Raih 8 Besar Nasional, Sofyan Ali Himbau Pemkab Kerinci dan Kemendes Serius Kembangkan BUMDes Pentagen


KERINCI, MERDEKAPOST - Pengurus Bumdes Pentagen yang mengelola objek wisata Kolam Pertiwi yang terletak di Desa Pendung Talang Genting (Pentagen) kecamatan danau Kerinci Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi menyempatkan curhat tentang rencana pengembangan objek wisata andalan Kabupaten Kerinci itu kepada Anggota DPR-RI Komisi V Sofyan Ali pada saat kunjungannya di Kolam Pertiwi Desa Pentagen, Minggu (08/03) kemarin.

Sofyan Ali didampingi Ketua DPC PKB Kerinci H.M.Zamri dan sekretaris Herizaldi, Tenaga Ahli fery Kurniawan beserta rombongan DPC PKB Kerinci didampingi Kades pentagen Usman dan Sekdes Hatim serta pengelola bumdes, terlihat berkeliling di objek wisata Kolam Pertiwi Pentagen.

Disampaikan oleh Usman, kolam pertiwi ini telah dibuka sejak Januari tahun 2017, namun baru dibuka  secara resmi untuk objek wisata umum sejak bulan Januari tahun 2018 lalu.

Di Objek Wisata Kolam Pertiwi ini, selain menikmati pemandangan bernuansa alam desa, para pengunjung bisa melihat ribuan ikan yang sudah terbilang jinak, sekaligus menikmati permainan-permainan yang disediakan.

Menurut Usman, dalam usianya yang terbilang singkat, Bumdes Kolam Pertiwi Pentagen telah berhasil meraih 10 besar, dan peringkat 8 Nasional, serta berhak untuk memperoleh hadiah senilai 400 Juta Rupiah yang diberikan dalam bentuk pembangunan atau pengembangan kawasan, namun, hingga saat ini hadiah tersebut masih belum kami terima karena kami harus menyampaikan lagi proposal apa yang akan dibangun dengan dana senilai itu, mohon kepada pak Sofyan untuk membantu kami agar pihak Kemendes mempermudah prosesnya". Ungkapnya.

Senada disampaikan oleh Hatim, Sekdes Pentagen, Kami sekarang juga terkendala dalam pengembangan Kolam Pertiwi ini, karena masih ada satu hektar lahan yang belum bisa digarap karena kami terkendala alat berat, kemudian juga untuk penahan tebing kolam yang masih belum bisa kami bangun karena keterbatasan dana". ujarnya.

menanggapi hal itu, Sofyan Ali yang merupakan anggota Komisi V DPR-RI menjelaskan bahwa dirinya berkunjung ke Bumdes Kolam Pertiwi Pentagen setelah sebelumnya dirinya sempat berdiskusi dengan Muklis Direktur Sarana Prasarana Kementerian desa.

"Saya kemarin sempat berdiskusi dengan Pak Halim Iskandar Menteri Desa dan PDTT membahas tentang upaya pengembangan BUMDes, karena BUMDes berperan penting dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat Desa, dan Bumdes harus didorong agar lebih berkembang kedepannya", Ungkap Sofyan Ali.

Kemudian lanjutnya, Pak Muklis Direktur Sarpras Kemendes yang juga ikut hadir pada saat itu menitipkan pesan jika Saya ke berkunjung ke Dapil, ke Kerinci supaya menyempatkan diri untuk mampir meninjau Bumdes Pentagen ini". Jelas Sofyan. 

"Ini adalah salah satu aset wisata yang dimiliki Kerinci Jambi yang luar biasa, Insya Allah, Saya akan berusaha untuk memperjuangkan rencana pengembangan BUMDes Pentagen ini di Kemendes, karena Kemendes merupakan mitra kerja kami di Komisi V DPR RI, sebab Saya lihat prospek Bumdes ini kedepan sangat cerah dan menjanjikan".

"ada beberapa hal yang betul-betul prioritas untuk dibangun seperti penahan tebing (gronjong), sarana jalan, pengembangan atau penambahan luas kolam, menambah fasilitas-fasilitas dan permainan-permainan"

"untuk pembangunan beberapa fasilitas tersebut tentu memakan biaya yang cukup banyak, tidak bisa jika hanya mengandalkan dana desa saja, oleh karena itu perlu ditopang dengan bantuan-bantuan pusat, khususnya dari Kementerian, Saya akan berusaha memperjuangkan dan mengawal bantuan Kementerian tersebut". Ujar Sofyan.

"Saya juga menghimbau kepada Pemkab Kerinci melalui pihak terkait untuk serius memperhatikan pengembangan BUMDes ini, mari kita saling mendukung dan bersama-sama memperjuangkannya". Pungkas Sofyan yang juga ketua DPW PKB Provinsi jambi ini.

Untuk diketahui, Komisi V DPR RI merupakan mitra kerja Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Perhubungan, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Basarnas. (her)

Related Posts

0 Comments:

Post a Comment


Recent Posts

Copyright © MERDEKAPOST.COM. All rights reserved.
Redaksi | Pedoman Media Cyber | Privacy Policy | Disclaimer | Peta Situs