Istri Pasien 06 Jambi Sekarang Jadi PDP

Covid-19 (Ilustrasi)
JAMBI, merdekapost.com – Jumlah pasien positif Covid-19 di Provinsi Jambi bertambah satu lagi. Menjadi enam orang. Pasien 06 ini, berasal dari Kota Jambi. Wali Kota Jambi, Syarif Fasha, yang merupakan Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Jambi, Rabu (15/4) mengatakan, pasien tersebut berasal dari Kecamatan Paal Merah.

Saat ini dia sudah menjalani perawatan lebih lanjut di RS Abdul Manap Kota Jambi. Lanjutnya, saat ini terdapat lima Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang dirawat di 4 rumah sakit Kota Jambi.

“Pasien tersebut usia 66 tahun, jenis kelamin laki-laki, dan kami sebut dengan kasus 01 KJ. Sudah dilakukan perawatan di salah satu rumah sakit,” sebutnya.

Lanjutnya, awalnya ada 10 orang yang dilakukan tes Polymerase Chais Reaction (PCR). Hasilnya enam orang dinyatakan negatif, tiga di antaranya masih menunggu hasil swab, dan 1 orang positif Covid-19.

Kata Fasha, adapun riwayat perjalanan pasien 01 KJ yakni, tanggal 16 Maret 2020 yang bersangkutan berangkat ke Sulawesi Selatan (Sulsel) menghadiri acara tabligh. Kemudian tanggal 20 Maret pulang ke Kota Jambi.

Tanggal 26 Maret 2020, yang bersangkutan mengalami keluhan batuk, pilek, dan sesak nafas sehingga berobat ke salah satu Puskesmas terdekat. Lanjut Fasha, pada tanggal 28 Maret 2020, yang bersangkutan mengeluhkan kembali hal yang sama, dan kembali ke Puskesmas terdekat. Kemudian tanggal 31 Maret 2020,  kembali datang ke Puskesmas dan dirujuk ke RSUD Abdul Manap Kota Jambi.

“Hasil ronsen dan rappid tes sempat meragukan. Namun pada tanggal 1 April 2020 dilakukan lagi rappid tes dan hasilnya positif, kemudian dirawat di RSUD Kota Jambi. Lalu pada tanggal 2 April, diambil swab untuk tes PCR, hari ini (kemarin, red) ini hasil tes diterima dan hasilnya positif,” beber Fasha.

Dengan adanya kasus ini, Pemkot Jambi dan Satgas Kota Jambi melaksanakan tracking contact. Setidaknya ada sekitar 27 orang warga Kota Jambi, yang ikut berangkat ke Sulsel bersama pasien 01 KJ. Kemudian, terdapat 1 orang kontak erat dengan pasien 01 dan telah dilakukan pemeriksaan rappid tes.

“Hasilnya positif, tapi rappid tes. Hasil swabnya belum keluar, dalam waktu dekat akan keluar, dan masuk kategori PDP,” jelasnya.

Masih dikatakan Fasha, pihaknya juga sudah melakukan rappid test kepada keluarga pasien Positif Covid-19. "Dan satu di antara dinyatakan positif dari hasil rappid tes, saat ini sudah masuk dalam PDP. Dengan demikian Kota Jambi punya 5 PDP yang tersebar di empat rumah sakit di Kota Jambi," kata dia.

Dengan hasil ini, Fasha meminta masyarakat Kota Jambi untuk tetap tenang dan mengikuti imbauan pemerintah. Fasha juga meminta masyarakat yang punya gejala, atau pernah kontak dengan pasien untuk segera menghubungi petugas kesehatan.

"Khususnya, peserta tabligh akbar Sulawesi untuk segera melaporkan. Atau yang pernah kontak dengan salah satu peserta tabligh akbar harap melaporkan. Jangan takut, jangan sampai membahayakan anda, keluarga anda ataupun lingkungan anda," tegasnya.

Atas kejadian itu, Syarif Fasha pun berpesan terhadap rombongan tablig agar jika mengalami gejala klinis Covid-19 segera memeriksakan diri ke Puskesmas terdekat. “Kondisi pasien sehat dan aktif, masih tunggu hasil swab. Kami berpesan jika ada gejala klinis sgera periksa, sayangi lah keluarga anda,” pungkasnya. (ald)

Related Posts

0 Comments:

Post a Comment


Recent Posts

Copyright © MERDEKAPOST.COM. All rights reserved.
Redaksi | Pedoman Media Cyber | Privacy Policy | Disclaimer | Peta Situs