meneguk air ketika makan ternyata dapat menghambat pencernaan di lambung.

Konselor mikrobiotik dari India, Shonali Sabherwal, mengatakan, ketika makan bukanlah waktu yang tepat untuk memuaskan rasa dahaga. "Orang-orang tidak tahu betapa minum air saat makan cukup mempersulit pencernaan mereka," ujar Sabherwal seperti dikutip Times of India.

Penelitian menunjukkan bahwa minum sedikit air selama makan tidak menjadi perhatian. Namun, minum segelas atau dua gelas dapat mengganggu pencernaan. Para peneliti menemukan bahwa yang terbaik adalah minum air sebelum makan dan dua jam sesudahnya. Hal ini membantu dalam penyerapan nutrisi.

Sabherwal mengatakan bahwa minum air ketika makan dapat mengencerkan konsentrasi asam lambung (HCl). Untuk mencerna makanan, tubuh memerlukan HCl dengan konsentrasi tertentu. Namun, kerena minum banyak air, konsentrasi HCl berkurang. Akibatnya, hanya sedikit makanan yang bisa dicerna oleh tubuh. Hal ini, jika dibiarkan terus bisa menimbulkan berbagai penyakit.

Asam lambung, selain membantu pencernaan juga berfungsi sebagai anti bakteri. Jika lambung sudah tidak bekerja optimal, akan dapat mempengaruhi kerja organ pencernaan lainnya menjadi lebih berat sehingga menyebabkan ketidakseimbangan metabolisme tubuh.

Agar tak merasa haus ketika makan, Sabherwal menghimbau agar tak terlalu banyak makan makanan yang asin. "Pastikan makanan Anda tidak terlalu asin karena akan semakin membuat haus," kata dia.

Agar pencernaan tetap berjalan baik meskipun tanpa dibantu oleh air, ia menyarankan agar mengunyah pelan-pelan. Saat mengunyah, mulut mengeluarkan enzim yang membantu pencernaan makanan sehingga tugas lambung dalam mencerna makanan menjadi lebih ringan. )*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...