Idul Adha, Ahmadi : Mari Jadikan Sebagai Momen Perajut Tali Silaturahim

MERDEKAPOST.COM - Sejatinya makna Idul Adha atau hari raya kurban menjadi penopang semangat kebangsaan untuk merajut kebersamaan dan persaudaraan dalam kebhinekaan.

Bakal Calon Walikota Sungai Penuh, Drs. Ahmadi Zubir, mengatakan pada saat ini ada dua momentum yang sangat penting, yaitu Idul Adha dan HUT Kemerdekaan RI.

HUT RI salah satu tujuannya untuk refleksi terhadap kebangsaan, maka hari raya kurban menjadi penopang terhadap semangat kebangsaan lewat makna kurban, untuk bangun kebersamaan.

Pernyataan Ketua perguruan tinggi ternama di Kota Sungai Penuh ini berkaitan dengan makna Idul Adha dan HUT Kemerdekaan RI dalam merajut kebersamaan dan solidaritas dalam bingkai kebhinekaan, Kurban pada Idul Adha menjadi perajut silaturahim, persaudaraan dan solidaritas antar sesama.

"Salah satu substansi dari kurban yakni keterbukaan, yaitu keterbukaan untuk memberi maaf dan memaafkan, serta keterbukaan berbagai sesama manusia tanpa melihat latar belakang apapaun," katanya, jum'at (31/7).

Ahmadi juga menambahkan, Idul Adha dan HUT Kemerdekaan memiliki keterkaitan yang sangat erat. "Kita berharap nilai-nilai kurban dapat diimplementasikan dalam kehidupan sosial sehari-hari untuk perbaikan dan menata pembangunan kerukunan baik antar warga," ujarnya.

Lebih lanjut, kata Ahmadi umat Islam lewat hari raya nilai-nilai kurban harus menjadi penggerak utama pembangunan kerukunan antar sesama.

"Islam sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan itu telah diajarkan dan diperlihatkan Nabi Muhammad SAW lewat Piagam Madinah. Olehnya, keteladanan Nabi dalam membangun kerukunan, harus menjadi rujukan," tutupnya. (064)

Related Posts

0 Comments:

Post a Comment


Recent Posts

Copyright © MERDEKAPOST.COM. All rights reserved.
Redaksi | Pedoman Media Cyber | Privacy Policy | Disclaimer | Peta Situs