Wagub Abdullah Sani Jadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2021

 

Merdekapost.com - Wakil Gubernur Jambi Drs. H. Abdullah Sani, M.Pd.I menjadi Inspektur Upacara dalam memperingati Hari Santri Nasional ke-VI Tahun 2021 di Pondok Pesantren As'ad Ma'had Ali Olak Kemang Seberang Kota Jambi, Jum'at (22/10/2021).

Peringatan Hari Santri Nasional di Provinsi Jambi pada tahun ini Dilaksanakan di Pondok Pesantren As'ad Seberang Kota Jambi. Pada upacara ini kerja sama antara Pondok Pesantren As'ad dengan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi Jambi dan Pemerintah Provinsi Jambi.

Wakil Gubernur Jambi Drs. H. Abdullah Sani memberikan Ucapan Selamat Hari Santri Nasional Tahun 2021.

"Mengawali sambutan ini, saya atas nama Pemerintah dan masyarakat Provinsi Jambi mengucapkan SELAMAT HARI SANTRI NASIONAL ke-6 yang tepatnya jatuh pada hari ini tanggal 22 Oktober Tahun 2021. Tentunya hari yang bersejarah ini menjadikan kita semua umat Islam untuk mengenang kembali sejarah perjuangan pendahulu kita dalam menegakkan keislaman di Indonesia sebagai bagian dari sejarah pembangunan Negara Kesatuan Repulik Indonesia yang kita cintai" ujarnya.

"Penetapan Hari Santri Nasional dimaksudkan untuk mengingat dan meneladani semangat jihad para santri merebut serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang digelorakan para ulama. Tanggal 22 Oktober merujuk pada satu peristiwa bersejarah yakni seruan yang dibacakan oleh Pahlawan Nasional KH. Hasyim Asy'ari pada 22 Oktober 1945 yang berisikan perintah kepada umat Islam untuk berperang (jihad) melawan tentara Sekutu yang ingin menjajah kembali wilayah Republik Indonesia pasca-Proklamasi Kemerdekaan. Hal ini juga merupakan pengakuan resmi pemerintah Republik Indonesia atas peran besar umat islam dalam berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan dan menjaga NKRI" jelasnya.

"Dengan adanya peringatan Hari Santri Nasional ini, mari kita lebih bersemangat dalam mencari ilmu agama, semoga kita dapat selamat dunia dan akhirat. Dengan kita berada di pesantren ini janganlah takut tidak dapat makan, tidak dapat mempunyai pekerjaan. Akan tetapi dengan niat yang ikhlas, tekadkan diri kita untuk mencari ilmu agama yang nantinya jalan untuk mendapat dunia juga akan lebih mudah. Selain itu, yang tidak kalah pentingnya adalah tentunya peran para kyai dan ustadz/ustadzah sebagai sumber inspirasi dan sumber pengetahuan yang menjadi suri tauladan bagi para santri. Harapan besar untuk menciptakan pesantren menjadi pusat kajian islam dan pusat dakwah dalam penyebaran atau penyiaran ajaran dan pengetahuan agama Islam yang dilakukan secara islami, baik itu berupa ajakan atau seruan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan maupun berupa uswatun hasanah (contoh-contoh yang baik)" harapnya

Abdullah Sani mengatakan dalam moment Hari Santri Ini Pemerintah Provinsi Jambi akan membangun Jambi yang Agamais pada Tahun 2022 ini melalui Program Dumisake dengan fokus kegiatan Bantuan Honorarium Bagi Pegawai Syara', Guru Ngaji Dan Madrasah Diniyah Takmiliyah Serta Pondok Pesantren;Fasilitasi Kualitas Dan Mutu Pendidikan Pesantren; Satu Desa Satu Hafizd Qur'an; Honorarium Da'i Kecamatan; Umroh Bagi Guru Mengaji Berprestasi, Guru Ngaji Dan Madrasah Diniyah Takmiliyah Serta Pondok Pesantren; Fasilitasi Kualitas Dan Mutu Pendidikan Pesantren; Umroh Bagi Guru Mengaji Berprestasi.

"Alhamdulillah bersyukur pada Allah SWT pada pagi hari ini merupakan keharusan bagi kita memperingati Hari Santri Nasional yang ke VI, kita tahu bahwa hari santri ditetapkan pada tanggal 22 bulan Oktober. Dan untuk peringatan hari santri di Ponpes As'ad ini tentu nya sebuah penghargaan bagi kami disini dan utama pemerintah bersama masyarakat mengucapkan "Selamat Hari Santri". Maka harapan kita visi misi Pemerintah Provinsi jambi yang ke tiga yaitu memantapkan Sumber Daya Manusia. Kita harus yakin sepenuhnya bahwa melalui gemblengan dipesantren Insya Allah Remaja dan pemuda/i kita akan tangguh dan mantap dalam meningkatkan kualitas intelektual nya dan disertai dengan keimanan yang tinggi dibawah bimbingan kyai. 

Oleh karena itu mewakili Pemerintah Provinsi Jambi berterima kasih kepada Tuan Rumah Pondok Pesantren As'ad dan PWNU Jambi atas terselenggaranya Upacara Hari Santri ini" tutupnya 

Wakil Gubernur Jambi Drs. H. Abdullah Sani memberikan bantuan beras kepada Pondok pesantren As'ad sebanyak 500 Kg dan juga Polda jambi sebanyak 1 ton untuk ponpes As'ad. (064)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

Copyright © MERDEKAPOST.COM. All rights reserved.
Redaksi | Pedoman Media Cyber | Network | Disclaimer | Sejarah Kerinci | Peta Situs