Ini 5 Camilan yang Bantu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Selama #dirumahaja

Ilustrasi keripik ubi
Selama masa karantina #dirumahaja kayak sekarang ini kita cenderung banyak rebahan dan istirahat. Supaya enggak lemas kamu juga butuh asupan untuk meningkatkan energi. Salah satu caranya, ya dengan makan atau ngemil. 

Kegiatan makan memang diperuntukan mengisi perut yang lapar, tapi di sisi lain asupan yang masuk tersebut juga dibutuhkan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Apalagi saat ini kita sangat disarankan untuk menjaga daya tahan tubuh. 

Kamu juga bisa, kok menjaga daya tahan tubuh dengan mengonsumsi beberapa camilan enak berikut ini. Coba, yuk! 

1. Kuaci

Kuaci
Ngemil kuaci dari biji bunga matahari ternyata ada faedahnya juga, lho. Si biji mungil ini mengandung vitamin E yang dalam beberapa penelitian dinyatakan mampu menjaga daya tahan tubuh. 

Salah satunya, dalam Journal of Biological Regulators and Homeostatic Agents tahun 2013 yang menyatakan bahwa vitamin E mampu membantu tubuh melawan radikal bebas penyebab kerusakan sel. Dengan begitu, daya tahan tubuh juga dapat terjaga dengan baik. 

2. Almond

Ilustrasi kacang almond. Foto: Shutter Stock
Dalam Journal Science of Food and Agriculture tahun 2006 mengungkapkan, kalau almond merupakan jenis kacang yang kaya akan vitamin E. Selain itu, almond juga dikemas dengan lemak sehat yang juga bermanfaat menjaga kesehatan jantung. 

Agar daya tahan tubuhmu tetap terjaga, ada baiknya konsumsi 46 butir almond kupas guna memenuhi 100 persen jumlah asupan vitamin E harian. 

3. Yoghurt

Yoghurt

Untuk menjaga daya tahan tubuh kamu juga perlu asupan vitamin D, salah satunya bisa didapatkan dari secangkir yoghurt. Minuman fermentasi ini mengandung vitamin D alami yang membantu mengatur sistem kekebalan tubuh.

Minuman fermentasi lainnya yang juga baik untuk daya tahan tubuh adalah kefir. Dilansir Medical News Today, kefir kaya akan antioksidan yang dapat membantu mencegah serangan penyakit perusak sistem imun. 

4. Dark Chocolate

Chocholate (Coklat)
Dark chocolate mengandung antioksidan jenis theobromine yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang kuat juga akan melindungi kita dari kerusakan sel penyebab radikal bebas. 

5. Ubi rebus

Ilustrasi sajian ubi
Ubi mengandung beta-karoten atau senyawa nabati yang bisa diubah menjadi vitamin A oleh tubuh. Vitamin A penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, kadar darah, dan selaput lendir di lapisan usus. 

Menurut studi yang dipublikasikan dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health, kekurangan vitamin A bisa meningkatkan peradangan usus hingga membuat kita mudah sakit akibat daya tahan tubuh yang menurun.

(ald/sbr: kumparan)

Related Posts

0 Comments:

Post a Comment


Recent Posts

Copyright © MERDEKAPOST.COM. All rights reserved.
Redaksi | Pedoman Media Cyber | Privacy Policy | Disclaimer | Peta Situs