Kesenian Kuda Lumping Eratkan Kedekatan Syafril Nursal Bersama Warga Jawa Timur

Penyambutan menggunakan kuda lumping ingatkan Syafril Nursal tentang kedekatannya selama ini dengan warga Jawa Timur. Penyambutan di Margo Tabir, Kabupaten Merangin. (ist)

JAMBI - Penyambutan menggunakan kuda lumping ingatkan Syafril Nursal tentang kedekatannya selama ini dengan warga Jawa Timur.

Syafril Nursal, calon wakil gubernur nomor urut 2 kali ini melakukan safari Politik ke Kecamatan Margo Tabir, Kabupaten Merangin. Setelah sebelumnya melakukan blusukan di pasar Bangko dan Pasar Margo.

Kedatangan Mantan Kapolda Sulawesi Tengah ini beserta rombongan disambut hangat dan antusias oleh masyarakat setempat, ini dibuktikan dengan dilakukan berbagai pertunjukan yang dilakukan oleh masyarakat setempat, termasuk mampilkan kesenian Kuda Lumping oleh Paguyuban Seni Kuda Kepang Turonggo Sekti.

Atas penyambutan yang luar biasa itu, Mantan Kapolda Sulawesi Tengah ini merasa sangat terharu. Apalagi kesenian kuda lumping sudah tak asing bagi Syafril, ia mengaku sangat senang dengan kesenian khas dari Jawa Timur tersebut.

Untuk diketahui, sosok Syafril Nursal semasa aktif menjadi Perwira Polri cukup lama bertugas di Jawa Timur hingga bisa berbahasa Jawa. Dirinya tercatat beberapa kali memegang tongkat komando seperti menjadi Kapolres Lumajang (2002) dan Kapolres Jember (2005).

Menyaksikan pertunjukan kesenian itu, kata Syafril, serasa kembali ke Jawa Timur.

"Saya senang sekali hari ini, rasanya saya seperti datang ke Jawa Timur lagi nih. Saya dulu lama di Jawa Timur, tadi melihat kuda lumping ya, alhamdulillah terima kasih," ujar Syafril.

Ia menegaskan, kebudayaan itu harus dipelihara di manapun berada, karena kebudayaan adalah suatu kekayaan dan keindahan yang dimiliki bangsa kita. Apalagi bangsa kita kaya akan berbagai macam kesenian dari berbagai daerah.

Menurut Syafril Nursal, jika nanti Pasangan Fachrori Umar-Syafril Nursal terpilih, maka ia akan mengembangkan kebudayaan lagi sesuai dengan visi misi Jambi Berkah.

"Sebab ini kalau tidak kita pelihara nanti akan habis, akan punah. Anak cucu kita nanti tidak mengenal lagi budaya kita, maka saya mengimbau kepada anak-anak muda tidak usah malu-malu ya, tidak usah ragu-ragu, setiap ada kegiatan bikinlah dengan budaya-budaya kita itu," ujarnya.

Rangkul Seniman Talepong, Syafril Nursal Keliling Pasar Baru Bangko

Calon wakil gubernur Jambi nomor urut 2, Syafril Nursal blusukan ke pasar baru Bangko, Jumat (30/10/2020). Kedatangan Syafril di pasar untuk menyapa dan berdialog dengan para pedagang.

Perhatian Syafril Nursal terhadap kesenian budaya tradisional Nusantara bukan buatan. Hal itu dibuktikan dengan dirangkulnya seniman Talepong Minang-Merangin yang mengiringi kunjungannya ke pasar Baru Bangko.

Kehadiran, mantan Kapolda Sulawesi Tengah ini ditengah pasar tampak menyapa para pedagang dan pembeli. Kunjungan ini juga bertujuan untuk memastikan tingkat daya beli masyarakat dan stabilitas harga bahan pokok di tengah Pandemi Covid-19.

Suasana blusukan sang Jendral semakin ramai lantaran diiringi dengan kesenian Talempong yang dimainkan oleh Ikatan Kesenian Minang Merangin Jambi.

