TNI AL Kerahkan Pesawat Patroli Maritim, Cari Sriwijaya Air di Permukaan Laut

TNI AL Kerahkan Pesawat Patroli Maritim, Cari Sriwijaya Air di Permukaan Laut, Pesawat CN 235 TNI AL yang digunakan untuk pencarian di permukaan. (Foto: Komando Armada 1)

Merdekapost.com - Pencarian dan evakuasi pesawat Sriwijaya Air SJ 182 masih terus berlanjut. TNI AL yang tergabung dalam tim SAR gabungan berfokus pada pencarian korban dan serpihan pesawat di permukaan laut.  

Mereka pun mengerahkan pesawat CN-235 MPA, yang merupakan pesawat patroli maritim yang dilengkapi dengan perangkat Forward Looking Infra Red (FLIR) Star Seafire 380HD. Pesawat juga dilengkapi dengan radar yang bisa mendeteksi benda-benda di permukaan air.  

Sementara itu, fokus dialihkan ke permukaan air karena kemungkinan korban dan serpihan pesawat dengan nomor penerbangan SJ 182 ini telah terbawa arus dan muncul ke permukaan. Lokasinya pun masih diperkirakan berada di sekitar Pulau Lancang dan Pulau Laki, Kepulauan Seribu.  

"Dengan kondisi arus yang terus berubah seperti yang ada di lokasi saat ini, ada kemungkinan serpihan-serpihan yang muncul di permukaan terbawa arus, sehingga diperlukan pengamatan dari udara untuk melakukan pendeteksian," kata Pangkoarmada I, Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid dalam keterangannya, Kamis (14/1). 

"Apabila ada temuan dan hal-hal yang perlu dipastikan, selanjutnya tim pengamat udara akan berkomunikasi dengan anggota SAR di permukaan untuk memastikan hasil pengamatan tersebut," imbuhnya. 

Pesawat yang digunakan TNI AL ini bermarkas di Lanudal Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur. Pesawat ini memang terlatih untuk mencari sasaran atau objek di atas permukaan air.  

Selama operasi SAR, pesawat diperkirakan akan terbang rendah dengan kecepatan yang rendah agar efektif mencari puing pesawat Sriwijaya Air SJ 182. (adz/kumparan)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar


Recent Posts

Copyright © MERDEKAPOST.COM. All rights reserved.
Redaksi | Pedoman Media Cyber | Privacy Policy | Disclaimer | Peta Situs