Popularitas Ala Jokowi, Zola Unggul di Lima Kali Survei

Popularitas Ala Jokowi, Zola Unggul di Lima Kali Survei
Pasangan Cagub Cawagub Jambi HBA - Edi Purwanto dan Zumi Zola-Fachrori Umar
JAMBI - Paslon Gubernur Zumi Zola (ZZ) dan Wakil Gubernur Fachrori Umar (FU) selalu memimpin dengan selisih lebih dari 13%. Itu artinya, capaian pasangan ZZ-FU diprediksi akan sama dengan hasil akhir Pilkada serentak 9 Desember mendatang.

“Zola unggul lima kali survei yang validitasnya 99%. Selisih pun teramat jauh, lebih dari 13%. Agak sulit merubah hasil survei ini dalam waktu tiga bulan, dengan tingkat validitas hampir 100%,” ujar Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya, Rabu (26/8/2015).

Yunarto menjelaskan, ketatnya regulasi Komisi Pemilihan Umum, membuat aktivitas kandidat menjadi sangat terbatas. Artinya, kemenangan Pilkada kali ini, sangat ditentukan oleh popularitas calon.

Hasil dari lima kali survei, pasangan ZZ-FU terus unggul dengan peroleh 49,7% sedangkan pasangan petahana HBA-EP hanya meraih angka 36,3% sedangkan sisanya belum memilih. Hal ini menunjukkan pasangan ZZ-FU selalu unggul dengan selisih 12-13% vote.

Lebih lanjut, lawan Zola akan sulit untuk kembali unggul (come back), karena keterbatasan aktivitas, sosialisasi, dan Alat Peraga Kampanye (APK). Jadi, kemungkinan untuk mengubah kemenangan pasangan ZZ-FU hanya 0,001%.

"Sangat sulit merubah hasil survei, karena Zola punya popularitas layaknya Jokowi. Belum lagi, basis ZZ-FU di Jambi cukup masif, terdiri dari Tanjab Timur, Tanjab Barat, Muarojambi, Tebo, Bungo, Merangin, dan Kerinci, dengan tingkat penguasaan massa 60-70%,” jelasnya.

Sebaliknya, lawan pasangan ZZ-FU hanya menguasai wilayah Sarolangun dan sedikit Sungai Penuh. Sedangkan Kota Jambi masuk dalam zona tempur. Karena keduanya memiliki kans besar di daerah ini. (*)

Related Posts

0 Comments:

Post a Comment


Recent Posts

Copyright © MERDEKAPOST.COM. All rights reserved.
Redaksi | Pedoman Media Cyber | Privacy Policy | Disclaimer | Peta Situs