Dilantik Jadi Pj Gubernur Jambi, Siapakah Hari Nur Cahya Murni? Ini Profil Singkatnya

Merdekapost.com - Dilansir dari bangda.kemendagri.go.id, perempuan pertama yang ditugaskan sebagai Penjabat Gubernur Jambi ini bernama lengkap Dr. Hari Nur Cahya Murni, M.Si. Kini dia menjabat di posisi eselon I, sebagai Direktur Jendral pada Direktorat Jendral Bina Pembangunan Daerah Kemendagri RI.

Penunjukan Dirjen Bina Pembangunan Daerah ini bukan tanpa alasan. Dilansir dari berbagai sumber, perempuan kelahiran Kutoharjo, Jawa Tengah, ini punya banyak pengalaman.

Pada periode 2016 hingga 2019, dia pernah menjabat sebagai Direktur BUMD, BLUD, dan Barang Milik Daerah pada Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri.

Hari Nur Cahya Murni ini juga pernah menjabat sebagai Staf Ahli Mendagri Bidang Kemasyarakatan dan Hubungan Antar Lembaga. Amanah itu diembannya pada 1 Februari 2019 sampai dengan Juli 2020 lalu.

Kemudian terhitung 1 Juli 2020, Hari Nur Cahya Murni menjabat sebagai Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kemendagri hingga sekarang.

Perempuan kelahiran 30 Oktober 1961 ini memiliki pangkat terakhir sebagai pembina utama atau golongan IV/e.

Pendidikan terakhirnya dia selesaikan di Institur Pertanian Bogor (IPB) pada 2000 lalu. Dia menyelesaikan studi doktor (strata-3) pada Program Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan, dan lulus dengan predikat cum laude.

Sebelumnya, jenjang magister (strata-2) dia selesaikan pada program studi Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia pada 1995, dan sarjana (S-1) Ekonomi Manajemen di Universitas Lambung Mangkurat pada 1985.


Menjabat hingga Penetapan Gubernur Definitif

Dr Hari Nur Cahya Murni, M.Si akan menjabat sebagai Pj Gubernur Jambi hingga ditetapkannya pejabat definitif untuk Gubernur Jambi periode 2021-2024.

Untuk diketahui, saat ini sengketa Pilkada Jambi yang berlangsung pada Desember 2020 lalu masih dibahas di Mahkamah Konstitusi (MK).

Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Sudirman mengatakan, putusan MK akan disampaikan pada 19-24 Maret 2021 mendatang, dan pelantikan gubernur terpilih diperkirakan akan berlangsung pada April 2021.

Untuk itu, dia menyambut baik ketetapan pemerintah pusat dan akan mendukung Pj Gubernur Jambi dalam menjalankan roda pemerintahan nanti.

"Kami dari pemerintah daerah Provinsi Jambi menghormati dan menghargai apa yang telah ditetapkan oleh Presiden. Kami mendukung kehadiran ibu Pj Gubernur dalam rangka tetap berjalanya roda pemerintahan. Di samping itu juga bersama-sama menangani Covid-19 di Jambi," jelasnya.

Sebagai informasi, Kamis 18/02 Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Muhammad Tito Karnavian resmi melantik empat Penjabat (Pj) Gubernur. Selain Jambi, pelantikan Pj gubernur juga diperuntukkan pada Provinsi Sumatra Barat, Bengkulu, dan Kepulauan Riau.

Mereka yang dilantik, yaitu Hamdani sebagai Pj Gubenur Sumatera Barat, Robert Simbolon sebagai Pj Gubernur Bengkulu, Hari Nur Cahya Murni sebagai Pj Gubernur Jambi, dan Suhajar Diantoro sebagai Pj Gubernur Kepulauan Riau.(adz)


Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar


Recent Posts

Copyright © MERDEKAPOST.COM. All rights reserved.
Redaksi | Pedoman Media Cyber | Privacy Policy | Disclaimer | Peta Situs