Tips Mengatur Pola Makan saat Puasa untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

 

Tips Mengatur Pola Makan saat Puasa

Kerinciexpose.com - Puasa Ramadhan telah memasuki hari ke-9. Bulan Ramadhan tahun ini memang terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena berlangsung di tengah-tengah pandemi corona. Karena kondisi tersebut, penting bagi kita untuk tetap menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari virus berbahaya selama menjalankan puasa.

Salah satu cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh selama berpuasa adalah dengan dengan mengatur pola makan. Sebab, menurut eat right expert sekaligus founder dari lightHOUSE Klinik, dr. Grace Judio-Kahl, MSc, MH, CHt, Dipl, mengatur pola makan saat puasa bisa meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus menjauhkan kita dari kelebihan berat badan. 

“Saat bulan puasa, banyak sekali aneka jenis makanan dan minuman yang bermunculan dan keinginan untuk mengonsumsi makanan tersebut semakin meningkat. Sebetulnya hal ini sangat normal. Tapi yang perlu diingat bahwa peningkatan konsumsi terhadap makanan-makanan tersebut bisa meningkatkan kelebihan berat badan,” kata dr. Grace saat sesi talkshow online bertema ‘Corona Away on Fasting Month’.

Lalu, bagaimana cara mengatur pola makan saat puasa untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan terbebas dari kelebihan berat badan? Berikut rangkum informasinya untuk Anda.

1. Perhatikan jumlah kalori yang masuk

Setiap makanan memiliki jumlah kalori yang berbeda-beda. Karena itu, kita perlu memperhatikan jumlah kalori yang masuk, baik itu saat sahur maupun berbuka puasa, agar tidak menyebabkan kelebihan berat badan. Menurut dr. Grace, rata-rata orang Indonesia membutuhkan 1.800 - 2.000 jumlah kalori per hari. 

“Tapi, setiap orang memiliki jumlah kebutuhan kalori yang berbeda-beda. Ada yang 1.800 kalori per hari, atau lebih dari 2.000 kalori per hari. Nah, bila jumlah kalori yang masuk lebih besar dibanding jumlah kalori yang dibutuhkan, maka bisa menyebabkan kelebihan berat badan,” tambahnya.

2. Perbanyak konsumsi sayuran

Untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh saat puasa, dr. Grace juga menyarankan kita untuk memperbanyak konsumsi sayuran. Hal ini karena kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalamnya bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.

“Apalagi sayuran mengandung jumlah kalori yang kecil, sehingga tidak mudah menyebabkan kenaikan berat badan. Di mana setiap 100 gram sayur, mengandung hanya 25 kalori,” tutur dr. Grace.

Baca Selengkapnya>>

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

Copyright © MERDEKAPOST.COM. All rights reserved.
Redaksi | Pedoman Media Cyber | Network | Disclaimer | Sejarah Kerinci | Peta Situs