Gubernur Al Haris Tegaskan Camat Ujung Tombak Pelayanan Publik

 

Merdekapost.com – Gubernur Jambi, Dr.H.Al Haris,S.Sos.,M.H., menegaskan pentingnya peran Camat sebagai ujung tombak pelayanan serta menjadi barometer kinerja penyelenggaraan pelayanan publik pada Pemerintah Kabupaten/Kota. Hal tersebut disampaikan Al Haris saat membuka Workshop  Peningkatan Kapasitas Camat Provinsi Jambi Tahun 2021, yang berlangsung di Aula BPSDM Provinsi Jambi, Senin (06/12/2021).

“Peran strategis inilah yang perlu terus didukung oleh seluruh stakeholder, termasuk oleh Pemerintah Provinsi Jambi melalui kebijakan - kebijakan yang mengakomodir peningkatan kapasitas para Camat untuk mampu melaksanakan tugasnya dengan baik, sehingga seluruh masyarakat Kecamatan di Provinsi Jambi dapat merasakan langsung dampak program pembangunan Pemerintah Provinsi Jambi,” ujar Al Haris.

“Peningkatan kapasitas Camat dapat dilakukan dengan menambah pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan roda pemerintahan Kecamatan. Peningkatan kapasitas Camat juga dapat dilakukan dengan memberikan (product knowledge) melalui pemberian pengetahuan dan pemahaman yang benar tentang program-program yang  akan dijalankan,” lanjut Al Haris.

Al Haris mengatakan, sumber daya aparatur mempunyai peran utama untuk menentukan keberhasilan pelaksanaan kegiatan organisasi pemerintah. Tanpa dukungan sumber daya aparatur yang handal, kegiatan organisasi pemerintah tidak akan berjalan dengan baik meskipun ada sarana dan prasarana serta sumber dana yang memadai. “Sumber daya yang paling penting bagi organisasi pemerintah adalah aparatur. Aparatur yang memberikan kerjanya, bakatnya, kreativitas, dan semangatnya kepada organisasi, dan memiliki kemauan untuk terus meningkatkan kapasitas diri agar dapat melaksanakan tugas dengan baik,” kata Al Haris.

Al Haris menjelaskan, program peningkatan kapasitas sumber daya aparatur pada organisasi pemerintah dapat didesain melalui berbagai cara, salah satunya melalui workshop seperti ini. “Melalui workshop ini, Pemerintah Provinsi Jambi memberikan pengetahuan dan wawasan tentang program-program pembangunan yang akan dilaksanakan khususnya di Kecamatan karena Kecamatan menjadi sasaran prioritas dalam pelaksanaan pembangunan, sehingga nantinya para Camat dapat memaksimalkan program pembangunan di wilayah Kecamatannya masing-masing,”jelas Al Haris.

Al Haris mengharapkan,  melalui workshop ini Para Camat dapat menjalankan program-program pembangunan Pemerintah Provinsi Jambi dengan baik, melalui; 1). Pemahaman akan visi, misi, dan arah pembangunan Provinsi Jambi, 2). Mampu mengkomunikasikan visi, misi, dan arah pembangunan Provinsi Jambi kepada seluruh jajarannya serta seluruh masyarakat di wilayahnya melalui pelaksanaan program-program yang akan diberikan, dan 3). Mampu menyatukan komitmen semua pihak sehingga dapat bersinergi guna keberhasilan pelaksanaan pembangunan.

“Kita mengharapkan kapasitas Camat semakin meningkat dalam melaksanakan tugas jabatan serta menambah wawasan dan cakrawala berpikir para Camat untuk menjadi pemimpin perubahan, pemimpin yang inovatif, pemimpin yang memiliki ide-ide kreatif dan brilian, yang selalu berpikir out of the box serta melakukan hal-hal yang luar biasa, maupun hal-hal yang biasa dengan cara yang luar biasa dalam penyelenggaraan pembangunan dan pelayanan publik di Kecamatan masing-masing,” harap Al Haris.

“Saya berpesan agar Saudara dapat mengikuti workshop ini dengan baik dan sungguh-sungguh guna tercapainya tujuan kegiatan workshop ini dan memberi manfaat dalam pelaksanaan pembangunan di Kecamatan yang pada akhirnya dapat ikut mensukseskan program dalam mendukung kegiatan Pembangunan Provinsi Jambi menuju Jambi MANTAP,” tutup Al Haris. (064)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

Copyright © MERDEKAPOST.COM. All rights reserved.
Redaksi | Pedoman Media Cyber | Network | Disclaimer | Sejarah Kerinci | Peta Situs