Rakor Kades Se-Provinsi Jambi, Gubernur Al Haris Tekankan Ini

 

Gubernur Al Haris buka Rakor Kades Se-Provinsi Jambi di Sungai Penuh. Foto: Ist

Merdekapost.com - Bertempat di DEJ Convention Hall di Kota Sungai Penuh, Pemerintah Provinsi Jambi menggelar rapat koordinasi penguatan kelembagaan desa Se-Provinsi Jambi tahun 2023, pada selasa pagi (28/2/2023).


Kegiatan yang mengambil tema, memantapkan strategi guna mempercepat pembangunan desa ini, langsung dibuka oleh Gubernur Jambi, Al Haris yang dihadiri lebih dari 700 Kadea dari empat Kabupten/kota Jambi wilayah barat. Yakni, Kota Sungai penuh, Kabupaten Kerinci, Kabupaten Merangin dan Kabupaten Sarolangun.


Tampak hadir, Anggota DPR RI Komisi V, H. Bakri, Walikota Sungai Penuh Ahmad Zubir, Anggota DPRD Provinsi, Lembaga Adat Melayu Provinsi Jambi, Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia Provinsi Jambi dan lainnya.


Dalam sambutannya, Gubernur Al Haris meminta para Kades untuk mengoptimalkan penggunaan dana desa yang diberikan oleh pemerintah, baik dari pusat, provinsi dan kabupaten/kota.


Dimana di tahun 2023 ini, Pemerintah Provinsi Jambi mengucurkan dana dengan jumlah 1.414 Desa Se-Provinsi, Bantuan Keuangan Bersifat Khusus (BKBK) sebesar Rp.141.400,000,000.

"Untuk memajukan desa, kita (Pemprov Jambi) juga memberikan dana BKBK ke desa sebesar seratus juta setiap desa. Saya berharap dana tersebut dipergunakan untuk kemaslahatan masyarakat desa," jelas Gubernur Al Haris.


Gubernur Al Haris juga menyampaikan 7 pesan presiden saat membuka rakernas Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Kalimantan. Yaitu, peningkatan konsumsi dan belanja masyarakat, hilirisasi produk,ketersediaan pangan, belanja produk dalam negeri, peningkatan iklim investasi, penurunan stunting dan masa depan tenaga honorer.


"Disini saya juga ingin menyampaikan tujuh pesan Bapak Presiden saat membuka Rakornas APPSI di Kalimantan beberapa waktu lalu. Dimana Beliau menekankan agar kita meningkatkan konsumsi dan belanja masyarakat, agar terjadi pertukaran uang di daerah kita sendiri. Selain itu juga kita diminta menjaga ketersediaan pangan, belanja produk lokal," kata Gubernur Al Haris.


Soal stunting Gubernur Al Haris meminta Kepala Desa berperan aktif dalam upaya penurunan angka stunting di daerah masing-masing.


"Stunting juga persoalan serius yang harus kita berantas bersama-sama, saya minta bapak ibu kades untuk menekan angka stunting di daerah bapak ibu masing-masing," tegasnya.


Wali Kota Sungai Penuh, Ahmad Zubir, mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Jambi karena telah dipercaya menjadi tuan rumah rakor kades empat desa Jambi wilayah barat.


"Kami merasa bahagia dan bangga sekali karena ditunjuk sebagai tuan rumah oleh pemerintah Provinsi Jambi, ini merupakan sebuah kehormatan bagi kami kota Sungai Penuh," kata Ahmadi Zubir. (064)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar









Berita Terpopuler

Copyright © MERDEKAPOST.COM. All rights reserved.
Redaksi | Pedoman Media Cyber | Network | Disclaimer | Karir | Peta Situs