Dosen Sastra Indonesia Unja Berikan Pelatihan Menulis ke Siswa Secara Daring

Dosen Prodi Sastra Indonesia UNJA saat memberi pelatihan menulis kepada siswa SMAN 10 Kota Jambi secara daring. (doc/ist)
MERDEKAPOST.COM - Dosen Program Studi (Prodi) Sastra Indonesia, Universitas Jambi (Unja) melakukan pelatihan menulis kepada siswa SMA N 10 Kota Jambi secara daring.

Pelatihan menulis ini masuk dalam kegiatan PPM (Pengabdian kepada masyarakat).

Dosen yang mengikuti kegiatan PPM ini terdiri dari Dr Irma Suryani M.Pd, Sovia Wulandari S.S, M.Pd, Liza Septa Wilyanti S.Pd, M.Pd dan Dwi Raharyoso S.S, M.Pd.

Sovia Wulandari mengatakan, menulis merupakan salah satu keterampilan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Salah satu keterampilan menulis tersebut ialah keterampilan menulis karangan narasi.

“Tidak semua siswa mampu menulis karangan narasi dengan baik dan benar. Agar siswa terampil dalam menulis, maka diperlukan metode pembelajaran yang tepat,” kata Sovia kepada Jambiseru.com (media partner Merdekapost.com).

Dikatakan Sovia, pelatihan ini dilakukan secara daring melalui aplikasi belajar. Pelatihan secara daring ini dilakukan lantaran saat ini sedang Pandemi Covid-19 dan siswa pun belajar dari rumah.

“Pelatihan ini juga menyesuaikan dengan sistem belajar yang telah ditetapkan dari sekolah dan dinas Pendidikan Kota Jambi,” ujarnya.

Sovia menjelaskan, tujuan dari pelatihan menulis karangan narasi ini agar siswa terampil dalam menulis karangan narasi. Jika siswa terampil dalam menulis, maka siswa dapat mengekspresikan dirinya melalui tulisan.

Kata dia, menulis karangan narasi juga merupakan kreatifitas dalam bercerita. Materi tersebut yaitu mengenai konsep karangan narasi, jenis karangan narasi, dan langkah-langkah dalam menulis karangan narasi.

Materi yang diberikan ada yang dalam bentuk Slide powerpoint dan video belajar. Selain itu, materi juga dijelaskan langsung oleh dosen melalui diskusi dengan siswa di kelas Edmodo.

“Kemudian siswa diberikan tema menulis karangan narasi dengan tema Pandemi Covid-19,” imbuhnya.

Sementara, Wakil Kurikulum SMA N 10 Kota Jambi, Evi sangat menyambut baik kegiatan ini.

“Pihak sekolah merasa senang dengan adanya pelatihan menulis ini melalui daring. Dengan adanya pelatihan ini pihak sekolah berharap siswanya dapat termotivasi dan terampil dalam menulis,” tutupnya. (red)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar


Berita Terpopuler


Copyright © MERDEKAPOST.COM. All rights reserved.
Redaksi | Pedoman Media Cyber | Network | Disclaimer | Karir | Peta Situs