Gubernur Al Haris Hadiri Seminar Nasional Batanghari "Dulu, Kini dan Nanti"

 

Merdekapost.com - Gubernur Jambi Al Haris, menghadiri kegiatan Seminar Nasional tentang Sungai Batanghari, di Swiss Bell Hotel Jambi, Kamis (21/7/2022).

Dalam seminar yang bertema "Batanghari Dulu, Kini, dan Nanti" itu, Gubernur Al Haris mengatakan, bahwa tema seminar yang diangkat membawa kita untuk bisa membayangkan kondisi Sungai Batanghari, apakah itu dulu ataupun nanti.

"Sungai Batanghari ini tidak hanya menjadi media transportasi zaman dulu, namun juga menjadi tempat orang berdagang. Bertemunya banyak orang, dan sebagainya," katanya.

Selain itu, Gubernur Al Haris juga menjelaskan betapa pentingnya Sungai Batanghari bagi masyarakat di Provinsi Jambi.

"Bukti sejarahnya, kita liat begitu banyak petinggi-petinggi Jambi ini, yang makamnya ada di pinggir Sungai Batanghari. Ada Orang Kayo Hitam, Orang Kayo Pingai, dan Puteri Pinang Masak," ujar Gubernur Al Haris..

Ia menegaskan bahwa hal tersebut merupakan salah satu bukti bahwa Sungai Batanghari berperan penting dalam aktivitas rakyat Jambi dulunya.

"Sayang hari ini Sungai kita sudah sangat jauh tercemar, warnanya berubah, karena tercemar fungsinya juga berkurang," pungkasnya.

Kendati demikian, ia juga memberikan apresiasi kepada Dirjen Kebudayaan Kementerian Kependidikan, Kebudayaan dan Pendidikan Tinggi atas perhatian terhadap Sungai Batanghari.

"Tugas kami, tentu kami mendukung seminar ini, dan siap untuk meneruskan sampai ke tingkat bawah nantinya," tutupnya. (*)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

Copyright © MERDEKAPOST.COM. All rights reserved.
Redaksi | Pedoman Media Cyber | Network | Disclaimer | Karir | Peta Situs