Wakili Air Hangat Timur, Desa Simpang 4 STT Persiapkan Diri Ikuti Lomba Desa

Desa Simpang 4 STT Berhasil Mewakili Kecamatan AHT untuk mengikuti lomba desa tingkat Kabupaten Kerinci. (adz/ist)

Merdekapost.com, Kerinci - Desa-Desa di Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi dinilai mampu bersaing dengan desa-desa lainnya. Hal itu terbukti pada lomba desa tahun-tahun lalu, banyak Desa yang mampu meraih prestasi di ajang lomba desa tingkat Provinsi Jambi bersama ribuan desa lainnya.

Bahkan ada desa dikabupaten kerinci yang mampu memperoleh penghargaan Menteri Dalam Negeri pada kegiatan Pekan Inovasi Desa dan Kelurahan Tingkat Nasional di Provinsi Jambi.

Tak terlepas dari Prestasi Desa Simpang 4 Sungai Tutung Kecamatan Air Hangat Timur ini telah berprestasi dalam peningkatan PKK di Kecamatan Air Hangat Timur, ini menandakan bahwa desa-desa yang ada di kecamatan tersebut mampu bersaing dengan Desa-Desa lainnya di Kabupaten Kerinci dalam pelaksanaan lomba desa nantinya.

Hal Ini menjadi harapan bersama untuk dapat melanjutkan bahkan meningkatkan prestasi baik ini, tentunya hal ini membuat bangga masyarakat Desa Simpang 4 Sungai Tutung yang berhasil mewakili beberapa desa di kecamatan air hangat timur.

Kades Simpang Empat Sungai Tutung (Angga Sanjaya) berserta ibu kades saat dikonfirmasi media dikediamannya, mengungkapkan, ”allhamdulillah pada Lomba desa kali ini yang diikuti oleh setiap kecamatan se Kabupaten Kerinci, Desa Simpang Empat mewakili 25 Desa lainnya yg ada di kecamatan Air Hangat Timur". Ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh istri Kades selaku Ketua Tim PKK  Desa Simpang Empat mengatakan "Harapan kami mudah2an dengan tampil sebagai pemenang lomba desa tingkat kecamatan ini merupakan langkah awal bisa pula menang ditingkat kabupaten dan mewakili kabupaten ketingkat Provinsi nantinya, kita optimis untuk bisa mendapatkan hasil yang terbaik,"Ujarnya.

Lanjut Kades mengatakan "lomba Desa harus dijadikan momentum peningkatan efektivitas pelayanan pemerintahan serta kwalitas hasil-hasil pembangunan di desa. Melalui peningkatan kualitas sarana dan prarasana pemerintahan, pendidikan dan kesehatan serta peningkatan derajat perekonomian masyarakat".

“Lomba desa ini hakikatnya merupakan alat evaluasi untuk mengetahui tingkat perkembangan, kemandirian, keberlanjutan pembangunan, kesejahteraan masyarakat, serta daya saing desa, lomba desa bukan sekadar ajang adu gengsi dan seremonial antardesa. Namun guna mengetahui kemajuan yang telah dicapai dan pembenahan-pembenahan yang harus dilakukan di masa mendatang"

“Itu semua untuk mengasah kreativitas, menumbuhkan rasa memiliki, dan kepedulian terhadap kemajuan desa masing-masing". ungkap Kades Angga

Terkait pelaksanaan lomba desa tahun 2021 yang akan dimulai pertengahan bulan Maret 2021, persiapan yang dilaksanakan dari desa Simpang 4 Sungai Tutung ini adalah gambaran umum kondisi, potensi desa dan Juga keberhasilan pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Serta inovasi dan prestasi yang telah diraih oleh desa melalui pemaparan Kepala Desa serta ketua tim penggerak PKK Desa.

Pemaparan ini menjadi bahan penilaian tim penilai terkait kondisi desa sebelum melaksanakan pembuktian lapangan. Sekaligus juga sebagai ajang latih kemampuan komunikasi bagi kades dan ketua TP PKK desa sebagai persiapan penilaian diskusi ter arah pada lomba desa di tingkat Provinsi dan Nasional. (adz/sigerindo)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar


Recent Posts

Copyright © MERDEKAPOST.COM. All rights reserved.
Redaksi | Pedoman Media Cyber | Network | Disclaimer | Sejarah Kerinci | Peta Situs