PAD Tebo Turun, Suhut ; Pemicunya Ekonomi Masyarakat Masih Lemah

PAD Tebo Turun, Suhut ; Pemicunya Ekonomi Masyarakat Masih Lemah
Suhut, S.IP
MUARATEBO - Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari Dinas Satu Pintu Tebo setiap tahun menurun. Bahkan realisasi tersebut jauh dibawah target. Hal ini diakui Kadis Satu Pintu Tebo, Suhut, Senin (10/4) lalu.

Dikatakan Suhut, "kenapa pendapatan di satu pintu turun, tidak lain adalah ekonomi masyarakat Tebo masih lemah. Disatu sisi masyarakat dengan ekonomi pas-pasan masih terbebani untuk mengurus izin usaha".

"Untuk buka usaha saja mereka masih pas-pasan. Apalagi disuruh bikin izin usaha," ucapnya meyakini.

Selain itu masyarakat belum memiliki kesadaran atau pentingnya surat izin usaha. "Tahunya mereka kalau sudah dapat izin, pikirnya untuk jaminan pinjaman di bank," timpalnya lagi.

Selanjutnya disampaikan Suhut belum adanya angin segar bagi masyarakat. Pasalnya yang saat ini harga komoditi perkebunan yang diterima petani kian anjlok.

"Itu juga jadi alasan. Makanya pemerintah belum bisa berbuat banyak terhadap kondisi ini. Ya kita serahkan sama mekanisme pasarlah," keluhnya lagi.

Kendati demikian Suhut tetap berupaya meningkatkan lagi pendapatan dari sektor perizinan baik, SITU, SIUP maupun IMB. "Yang jelas kita bakal turun untuk sosialisasi lagi. Untuk IMB kita kejar pihak pengembang atau perusahaan properti. Kalau ini bisa optimal, saya optimis pendapatan satu pintu bakal capai target," harapnya.

Suhut juga menambahkan, jika tahun 2015 lalu restribusi satu pintu hanya terelisasi sebesar 69 persen. Angka ini kata dia masih dibawah target yang ditentukan. "Dua tahun persentase restribusi kita memang turun," tuntasnya. (her/pri)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar


Berita Terpopuler


Copyright © MERDEKAPOST.COM. All rights reserved.
Redaksi | Pedoman Media Cyber | Network | Disclaimer | Karir | Peta Situs