Survei Starpoll: AMIN Menang Head to Head Lawan Siapapun di Pilpres Dua Putaran

Anies Baswedan disambut antusias para relawan dibandara Minang Kabau (doc:Timnas AMIN)

JAKARTA, MERDEKAPOST - Lembaga konsultan politik Starpoll merilis hasil survei terkini terkait Pilpres dua putaran di enam provinsi di Pulau Jawa pada Rabu, 3 Januari 2024.

Survei itu memberikan gambaran yang menarik tentang elektabilitas dan potensi kemenangan pasangan calon Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) di putaran kedua.

Dengan jumlah sampel sebanyak 1.400 orang yang tersebar secara proporsional di DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur, survei ini memiliki margin of error sebesar +/- 2,6% pada tingkat kepercayaan 95%.


Survei dilakukan melalui wawancara tatap muka menggunakan kuesioner oleh enumerator yang telah mendapatkan pelatihan sebelumnya, dan dilaksanakan dalam rentang waktu 10-24 Desember 2023.

Menurut hasil survei, tingkat elektabilitas AMIN mencapai 32,6%, menempel ketat pasangan Prabowo-Gibran yang memperoleh 37,9%, diikuti oleh Ganjar-Mahfud dengan 18,6%. Sebanyak 10,9% responden tidak memberikan jawaban.

Dalam simulasi head to head, pasangan Anies-Muhaimin unggul dengan 47,4% melawan Prabowo-Gibran yang memperoleh 40,6%, sementara 12,1% tidak memberikan jawaban.

Saat berhadapan dengan Ganjar-Mahfud, AMIN memimpin dengan 57,4% dibandingkan dengan 40,6%, dengan 13,6% responden tidak memberikan jawaban.

Peneliti Starpoll, Slamet Murtianto, menjelaskan bahwa hasil ini mengindikasikan kemungkinan Pilpres akan berlangsung dalam dua putaran.

"Anies-Muhaimin unggul di DKI Jakarta, Prabowo-Gibran di Jawa Barat, dan Ganjar-Mahfud di Jawa Tengah. Banten menjadi arena persaingan ketat antara Anies-Muhaimin dan Prabowo-Gibran," terang Murtianto pada Rabu, 3 Januari 2024.

Murtianto menyoroti potensi kemenangan AMIN di Pulau Jawa dalam skenario dua putaran. "Simulasi head to head selalu menempatkan Anies-Muhaimin sebagai juara," katanya.

Dalam konteks loyalitas pemilih, Murtianto menegaskan bahwa pemilih Anies-Muhaimin paling setia dengan 56,5% menyatakan pilihan mereka sudah pasti. Sementara itu, pemilih Prabowo-Gibran (63,6%) dan Ganjar-Mahfud (56,2%) lebih mungkin untuk mengubah pilihannya.

"Situasi hasil survei di Pulau Jawa ini menunjukkan kemungkinan besar Pilpres akan berjalan dalam dua putaran," pungkas Murtianto.(*) 

(hza | sumber:hariandisway)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

Berita Terpopuler

Copyright © MERDEKAPOST.COM. All rights reserved.
Redaksi | Pedoman Media Cyber | Network | Disclaimer | Karir | Peta Situs