Soal Pasien 01 Positif Corona Nekat Pulang ke Rumah, Ini Kata Kadinkes

RSUD raden Mat taher yang selama ini menjadi tempat isolasi dan perawatan pasien 02 Coroina Jambi. (ald)
JAMBI - Pasien positif corona di Provinsi Jambi diketahui ada dua kasus, pasien asal Tebo sebagai pasien 01 dan pasien asal Kerinci sebagai pasien 02.

Ternyata, pasien 01 Provinsi Jambi yang positif corona tidak berada di RSUD Raden Mattaher Jambi. Pasien positif corona asal Tebo itu pulang ke rumah.

Dinas Kesehatan Provinsi Jambi angkat bicara terkait keluarnya seorang pasien yang masih berstatus positif corona dari RSUD Raden Mattaher Jambi.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, Samsiran Halim, menegaskan bahwa pasien yang masih berstatus positif tidak boleh keluar dari rumah sakit.

Pasien yang boleh keluar dari rumah sakit, hanya mereka yang benar-benar sudah dinyatakan negatif berdasarkan hasil uji swab dua kali berturut-turut.

"Kita sangat khawatir ini. Siapa yang menjamin dia ini bisa tidak kontak dengan orang lain atau keluarganya di rumah, ini bisa menularkan ke orang lain," kata Samsiran kepada Tribunjambi.com, Selasa (7/4/2020)

Samsiran pun mengungkapkan pihaknya telah melarang pihak RSUD Raden Mattaher untuk mengeluarkan pasien tersebut.

"Kami akan rapat dengan tim bagaimana tindak lanjutnya," sebut Samsiran.

Sementara itu, Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto, mengatakan bahwa keluarnya pasien positif corona dari RSUD Raden Mattaher Jambi ini merupakan pelanggaran dan berbahaya.

"Saya sudah sampaikan ke tim gugus tugas untuk menjemput kembali yang bersangkutan untuk dikembalikan ke rumah sakit," pungkas Edi.

Hingga berita ini tayang, pihak RSUD Raden Mattaher belum memberikan konfirmasi.


Kepala Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Provinsi Jambi yang juga Juru Bicara Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) Provinsi Jambi, Johansyah
Masih dinyatakan positif corona, pasien 01 di Provinsi Jambi malah keluar dari RSUD Raden Mattaher.

Informasi itu dibenarkan Juru Bicara Tim Gugus Penanganan Covid 19 Provinsi Jambi, Johansyah, saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (7/4/2020).

Johansyah mengatakan masalah tersebut akan dipelajari.

Pihaknya akan memanggil pihak rumah sakit, mengapa bisa seperti ini prosesnya.

"Informasinya, yang bersangkutan membuat perjanjian untuk menjalani isolasi mandiri di rumah, dan itu akan diawasi terus," kata Johan.

Untuk uji swab ketiga, Johan mengatakan hingga saat ini belum keluar hasilnya.

Uji swab dilakukan lagi karena uji swab kedua masih dinyatakan positif corona. Pasien 01 itu diisolasi di RSUD Raden Mattaher Jambi sejak 17 Maret. Dia merupakan pria berumur 55 tahun asal Kabupaten Tebo. (ald/tribunjambi)

Related Posts

0 Comments:

Post a Comment


Recent Posts

Copyright © MERDEKAPOST.COM. All rights reserved.
Redaksi | Pedoman Media Cyber | Privacy Policy | Disclaimer | Peta Situs