Kadis Diknas Kukuhkan PKBM di SKB Semurup

Drs Amri Swarta Kadis Diknas Kabupaten Kerinci
KERINCI, MERDEKAPOST.NET - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kerinci Drs. Amri Swarta membuka dan mengukuhkan secara resmi kegiatan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) bertempat di Sanggar Kegiatan Belajar di Semurup Kecamatan Air hangat, Senin, 19/09.

Adapun jumlah peserta adalah sebagai berikut, Kejar Paket A 170 orang, Paket B 80 orang dan Paket C 75 orang.

Dalam sambutannya, Amri Swarta, menyebutkan bahwa dengan jumlah peserta  Paket A 170 orang, Paket B 80 orang dan Paket C 75 orang, maka sudah bisa diukur tingkat animo masyarakat yang cukup antusias, dan hal ini bisa menjadi salah satu ukuran kemajuan suatu PKBM. kualitas dan kuantitas partisipasi masyarakat dalam berbagai aspek kegiatan, Semakin tinggi jumlah anggota masyarakat yang berpartisipasi dalam suatu PKBM maka semakin tinggi pula dianggap keberhasilan dan kemajuan PKBM tersebut.

Demikian juga semakin tinggi mutu keterlibatan masyarakat setempat dalam suatu PKBM menggambarkan  semakin tinggi kemajuan suatu PKBM. Semakin tinggi tingkat partisipasi masyarakat dalam suatu PKBM, akan terlihat dalam setiap proses manajemen yang ada. Partisipasi masyarakat juga dapat ditunjukkan dalam dukungan  dalam penyediaan sarana dan prasarana, dana, tenaga personalia, ide dan gagasan, dan sebagainya.

Kemudian, jelas Amri, untuk mengukur tingkat kemajuan suatu PKBM adalah manfaat dari PKBM itu bagi masyarakat. seberapa besar PKBM tersebut telah memberikan sumbangan bagi peningkatan mutu kehidupan masyarakat. Sumbangan ini dapat berupa peningkatan pengetahuan anggota masyarakat, peningkatan keterampilan, perbaikan   perilaku, peningkatan pendapatan, penciptaan lapangan kerja,  penciptaan keharmonisan, dan lain-lain". ujarnya.

Kadis juga berpesan agar dengan kegiatan yang di adakan selama 2 hari ini, dengan narasumber dari Diknas Provinsi Jambi, dapat betul-betul bermanfaat bagi peserta. (adv/oms).

Related Posts

0 Comments:

Post a Comment


Recent Posts

Copyright © MERDEKAPOST.COM. All rights reserved.
Redaksi | Pedoman Media Cyber | Privacy Policy | Disclaimer | Peta Situs