Tips Penting Tetap Olahraga Saat Puasa

Olahraga Penting

Merdekapost.com - Amankah berolahraga saat puasa? Pertanyaan itu seringkali menimbulkan perdebatan di kalangan pencinta fitnes dan olahraga. Beraktivitas fisik dalam keadaan perut kosong mungkin menjadi tantangan karena tidak adanya cadangan energi. Namun bukan berarti olahraga saat berpuasa tidak bisa dilakukan. Justru ada beberapa keuntungan ekstra yang akan didapat dengan berolahraga kala puasa.

Salah satunya mengoptimalkan kinerja hormon. Seperti dikutip dari Greatist, perut yang kosong memicu perubahan hormon di dalam tubuh yang bisa membantu pembentukan otot dan pembakaran lemak lebih cepat. Olahraga ketika puasa juga meningkatkan sensitivitas insulin yang bisa mencegah penyakit diabetes.

Selain itu, olahraga ketika berpuasa juga meningkatkan hormon pertumbuhan yang penting dalam pembentukan jaringan otot, membakar lemak, meningkatkan kepadatan tulang dan harapan hidup lebih lama. Jika diimbangi juga dengan tidur yang cukup, olahraga ketika berpuasa bisa sangat efektif dalam menjaga kesehatan dan menurunkan berat badan. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin fitnes atau olahraga saat berpuasa. Apa saja?

1. Kurangi Intensitas 
Dionisius Henry, seorang pakar fitnes menyarankan untuk melakukan olahraga seperti biasanya secara teratur. Hanya saja perlu dikurangi intensitas dan durasinya. Intinya, berolahragalah sesuai kemampuan apabila Anda sudah merasakan lemas dan sulit bernapas, segera berhenti.

2. Perhatikan Waktu 
Henry menyarankan untuk berolahraga seminggu tiga kali bagi Anda yang tubuhnya sehat atau tidak menderita penyakit tertentu. Disarankan untuk berolahraga di malam hari setelah berbuka, namun jika tubuh bermasalah, terdapat dua pilihan, melakukan latihan beberapa jam sebelum berbuka atau setelah berbuka puasa.

3. Pola Makan
Makanan juga harus dijaga untuk memberikan energi dalam tubuh. Sebaiknya, dari buka hingga sahur Anda mengonsumsi makanan yang sehat, seperti nasi merah, roti, oatmeal, serta sayur-sayuran. Hindari makanan berlemak tinggi agar tidak cepat lapar atau justru membuat tubuh lesu setelah makan.

4. Pentingnya Olahraga Saat Puasa
Selain penjelasan yang sudah diuraikan di atas, olahraga ternyata memang penting dilakukan saat berpuasa. Henry mengatakan bahwa olahraga perlu untuk menjaga kondisi tubuh dan berat badan agar tidak 'melambung' ketika bulan puasa dan setelah Lebaran.

(cho)


BACA JUGA :

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar


Berita Terpopuler


Copyright © MERDEKAPOST.COM. All rights reserved.
Redaksi | Pedoman Media Cyber | Network | Disclaimer | Karir | Peta Situs