Hari Ini Bandara Jambi Dibuka Lagi, Sudah Siap Terima Tamu dari Zona Merah?

DIBUKA LAGI : Bandara Sultan Thaha Jambi. (F: Istimewa)
JAMBI, MERDEKAPOST – Hari ini, Jumat (8/5/2020), penerbangan domestik kembali dibuka. Terhitung hari ini, Bandara Sultan Thaha Jambi beroperasi lagi di tengah pandemic corovonavirus disease 2019 (Covid-19). Jalur masuk terbuka lebar untuk Provinsi Jambi.

Dilansir laman Republika.co.id, maskapai penerbangan Citilink mengawali operasional penerbangan rute Jakarta-Jambi pulang pergi (PP), mulai Jumat (8/5).

Eksekutif GM PT Angkasa Pura II Bandara Sultan Thaha Jambi Muhammad Hendra Irawan, Kamis (7/5), menyebut pihaknya sudah mendapat surat pemberitahuan operasional dari maskapai penerbangan itu. “(Jumat) Citilink beroperasi,” kata Irawan, dikutip dari laman Republika.co.id.

Dia menyebut, pesawat Citilink akan menjadi maskapai pertama yang mendarat di Bandara Jambi pasca pembukaan kembali penerbangan penumpang kriteria pengecualian dengan protokol ketat.

Pesawat Citilink yang akan beroperasi itu menggunakan slot penerbangan reguler maskapai itu yakni pukul 12.15 WIB dari Bandara Soekarno Hatta dan tiba 12.45 WIB di Bandara Jambi.

Terkait pelayanan penerbangan penumpang kriteria pengecualian yang ditetapkan pemerintah, pihaknya sudah menyiapkan personel di lapangan termasuk penempatan posko pemeriksaan bagi penumpang yang disesuaikan dengan protokol dan surat edaran dari Dirjen Transportasi Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan protokol dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Jadi ada dua protokol yang mengatur kriteria pengecualian bagi penerbangan ini. Penerbangan ini benar-benar untuk hal khusus, dan bukan untuk penumpang umum apalagi untuk mudik,” kata Irawan menjelaskan.

Sebelumnya maskapai penerbangan Lion Groups yakni Batik dan Lion Air juga sudah konfirmasi lebih awal bahwa maskapai itu akan memulai penerbangannya ke Jambi pada Minggu (10/5/2020), baik itu rute Bandara Jambi ke Bandara Soekarno Hatta maupun ke Bandara Hang Nadim Batam.

Sementara itu Garuda Indonesia akan memulai kembali penerbangannya ke Jambi pada Senin (11/10). Meski penerbangan penumpang kriteria pengecualian sudah mulai, namun pihak bandara tetap memberlakukan jam operasional sesuai dengan protokol penanganan pandemi Covid-19 yakni pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Jadi, sudah siap sambut tamu-tamu dari Jakarta yang notabene adalah daerah Zona Merah Covid 19?. (064)

Related Posts

0 Comments:

Post a Comment


Recent Posts

Copyright © MERDEKAPOST.COM. All rights reserved.
Redaksi | Pedoman Media Cyber | Privacy Policy | Disclaimer | Peta Situs