Ada-ada Saja! Ngaku Jenderal-Ubah Pekerjaan di KTP Jadi TNI, Kakek ini Ditangkap

Foto: Jarianto Jamin yang mengaku seorang Mayor Jenderal TNI saat memakai baju tahanan. (detikcom) 

Merdekapost - Seorang kakek asal Pekanbaru, Riau, bernama Jarianto Jamin (59) ditangkap Satreskrim Polrestabes Medan. Jarianto ditangkap usai mengaku sebagai Mayor Jenderal (Mayjen) TNI aktif lalu hendak melakukan penipuan.

"(Pelaku) berinisial JJ mengaku sebagai anggota TNI aktif berpangkat Mayor Jendral dan berupaya menjumpai Bapak Kasdam. Jadi, modus yang digunakan adalah tersangka JJ ini mengganti status pekerjaannya yang awalnya wiraswasta dan diubah menjadi TNI dengan cara men-scan dan mengedit status pekerjaannya," kata Kapolrestabes Medan Kombes Teddy Marbun saat konferensi pers, dilansir detikSumut, Jumat (26/4/2024).

Teddy mengatakan kasus ini terungkap pada Senin (22/4) pukul 23.00 WIB. Saat itu, Satreskrim Polrestabes Medan menerima informasi dari Provost Kodam I/BB soal pelaku yang datang menemui Kepada Staf Kodam (Kasdam).

Berdasarkan hasil penyelidikan, pelaku juga menggunakan KTP yang sudah diedit tersebut untuk membuat SIM A di Satlantas Polresta Pekanbaru. Teddy menyebut sejauh ini belum ada korban penipuan pelaku itu.

"Tersangka menggunakan KTP-nya yang sudah diedit dan diubah untuk membuat SIM A di Satlantas Polrestabes Pekanbaru. Belum ada korban dan (pelaku) baru melakukan penipuan," tutur Teddy.

Mantan Dirreskrimsus Polda Sumut itu mengatakan kasus ini akan dilimpahkan ke Polrestabes Pekanbaru. Sebab, TKP pemalsuan itu berada di wilayah Pekanbaru.(adz)


Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar


Berita Terpopuler

Copyright © MERDEKAPOST.COM. All rights reserved.
Redaksi | Pedoman Media Cyber | Network | Disclaimer | Karir | Peta Situs