Kenduri Sko 5 Desa Tanjung Pauh Mudik Sukses Digelar

Merdekapost.com - Kenduri Sko 5 Desa Tanjung Pauh Mudik, Punai Merindu Bukit Pulai Sumur Jauh dan Pancuran Tiga, Kecamatan Danau Kerinci Barat, Kabupaten Kerinci, Kenduri Sko berjalan hikmat, meriah dan sukses Minggu, (19/12/2021).

Acara yang digelar di 2 tempat di Larik luar (Koto Tuo) dan acara puncaknya di Lapangan Bola Kaki Desa Tanjung Pauh Mudik, kegiatan ini padati masyarakat 5 Desa dan para pengunjung baik dari wilayah Desa yang ada di kerinci dan kota sungai penuh maupun dari luar daerah.

Kegiatan penurunan Sko dilakukan pada pagi hari, penurunan Sko di hadiri semua Depati Ninik Mamak yang ada di 5 Desa Tanjung Pauh Mudik.

Acara sakral tersebut membuat merinding seluruh masyarakat yang menyaksikan.

Kenduri Sko 5 Desa Tanjung Pauh Mudik yang digelar 5 Tahun sekali Selalu ditunggu masyarakat 5 Desa Tanjung Pauh Mudik.

Bukan hanya penurunan Sko, kegiatan puncak Kenduri yang dilaksanakan di lapangan bola kaki Desa Tanjung Pauh Mudik pada siang hari berjalan dengan meraih dengan menampilkan beberapa kreatifitas anak jantan batino, seperti Tari Iyo Iyo, Silat Pedang, Tari Masal, Tari Tudung.

Depati Anum Anderson dalam kesempatan tersebut menyampaikan, Kenduri Sko 5 Desa Tanjung Pauh Mudik mengajak seluruh masyarakat 5 Desa Tanjung Pauh Mudik untuk selalu Lestarikan Adat, Teguhkan Syariat dan Memperkokoh Silahturahmi.

"Mari sama-sama selalu kita Lestarikan Adat, Teguhkan Syariat dan Memperkokoh Silahturahmi,"ujarnya.

Bukan hanya itu, dalam kesempatan tersebut yang dihadiri oleh Wakil Gubernur Jambi, Bupati Kerinci dan Sekda Kota Sungai Penuh, Depati Anum Anderson saat dalam sambutannya, menyampaikan ada beberapa pembangunan yang ada di 5 Desa Tanjung Pauh Mudik yang sangat butuh diperhatikan, seperti Jembatan Batang Merao dan juga Pondok Pesantren yang saat ini masih proses pembangunan.

"Jembatan Batang Merao di Desa Tanjung Pauh Mudik saat ini sangat perlu diperhatikan, sebab itu akses warga untuk membawa hasil panennya, perhatian dari pemerintah daerah Kabupaten Kerinci dan Provinsi Jambi sangat diharapkan, dan Pondok Pesantren yang saat ini masih proses pembangunan juga membutuhkan bantuan untuk para santri juga diharapkan bapak yang hadir disini ikut dan mau berpartisipasi membangunkannya,"harapnya.

Sementara itu, Bupati Kerinci Adirozal dalam sambutannya, kegiatan Kenduri Sko seperti ini sangat penting sebab ini sebagai kita untuk memahami Adat istiadat, saat sekarang ini kita semua sering memanggil Om yang seharusnya Mamak, sehingga Depati Ninik Om jadinya.

"Seharusnya panggilan OM itu Mamak, agar gelar Depati Ninik Mamak lekat,"ujarnya.

"Mari Masyarakat 5 Desa Tanjung Pauh Mudik Melestarikan adat memperkokohan silahturahmi,"bebernya

Disamping itu, Wakil Gubernur Jambi, dalam sambutannya, Saya terharu dengan acara ini, tidak menyangka acara semeriah ini.

"Saat sampai di sini saya terasa terharu dan tidak menyangka acara Kenduri Sko 5 Desa Tanjung Pauh Mudik sangat meriah dan dihadiri ribuan orang,"jelasnya.

Dikatakannya lagi, Betapa akrab, kekeluargaan, dan betapa kuatnya persatuan masyarakat 5 Desa Tanjung Pauh Mudik.

"Terus Memperkuat memperat adat, tekad Menjaga kekompakan, atas pemerintah provinsi Jambi mengucapkan terima kasih atas sambutan semeriah ini,"tutupnya. (064)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

Copyright © MERDEKAPOST.COM. All rights reserved.
Redaksi | Pedoman Media Cyber | Network | Disclaimer | Sejarah Kerinci | Peta Situs