Diduga Salah Satu Panwas Desa di Sitinjau Laut Palsukan Data


KERINCI, MERDEKAPOST - Salah seorang anggota Pengawas Pemilu Desa/Kelurahan (PPDK) Kecamatan Sitinjau Laut diduga memalsukan data tahun kelahirannya. Perubahan data tahun kelahiran dalam KTP milik Anggota PPDK itu, ditengarai guna memenuhi salah satu syarat saat pendaftaran  anggota Pengawas Pemilu Desa Kelurahan (PPDK) Kecamatan Sitinjau Laut, berapa waktu lalu.

Shintia Denny Hernita, anggota Panwaslu Desa/Kelurhan Pondok Beringin terdapat perbedaan tahun kelahiran dalam data eKTP dengan Kartu Keluarga.

Dalam Pasal 226 ayat (1) dan (2) KUHP menyebutkan, (1) Barang siapa menyuruh memasukan keterangan palsu ke dalam suatu akte otentik mengenai suatu hal yang kebenaranya harus dinyatakan oleh akta itu, dengan maksud untuk memakai atau menyuruh orang lain memakai akta itu seolah-olah keteranganya sesuai dengan kebenaran, diancam jika pemakaian itu dapat menimbulkan kerugian, dengan pidana penjara paling lama tujuh tahun.(2) Diancam dengan pidana yang sama, barang siapa dengan sengaja memakai akte tersebut seolah-olah isinya sesuai dengan kebenaran, jika karena pemakaian tersebut dapat menimbulkan kerugian.

Sementara dari informasi yang diterima, perubahan data tahun kelahiran yang diduga dilakukan oleh salah satu anggota Panwaslu Desa/Kelurahan Kecamatan Sitinjau laut itu bukan hanya dalam KTP saja. bahkan kartu keluarga pun tidak sama dengan data di dalam KTP, tahun kelahiran yang semula 1995 diubah mundur dua tahun menjadi 1993.

Diduga, perubahan data kelahiran tersebut untuk memenuhi salah satu syarat pendaftaran Anggota Panwaslu Desa/Keluruahan, karena pada saat pendaftaran usia yang bersangkutan tidak memenuhi persyaratan dan Ketentuan undang-undang mengharuskan usia Panwas Desa/kelurahan minimal 25 tahun

saat menghubungi ketua Panwaslu Kecamatan Sitinjau Laut via phone nomor yang bersangkutan di luar jangkauan. (rdh)

Related Posts

0 Comments:

Post a Comment


Recent Posts

Copyright © MERDEKAPOST.COM. All rights reserved.
Redaksi | Pedoman Media Cyber | Privacy Policy | Disclaimer | Peta Situs