Rossi Menang, Marquez Terjatuh, Lorenzo Finis Keempat

Rossi Menang, Marquez Terjatuh, Lorenzo Finis Keempat
Valentino Rossi memenangi MotoGP Inggris Raya 2015
Silverstone - Rider Movistar Yamaha Valentino Rossi memenangi MotoGP Inggris Raya 2015. Dalam balapan yang berlangsung basah ini Rossi sempat ditempel ketat Marc Marquez sampai akhirnya rider Repsol Honda itu terjatuh.

Rossi, yang start keempat, sukses berjaya dalam balapan sepanjang 20 putaran yang berlangsung di bawah rintik hujan, Minggu (30/8/2015) malam WIB. Itu menjadi kemenangan keempat Rossi musim ini setelah di Qatar, Argentina, dan Belanda, sekaligus mengakhiri rentetan finis ketiga darinya selama tiga balapan terakhir.

Kondisi di lintasan sendiri bukan cuma membuat start sempat ditunda melainkan juga membuat sejumlah rider jatuh. Marquez, peraih pole, adalah salah satunya ketika ia sedang berada di posisi dua membayangi Rossi.

Sementara itu Jorge Lorenzo, rekan setim Rossi, melakukan start dengan sip dan sempat memimpin balapan di awal. Tetapi pada prosesnya ia tergeser ke belakang dan akhirnya finis di posisi empat.

Di atas podium Silverstone ini Rossi ditemani oleh Danilo Petrucci dari Pramac Racing Ducati dan Andrea Dovizioso yang berkiprah untuk tim pabrikan Ducati, setelah keduanya bersaing ketat untuk posisi dua di beberapa putaran akhir balapan. Artinya podium MotoGP Inggris kali ini dikuasai oleh para rider Italiano.

Hasil itu membuat Rossi kini memuncaki klasemen sendirian dengan 236 poin, meninggalkan perolehan poin Lorenzo yang kini punya 224 poin berkat finis keempat. Marquez sang juara bertahan sementara itu terpaku di posisi tiga klasemen pada raihan 159 poin.


Jalannya Balapan
Dengan rintik hujan bertambah deras, dan balapan awalnya dinyatakan sebagai balapan kering, para rider pun menuntaskan putaran pemanasan dengan langsung bergegas masuk pit untuk mengganti ban dan bersiap untuk balapan basah.

Pada awalnya hal itu dirisaukan akan membuat para rider harus start dari lintasan pit--membuat awal balapan potensial jadi penuh sesak akibat terbatasnya ruang gerak di pit lane. Tetapi setelah semua rider masuk pit, bendera merah dikibarkan pertanda start dibatalkan dan akan ditunda sekitar 25 menit. Maka artinya balapan pun bakal diawali tetap di garis start dan bukannya dari lintasan pit.

Setelah balapan akhirnya dimulai, Lorenzo langsung memimpin memasuki tikungan pertama. Dari bagian belakang, sudah ada rider yang tergelincir keluar lintasan. Balik ke depan, Pol Espargaro sudah mengancam Marquez yang kini ada di posisi dua.

Tak lama berselang Pol berhasiul melewati Marquez dan kini membuntuti Lorenzo yang mulai berusaha menambah jarak. Giliran Valentino Rossi yang kemudian melewati Marquez. Namun, setelah itu Marquez berhasil melewati Pol dan Rossi untuk kembali ada di posisi dua.

Di akhir putaran pertama, Rossi kembali menyalip Marquez untuk menempati posisi dua lagi. Sedangkan di posisi empat masih ada Pol diikuti oleh Dani Pedrosa untuk melengkapi lima besar di putaran ini.

Berikutnya Rossi berduel dengan Lorenzo. Ia berhasil melewati rekan setimnya dan setelah itu Lorenzo diasapi lagi kali ini oleh Marquez! Masih 19 putaran tersisa dan sudah ada sedemikian banyak aksi overtaking sejauh ini.

Satu putaran setelah itu posisi Lorenzo melorot lagi. Ia dilewati Cal Crutchlow yang tak lama berselang justru tergelincir keluar lintasan akibat bertubrukan dengan Jack Miller yang rekan setimnya sendiri. Lorenzo naik satu posisi untuk menempati posisi tiga lagi.


Memasuki putaran empat, Rossi tampak masih ditempel Marquez. Kedua pebalap terdepan ini juga mulai terlihat menjauhi Lorenzo di posisi tiga. Sementara Pol dan Pedrosa tampak membayangi Lorenzo.

Di putaran kelima, Pedrosa sudah mampu menempati posisi empat dan terus membuntuti Lorenzo di depannya. Sementara di baris terdepan, Marquez juga masih membayangi Rossi.

