Wagub Abdullah Sani Nyatakan Pemprov Jambi Siapkan Unit Layanan Serap Tenaga Kerja Disabilitas

 

Merdekapost.com - Wakil Gubernur Jambi Drs.H.Abdullah Sani M.Pd.I menyatakan akan memprioritaskan peningkatan sinergi program OPD Provinsi Jambi untuk menyiapkan unit layanan stabilitas bermitra dengan dunia usaha dan dunia industri guna minimalisasi angka pengangguran  tenaga kerja disabilitas. Hal ini disampaikannya saat rapat koordinasi percepatan penyelenggaraan unit layanan Disabilitas Bidang Ketenagakerjaan Provinsi Jambi di hotel Aston, Jambi Kamis, (16/9).

Kegiatan ini dihadiri oleh Pimpinan dan anggota DPRD provinsi Jambi, Direktur Binapenta dan Perluasan Tenaga Kerja Kemnaker RI, Suhartono (hadir secara virtual) , pimpinan OPD lingkup Pemerintah Provinsi Jambi, Perwakilan Pimpinan Daerah Kabupaten/ Kota se Provinsi Jambi serta undangan lainnya. 

Di kesempatan tersebut Wagub menyampaikan ucapan terima kasih dari Pemprov Jambi kepada Kementerian Ketenagakerjaan RI yang telah menunjuk Provinsi Jambi sebagai salah satu tempat penyelenggaraan rakor ini sebab menurut informasi tahun ini hanya 15 provinsi yang dijadikan fokus kegiatan ini. 

"Pada kesempatan ini dapat saya informasikan bahwa berdasarkan sumber data BPS Februari 2021 angkatan kerja di Provinsi Jambi mencapai 1,83 juta orang dengan tingkat pengangguran mencapai 4,76%.  Jumlah angkatan  yang bekerja di sektor informal sebanyak 1,09 juta orang," ungkapnya.

Menurut Wagub jumlah angkatan kerja penyandang disabilitas di Provinsi Jambi tercatat sebanyak 3.673 orang suatu jumlah yang cukup banyak dan menjadi kewajiban kita untuk memfasilitasi dan memenuhi hak bagi setiap warga negara untuk memperoleh pekerjaan dan kehidupan yang layak. 

"Karenanya Rakor hari ini merupakan langkah awal yang tepat untuk menyamakan persepsi dan langkah antara Pemerintah Pusat Kabupaten Kota dunia usaha baik swasta BUMD BUMD dalam memfasilitasi para penyandang disabilitas untuk memperoleh pekerjaan," ungkapnya.

Menurut Wagub, Prov Jambi menunjukkan komitmen yang serius dengan melakukan  sosialisasi dan pendekatan kepada dunia usaha dan dunia industri untuk menyerap tenaga kerja  disabilitas dan memberikan apresiasi berupa piagam penghargaan kepada empat perusahaan yang telah mempekerjakan pekerja disabilitas. Selain itu menurutnya dalam pelaksanaan pelatihan dan pemagangan Pemerintah Provinsi Jambi juga telah memberikan kesempatan kepada penyandang disabilitas

"Ke depan kita akan berusaha optimal melalui pembentukan unit layanan disabilitas di bidang ketenagakerjaan dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan guna memantapkan perekonomian masyarakat dan daerah," ungkapnya. (064)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar









Berita Terpopuler

Copyright © MERDEKAPOST.COM. All rights reserved.
Redaksi | Pedoman Media Cyber | Network | Disclaimer | Karir | Peta Situs