Pemain-Pemain Keturunan Indonesia-Belanda

Salah satunya bek timnas Belanda. Kakeknya asal Belitung
Merdekpost.com - Tim nasional Belanda akan menghadapi timnas Indonesia di laga ujicoba, Jumat 7 Juni 2013 di Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK). Tim yang dilatih Louis van Gaal ini sudah tiba hari Rabu kemarin, 5 Juni 2013 di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Dari pemain yang dibawa Van Gaal, ada satu pemain yang sudah "mengenal" Indonesia. Dia adalah John Heitinga, meski belum pernah mengunjungi Indonesia, tapi Heitinga memiliki garis keturunan Indonesia. Kakeknya, Gijsbert Johanes Heitinga berasal dari Pulau Belitung. Sementara sang ayah, Rob lahir di Jakarta.

Dia pun sempat mengungkapkan kegembiraannya lewat akun Twitter miliknya, @johnheitinga dalam bahasa Indonesia yang fasih.

"Dengan tim #Belanda ke #Indonesia. Saya senang. RT jika Anda seperti saya untuk datang ke tanah kakek dan ayah saya," tulisnya ketika itu.

Begitu menginjakkan kakinya di Indonesia, Heitinga juga sempat menuliskan status dalam akun Twitter. "Akhirnya ... Sebuah momen khusus. Mendarat di #Indonesia di mana kakek dan ayah saya lahir," tulis Heitinga.

Selain Heitinga, ada beberapa pemain Belanda yang memiliki garis keturunan Indonesia. Diantaranya adalah:
Roy Makaay 
Pemain yang pernah bermain untuk Bayern Munich ini memiliki garis keturunan dari sang ibu yang asli Maluku. Mendapat julukan The Phantom dari rekan-rekannya di Bayern, Makaay mempersembahkan dua gelar Bundesliga untuk Bayern serta satu gelar La Liga untukDeportivo La Coruna

Giovanni van Bronckhorst 
Mantan kapten timnas Belanda ini merupakan pemain keturunan Maluku. Mantan pemainBarcelona ini juga bisa bicara bahasa Indonesia dengan aksen Indonesia timur. Ia mengaku sering berbicara bahasa Indonesia dengan sang ibu yang asli Maluku.

Denny Landzaat

Bernama lengkap Denny Domingues Landzaat. Pemain yang masuk skuad Belanda untuk Piala Dunia 2006 ini merupakan keturunan Maluku dari pihak ibu. Terakhir dia membela klub FC Twente dan berposisi sebagai second striker.

Selain nama-nama diatas, ada juga pemain Belanda yang sudah dinaturalisasi untuk bermain di timnas Indonesia:

Parade Tato Pemain Timnas
Raphael Maitimo
Gelandang Mitra Kukar ini lahir di Rotterdam. Ketika masih remaja, Maitimo pernah setim dengan Wesley Sneijder dan Arjen Robben di timnas Belanda U17. Dia juga satu tim dengan Robin van Persie ketika keduanya bermain di Akademi Feyenoord.

Sergio van Dijk
Striker Persib Bandung ini memiliki darah keturunan dari sang ibu. Pemain yang pernah bermain untuk FC Groningen ini kini sudah menjadi salah satu pemain Skuad Garuda. Debutnya untuk timnas datang saat menghadapi Arab Saudi pada 23 Maret 2013.
Irfan Bachdim
Irfan Bachdim
Siapa yang tidak mengenal Bachdim. Pemain yang sangat dikenal di Indonesia ini memiliki ibu yang berasal dari Belanda. Dia sempat bersinar di Piala AFF 2010. Saat ini Irfan bermain untuk tim Thailand, Chonburi.

Tonie Cussel
Tonie yang berposisi gelandang merupakan pemain yang memiliki keturunan Maluku. Saat ini dia bermain untuk Ajax Amateurs. Dia juga sepupu dari Stefano Lillipaly.

Jhon van Beukering
Pemain yang berposisi sebagai striker ini memulai debutnya untuk Skuad Garuda saat menghadapi Timor Leste, 14 November 2012. Di laga tersebut dia membuat assist untuk Bambang Pamungkas. van Beukering juga masuk dalam skuad Indonesia di Piala AFF 2012.

Selain pemain-pemain tersebut, juga ada dua pemain naturalisasi yang sayangnya belum pernah bermain untuk timnas Indonesia. Mereka adalah Stefano Lilipaly dan Joey Suk.
Lilipaly membuat sensasi di debutnya bersama FC Utrecht ketika dia mencetak gol melawan PSV Eindhoven pada Januari 2012. Saat ini dia bermain di Almere City. Sementara Suk sempat dipanggil untuk turnamen SEA Games, tapi sayangnya dia belum terpilih untuk masuk timnas. (choe)

BACA JUGA
Sneijder cs Jadi "Si Pitung" di Depok
Laga "Idaman" Publik Tanah Air, Indonesia Vs Belanda
Pemain-Pemain Keturunan Indonesia-Belanda

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar


Berita Terpopuler


Copyright © MERDEKAPOST.COM. All rights reserved.
Redaksi | Pedoman Media Cyber | Network | Disclaimer | Karir | Peta Situs