Kanwil Kemenag Jambi Serahkan Piagam Statistik Pondok Pesantren

 

Penyerahan piagam statistik Pondok Pesantren oleh Kanwil Kemenag Jambi. Foto: Merdekapost.com

Merdekapost.com - Pelaksana Tugas Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Pendididkan Agama Islam, Amiruddin didampingi Kasi Pondok Pesantren dan Ma’had Aly, H. Mujahid Al Muhtarom menyerahkan Piagam Statistik Pondok Pesantren untuk Kabupaten Muaro Jambi dan Kota Jambi yang izin operasionalnya telah terbit sebelum tahun 2020 di aula Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi, Rabu (29/12/2021).

Penyerahan Piagam tersebut dilaksanakan dalam kegiatan Rapat pertemuan evaluasi Program dan Proyeksi Program Pondok Pesantren 2022, dihadiri oleh 100 orang peserta terdiri dari operator dan pengurus pondok pesantren dari Kabupaten Muaro Jambi dan Kota Jambi. Pertemuan ini digelar untuk memperkuat administrasi pada Pondok Pesantren.

Baca Juga: Gubernur Al Haris Tegaskan Komitmen Pemprov Jambi Atasi Konflik Lahan

“Dilini apapun, Pondok Pesantren harus terdepan, buat program pendidikan, jangan tanggung-tanggung, jika spesialis pondok pesantrennya kitab kuning, jadilah pondok pesantren yang mampu mencetak ahli kitab kuning, yang betul betul menguasai fasih, faham dan mampu memancing rasa ingin tahu dan ketertarikan orang lain untuk mau belajar kitab kuning di Pondok tersebut,” ujar Mujahid.

Mujahid menjelaskan, pondok pesantren harus terus meningkatkan metode pembelajaran untuk menghasilkan SDM yang berkualitas, memiliki spesifikasi di bidang tertentu, juga ijazah sehingga lulusan Pondok Pesantren memiliki daya saing yang diperhitungkan baik untuk melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi ataupun jika bekerja dapat diapresiasi lebih tinggi oleh negara.

Plt.Kabid PAKIS, Amiruddin berharap agar pendataan (EMIS) harus diprioritaskan, para operator/pejuang data harus lebih meningkatkan kompetensi, karena banyak program pemerintah untuk memajukan Pondok Pesantren berdasarkan data yang tersedia.

Baca Juga: Wako Ahmadi Buka Sosiasilasi Perempuan Dalam Organisasi dan Rumah Tangga

"Verifikasi data EMIS menentukan banyak hal untuk itu agar dapat lebih fokus dalam menyugguhkan data yang berkualitas, agar tertib administrasi kita. Dan jika ada bantuan lebih mudah di aktualisasikan dengan cepat dan tepat sasaran," ujarnya.

"Mari kita bangun image Pondok Pesantren yang tidak hanya sebagai wadah untuk menimba ilmu agama, tetapi juga bidang keilmuan umum dengan tempat yang bersih, nyaman dan terdepan dalam prestasi," serunya. (064)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar


Berita Terpopuler


Copyright © MERDEKAPOST.COM. All rights reserved.
Redaksi | Pedoman Media Cyber | Network | Disclaimer | Karir | Peta Situs