Pantauan di lokasi, setiap kios yang disambangi oleh Syafril, selalu ia manfaatkan untuk berdialog dengan pedagangnya. Kedatangan Syafril, juga disambut hangat dan antusias oleh pengunjung pasar dan para pedagang, sesekali pengunjung dan pedagang yang ada di pasar mengajak Syafril untuk berswafoto.

Syafril mengatakan, kunjungannya ke pasar untuk mengetahui secara langsung apa persoalan yang dihadapi oleh para pedagang.

"Tadi saya lihat harganya lumayan, tidak terlalu mahal tapi juga tidak terlalu murah. Artinya para pedagang-pedagang kita juga mendapat keuntungan yang cukup untuk memenuhi kebutuhannya," kata Syafril Nursal, Jumat 30/10/2020).

Syafril menambahkan, dari hasil ia berdialog dengan pedagang, terdapat sejumlah bahan kebutuhan pokok yang dijual pedagang berasal dari luar daerah. Kedepan, kata Syafril, perlu dimaksimalkan dari hasil produksi petani-petani lokal. Dengan demikian akan menggeliatkan ekonomi petani dan masyarakat lokal.

"Kalau bisa kita memenuhi kebutuhan kita sendiri karena itu sumber-sumber ekonomi masyarakat. Kenapa kita harus mendatangkannya dari luar. jadi nanti harus kita mobilisasi para petani petani kita itu untuk meningkatkan pertaniannya," pungkas Syafril Nursal.

Usai dari Pasar Bangko, Syafril Nursal juga melanjutkan blusukan di pasar Margo Kampung 3. Tujuannya sama, yakni menampung aspirasi warga dan pedagang serta memastikan soal harga bahan pokok.

Di Hadapan Fachrori, The Power Of Emak-Emak Mulai Bergerak Di Level Keluarga

Kehadiran Fachrori Umar di posko Putri Pinang Masak diyakinkan jika tim ini bergerak mulai dari level keluarga. 

"Strategi dan target kami jelas, kami bergerak dari mulai tingkat keluarga, rukun tetangga sampai dengan kecamatan, sudah kami siapkan untuk kemenangan Jambi BERKAH 80 persen," ujar Azmi, ketua posko Putri Pinang Masak, Jumat (30/10/2020).

Azmi menyampaikan hal itu langsung dihadapan kandidat petahana, Fachrori Umar yang berkunjung ke Posko Putri Pinang Masak pada Jumat pagi. Bahwa mereka telah bergerak dari bawah ke atas. 

Sesuai namanya, Posko Putri Pinang Masak, maka kehadiran Fachrori Umar ke posko tersebut disambut oleh kaum emak-emak atau ibu rumah tangga.

Dalam kunjungan ini, Fachrori Umar didampingi oleh ketua harian Provinsi Jambi Idham Kholik, ketua tim pemenangan Kota Jambi Zulkifli Somad, serta hadir pula perwakilan dari Kabupaten Batanghari dan Muaro Jambi.

Dalam sambutannya, Idham Kholik menyampaikan kepada seluruh relawan yang hadir untuk tetap teguh dalam perjuangan ini.

"Saya meyakini kita siap memenangkan Fachrori-Syafril pada 9 Desember mendatang.  Kita juga pastikan minimal 8 kabupaten/kota menang. Kita percaya semua bergerak untuk mendapat KEBERHAKAN," ujarnya.

Pada kesempatan ini, Fachrori yang merupakan calon gubernur petahana mengucapkan terima kasih untuk seluruh relawan, dengan harapan tetap menjaga kesehatan diri dan keluarga, jaga politik santun dan beradab.

"Kita harus menjadi contoh bagi masyarakat agar pemilihan ini berjalan baik dan sesuai dengan harapan kita. Saya merasa tersanjung dengan antusias masyarakat yang mendukung kami untuk menjadi pemimpin Jambi kembali," pungkasnya. (HZA/hmsfu-sn)

Related Posts

0 Comments:

Post a Comment


Recent Posts

Copyright © MERDEKAPOST.COM. All rights reserved.
Redaksi | Pedoman Media Cyber | Privacy Policy | Disclaimer | Peta Situs