5 Tanaman Hias yang Bisa Menjaga Kesehatan Tubuh dan Mental di Tengah Wabah Corona

Tak hanya bisa mempercantik sudut ruangan, ternyata penambahan tanaman di dalam rumah juga bisa meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan bagi penghuninya. (ald/ilustrasi)
Tak hanya bisa mempercantik sudut ruangan, ternyata penambahan tanaman di dalam rumah juga bisa meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan bagi penghuninya. 

Hal ini dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan University of Melbourne dan RMIT University, yang menyebut bahwa meletakkan satu tanaman di sebuah ruangan kecil bisa meningkatkan kualitas udara sebanyak 25 persen. Sedangkan meletakkan dua tanaman dalam satu ruangan bisa memperbaiki kualitas udara hingga 75 persen dan meningkatkan kesejahteraan mental sebesar 45 persen.

Dari penelitian tersebut bisa dikatakan bahwa penambahan tanaman di dalam rumah bisa bantu menjaga kesehatan dengan membuat udara lebih bersih, membunuh debu dan bakteri, hingga meningkatkan kualitas tidur. Selain itu, beberapa jenis tanaman tertentu juga diklaim bisa meningkatkan kesehatan mental; seperti mengurangi stres dan mengatasi kecemasan.

Dengan mengetahui kegunaan tanaman hias bagi kesehatan tersebut, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk meletakkan tanaman hias di rumah. Selain bisa menjadi opsi kegiatan positif untuk mengisi waktu luang selama social distancing, menanam tanaman hias juga bisa menjaga kesehatan fisik dan mental Anda di tengah pandemi corona ini.

Lalu, tanaman-tanaman hias apa saja yang bisa bantu menjaga kesehatan? Melansir Lifehack, berikut rangkumannya untuk Anda.

1. Spider plant

Tanaman Spider Plant Foto: Shutterstock
Tanaman yang memiliki nama ilmiah Chlorophytum Comosum ini sangat ampuh dalam menghilangkan senyawa berbahaya seperti formaldehyde yang terbang bebas di udara. Senyawa ini biasanya menempel di barang-barang yang dibawa dari luar; seperti kertas, jaket kulit, hingga plastik. 

Selain itu, tanaman hias ini juga bisa menjadi solusi bagi Anda yang mempunyai kesulitan saat tidur. Sebab, tanaman yang berasal dari Afrika Selatan ini mampu menyerap toksik atau zat yang jika dihirup oleh tubuh dapat menyebabkan fungsi tubuh menjadi tidak normal. Spider plant juga bisa menyerap bau tak sedap dan membantu seseorang untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. 

2. Lidah buaya


Aloe vera Tanaman lidah buaya di ruangan Foto: Shutterstock 

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Aloe vera ini memang cukup familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Aloe vera dikenal sebagai bahan alami yang baik untuk kesehatan kulit dan juga rambut.
Di samping khasiatnya yang baik untuk kecantikan dan kesehatan, ternyata lidah buaya juga bisa membantu mengurangi stres dan juga dapat membantu seseorang untuk tidur lebih nyenyak.

Disebut demikian, karena tanaman ini akan melepaskan oksigen saat malam hari yang sangat dibutuhkan seseorang untuk dihirup saat tidur. Simpan aloe vera di dalam kamar tidur agar dapat memancarkan energi positif dan memberikan efek menenangkan pikiran.

3. Lavender

Tanaman Lavender Foto: pixabay
Lavender merupakan jenis tanaman yang memiliki aroma yang wangi dan menenangkan. Berkat wanginya itu, lavender sering diekstrak menjadi parfum atau lulur.

Tanaman ini cocok jika disimpan di dalam kamar karena wanginya yang bisa membantu mengurangi rasa cemas, menurunkan tingkat stres dan juga membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak. Beberapa peneliti telah membuktikan bahwa lavender dapat membantu bayi tidur dengan nyenyak dan bisa menurunkan tingkat stres pada ibu yang baru melahirkan.

4. Rosemary

Tanaman Rosemary Foto: Shutterstock/Oxana Denezhkina
Tanaman yang sering dijadikan rempah atau bumbu masak ini juga bisa membantu mengurangi rasa stres dan cemas. Menurut Ahli Tanaman dan Bunga, Donna Letier saat diwawancarai Pop Sugar, rosemary sangat disarankan untuk disimpan di dalam kamar mandi karena bisa membuat tubuh menjadi rileks.

Bahkan tak hanya bisa mengurangi stres, menurut studi yang dilakukan Universitas Northumbria, rosemary juga terbukti bisa meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Ini karena rosemary mengandung senyawa eukaliptol yang bisa meningkatkan sistem saraf pada tubuh manusia.


5. Lidah mertua

Tanaman lidah mertua Foto: Shutterstock
Tidak hanya bermanfaat bagi sistem metabolisme tubuh, tanaman hias yang satu ini juga dikenal ampuh dalam menyerap polusi dan racun. Selain itu, lidah mertua juga bisa mengubah karbon monoksida menjadi oksigen dengan baik saat malam hari, sehingga bisa membantu seseorang tidur lebih nyenyak. Untuk memaksimalkan fungsi dari tanaman ini, cukup taruh tanaman ini di ruangan yang sejuk dan tidak terkena langsung oleh sinar matahari. )***

Sumber : Kumparan
----     

Related Posts

0 Comments:

Post a Comment


Recent Posts

Copyright © MERDEKAPOST.COM. All rights reserved.
Redaksi | Pedoman Media Cyber | Privacy Policy | Disclaimer | Peta Situs