Status Desa Mandiri di Jambi Tembus 188 Desa, ini Kata Edi Endra Korwil PD Provinsi Jambi

Edi Endra, SP Selaku Korwil PD Provinsi Jambi saat Dialog dana desa dan pengentasan desa tertinggal bersama RRI Pro-1 Jambi. (ist)

Merdekapost, Jambi - Mulai pada Tahun 2015 sampai tahun 2022  Desa Sudah berkotribusi besar dalam meningkatkan status desa  Sehingga di jambi Tembus 188 Desa Mandiri  (13,4%), di ikuti 391 Desa maju (27,9%) dan  rata rata Dominan Desa Berkembang  764 Desa (54,6%).  

Hal ini disampaikan Edi Endra saat di konfirmasi setelah melaksanakan dialog "Dana Desa dan Pengentasan Desa tertinggal di Provinsi Jambi" di RRi Jambi Pro-1.

Lebih Lanjut Ia Menjelaskan, Bahwa di Jambi masih Terdapat desa yg statusnya tertinggal sebanyak 55 Desa (3,9 %) dan Desa Sangat Tertinggal 1 Desa (0,1%) yg tersebar di beberapa kabupaten dan ini akan menjadi perhatian kita bersama  untuk mendorong Agar tahun 2023 ini Status Desa tertinggal bisa Berkurang dan status desa mandiri samakin naik Tegasnya  Koordinator Pendamping desa Provinsi Jambi 

Perkembangan Desa diukur dengan Indek Desa Membangun (IDM) berdasarkan Peraturan Menteri Desa PDTT RI No.2 Tahun 2016. dengan tujuan Mengukur Pembangunan Desa dan Kesejahteraan Masyarakat Desa dan prinsip pembangunan berkelanjutan. IDM terdiri dari 3 komponen yaitu Sosial, Ekonomi dan Lingkungan dengan bobot yang sama.

Indek Ketahanan Sosial (IKS) berupa kesehatan, Pendidikan, Modal Sosial, Kondisi Pemukiman. Indek Ketahanan Ekonomi (IKE) berupa Produksi Masyarakat, Pusat Perdangangan, Distribusi/Logistik, Akses Permodalan, Askes Transfortasi dan Komunikasi. Indek ketahanan Lingkungan (IKL) Kualitas Lingkungan dan Kerawanan Bencana Alam.

Saat di tanya apakah Prioritas penggunaan  Dana Desa mempengaruhi Meningkatnya Status Desa?"

"Ya..! Sangat Mempengaruhi Karena prioritas penggunaan Dana Desa di atur dalam Permendes dan di bahas Secara detail di kementrian Desa setiap tahunnya dan di jadikan perbub dan perwako setalah sampai di kabupaten dan kota". Paparnya. (Nekwal)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar


Berita Terpopuler


Copyright © MERDEKAPOST.COM. All rights reserved.
Redaksi | Pedoman Media Cyber | Network | Disclaimer | Karir | Peta Situs