Di putaran tujuh Danilo Petrucci mengambil alih posisi empat dari Pedrosa. Setelah itu Pedrosa kehilangan posisi lagi akibat disalip oleh Andrea Dovizioso. Belum ada perubahan di depan, dengan Rossi masih terus dibayang-bayangi Marquez dan Lorenzo di posisi tiga.

Setelah itu di putaran delapan Petrucci sempat mendapat celah untuk melewati Lorenzo walaupun rider yang ada di depannya itu masih berhasil menutup ruang untuk mempertahankan posisi tiga. Tak lama berselang Petrucci berhasil menyejajari Lorenzo dan kali ini mampu menyalipnya! Setelah itu Lorenzo diasapi lagi, kali ini oleh Dovizioso. Berikutnya giliran Pedrosa yang melewati Lorenzo.

Memasuki 10 putaran sisa, Rossi masih mampu menjaga keunggulan dari Marquez walaupun amat tipis. Petrucci, Dovizioso, Pedrosa, dan Lorenzo melengkapi enam pebalap tercepat di awal putaran ini.

Sembilan putaran tersisa, Dovizioso berhasil melewati Petrucci lewat celah sempit setelah terus-terusan memberikan ancaman. Dovizioso kini menempati posisi tiga.

Marquez terjatuh! Dengan delapan putaran tersisa ia tergelincir keluar lintasan, meluncur ke gravel, dan meninggalkan Rossi melaju sendirian di depan. Dovizioso dan Petrucci sementara ada di posisi podium, tetapi berjarak cukup jauh dari Rossi.


Tujuh putaran lagi dan Lorenzo berhasil melewati Pedrosa untuk merebut posisi empat. Bisakah ia mempertahankan posisi sekaligus mengejar Dovizioso dan Petrucci yang sedang bersaing memperebutkan posisi dua?

Saat lima putaran tersisa Petrucci yang sudah menempati tempat kedua berusaha memperpendek jarak dengan Rossi sekaligus menjaga posisi dari Dovizioso yang menempel di belakangnya. Lorenzo sementara itu masih di posisi empat, cukup berjarak dari dua rider di depannya.

Pada akhirnya Rossi berhasil menjaga posisi terdepan, Petrucci mengamankan posisi kedua, dan Dovizioso jadi rider ketiga yang melewati garis finis di Silverstone.

Hasil MotoGP Inggris Raya

1. Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 46m 15.617s
2. Danilo Petrucci ITA Octo Pramac Racing (Desmosedici GP14.1) 46m 18.627s
3. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (Desmosedici GP15) 46m 19.734s
4. Jorge Lorenzo ESP Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 46m 21.343s
5. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda Team (RC213V) 46m 26.749s
6. Scott Redding GBR Estrella Galicia 0,0 Marc VDS (RC213V) 46m 41.084s
7. Bradley Smith GBR Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) 46m 42.334s
8. Andrea Iannone ITA Ducati Team (Desmosedici GP15) 46m 45.010s
9. Aleix Espargaro ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) 46m 54.432s
10. Alvaro Bautista ESP Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 46m 57.329s
11. Maverick ViƱales ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR)* 47m 0.393s
12. Nicky Hayden USA Aspar MotoGP Team (RC213V-RS) 47m 8.106s
13. Hector Barbera ESP Avintia Racing (Desmosedici GP14 Open) 47m 26.828s
14. Mike Di Meglio FRA Avintia Racing (Desmosedici GP14 Open) 47m 30.909s
15. Alex De Angelis RSM E-Motion IodaRacing (ART) 47m 33.480s
16. Loris Baz FRA Forward Racing (Forward Yamaha)* 47m 34.927s
17. Eugene Laverty IRL Aspar MotoGP Team (RC213V-RS)* 47m 35.352s
18. Claudio Corti ITA Forward Racing (Forward Yamaha) 48m 13.703s
19. Karel Abraham CZE AB Motoracing (RC213V-RS) +1 lap
Pol Espargaro ESP Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) DNF
Marc Marquez ESP Repsol Honda Team (RC213V) DNF
Stefan Bradl GER Factory Aprilia Gresini (RS-GP) DNF
Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) DNF
Jack Miller AUS LCR Honda (RC213V-RS)* DNF
Yonny Hernandez COL Octo Pramac Racing (Desmosedici GP14.2) DNF  



Sumber

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar


Berita Terpopuler


Copyright © MERDEKAPOST.COM. All rights reserved.
Redaksi | Pedoman Media Cyber | Network | Disclaimer | Karir | Peta Situs