CE Optimis Dapat Dukungan PDIP, CE: Sudah Klir

CE-Ratu (Cerah) pada acara Jalan santai beberapa waktu lalu. (ist)
JAMBI, Merdekapost.com - PDI Perjuangan (PDIP) belum juga mengumumkan arah dukungannya di kontestasi politik Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jambi, 9 Desember mendatang. Meski sudah santer disebut hampir dipastikan akan berlabuh ke Cek Endra-Ratu Munawaroh (CE-Ratu), namun gonjang ganjing soal dukungan PDIP terus mengemuka.

Beredar informasi dukungan PDIP ke CE-Ratu belum klir. Isu yang paling kencang adalah masih terjadi pertarungan perebutan dukungan banteng moncong putih antara CE-Ratu dengan Fachrori-Safrial. Memang Safrial adalah Kader PDIP. Gonjang ganjing ini makin rame, karena nama CE-Ratu tidak masuk dalam daftar pasangan yang menerima Jumat rekomendasi pekan lalu.

Sebelumnya, partai berlambangkan banteng moncong putih ini juga telah mengumumkan dukungan untuk 48 daerah di Indonesia. Namun, untuk Pilgub Jambi termasuk Pilkada 5 kabupaten/kota di Provinsi Jambi belum diumumkan sampai sekarang.

Beredar kabar, bahwa partai berlambangkan kepala banteng ini akan mengumumkan arah dukungan untuk 9 daerah yang menggelar Pilgub se Indonesia dalam pekan ini. Hanya saja, Ketua DPD PDIP Provinsi Jambi, Edi Purwanto, saat dikonfirmasi mengaku belum mendapat informasi terbaru soal jadwal pengumuman rekomendasi dukungan untuk Pilgub Jambi. "Belum ada info kalau Minggu ini diserahkan," katanya saat dikonfirmasi, Kamis (23/7) kemarin.

Edi tidak menampik saat ini tengah berada di Jakarta dalam rangka perjalanan dinas terkait persoalan lain. Termasuk soal Covid-19. "Saya memang lagi di Jakarta. Tapi dalam rangka dinas. Belum ada info dari DPP soal arah dukungan," ujarnya.

Sementara itu, Bakal Calon Gubernur Jambi Cek Endra, menegaskan dirinya optimis partai besutan Megawati Soekarno Putri itu akan melabuhkan dukungan kepada pasangan CE-Ratu di Pilgub Jambi 2020. "PDIP insyaallah sudah klir. Saya yakin dukungan PDIP akan ke kita," katanya saat ditemui beberapa hari lalu.

CE-Ratu bersama Sekjned DPP PDIP Hasto. (ist)
Bupati Sarolangun dua periode ini mengatakan untuk dukungan Pilgub ini sepertinya akan diumumkan secara khusus. Karena jumlahnya yang hanya beberapa provinsi saja. "Mungkin kalau diumumkan Minggu ini, nanti diserahkan langsung oleh buk Mega," katanya.

Cek Endra menegaskan bahwa dukungan PDIP sudah tidak ada masalah lagi dan komunikasi politik hingga saat ini masih berjalan normal. "Tinggal menunggu waktu diumumkan saja bersama dukungan untuk provinsi lain. Kita sangat yakin," tukasnya.

Seperti diketahui, CE-Ratu mulai ramai diprediksi bakal mendapat dukungan PDIP setelah foto keduanya bertemu dengan Sekjen DPP PDIP Hastpo Kristiyanto awal Juli lalu. Ketika itu, CE-Ratu menyerahkan syarat administrasi termasuk rekomendasi Partai Golkar yang sudah mereka dapatkan, sehari sebelumnya.

Informasinya, salah satu syarat yang harus dipenuhi CE-Ratu mendapat dukungan partai berlambang banteng moncong putih ini adalah rekomendasi dukungan dari partai Golkar. Skenarionyo, PDIP akan berkoalisi dengan Golkar mengusung CE-Ratu di Pilgub Jambi, 9 Desember nanti.


Syarat lainnya adalah, Ratu Munawaroh harus bergabung dengan PDIP.  Kabarnya syarat menjadi kader tersebut juga sudah dipenuhi. Bahkan, infonya kini Ratyu sudah mengantongi Kartu Tanda Anggota (KTA) PDIP dan Ratu sudah viral berjas merah di medsos.

Seperti diketahui, Ratu sebelumnya adalah kader PAN. Dia juga sempat mendaftar sebagai calon wakil gubernur di penjaringan  Cagub-cawagub yang di buka PAN pada pertengahan Juni lalu. Namun, dalam perjalanan hubungan Ratu dengan PAN mulai tak mesra. Keretakan ini disebabkan manuver di internal PAN yang terkesan kurang serius mendukung Ratu. Makanya, istri mantan Gubernur Jambi Almarhum Zulkifli Nurdin ini putar haluan  ke PDIP.(ald)

Related Posts

0 Comments:

Post a Comment


Recent Posts

Copyright © MERDEKAPOST.COM. All rights reserved.
Redaksi | Pedoman Media Cyber | Privacy Policy | Disclaimer | Peta Situs