Empat Calon DPD dari Kerinci, Harus Curi Suara Petahana dan Bergerak Keluar Daerah

4 Calon DPD RI 2024 asal Kerinci, Sabat Nase Indallah Jais, Heri Kusnadi, Hamid, Erwan. (ist)

KERINCI – Pada Pesta Demokrasi yang dijadwalkan pada 14 Februari tahun 2024 mendatang, akan memilih Calon Presiden, DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kab/kota. Dalam kontestasi ini Sejumlah Putra Daerah asal Kerinci dan Sungai Penuh pun tidak ketinggalan menjadi kontestan.

Selain Calon DPR dan DPRD, seperti Calon DPD RI pada Pemilu tahun 2024 mendatang, Kerinci dan Sungai Penuh, akan ambil bagian untuk menjadi kontestan, menuju ke Senayan.

Pada Pemilu tahun 2019 lalu, Kerinci dan Sungai Penuh, banyak figur yang belum Percaya Diri untuk maju sebagai Calon DPD RI dari Daerah Pemilihan Jambi. Hal itu dilihat hanya Satu orang tokoh muda yang maju untuk DPD RI yakni Azim Antoni. Dia pun berhasil berada pada peringkat 7 perolehan suara dari total calon 20 orang dengan perolehan suara 76.100 suara

Pada Pemilu 2024 mendatang ada Empat orang putra dari Kerinci dan Sungai Penuh, yang akan ikut kompetisi Pemilu Lima tahunan ini, yakni Erwan nomor urut 5, Hamid nomor urut 6, Heri Kusnadi nomor urut 7 dan Sabat Nase Indallah Jais nomor urut 17.

Erwan
Erwan adalah berasal dari Siulak merupakan latar belakang dari Birokrat yang pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) pernah menjabat sebagai Ketua Bappeda Kerinci dan jabatan terakhir yang diembannya adalah staf Ahli dari Bupati Kerinci Adirozal dan wakil Bupati Ami Taher.

Hamid


Hamid, berasal dari Kumun, yang merupakan putra daerah terbaik dari Kumun Debai, Sungai Penuh. Dirinya juga merupakan Birokrat yang pensiunan PNS dengan jabatan terkait kepala Badan Kesbangpol Sungai Penuh. Dirinya juga terbilang cukup berani untuk maju membawa aspirasi rakyat ke Senayan lewat jalur DPD RI.

Kemudian Heri Kusnadi, adalah tokoh muda yang memiliki banyak Basis potensi mulai dari Milenial, hingga ke daerah kabupaten Merangin dan kabupaten Kerinci dan Sungai Penuh.

Dimana infomasi yang berhasil dihimpun, Heri Kusnadi orang tua atau ayahnya berasal dari kabupaten Merangin sedang ibunya berasal dari Desa Air Hangat Kecamatan Air Hangat Timur Kerinci. Saat ini Heri Kusnadi menikah dengan warga kecamatan Tanah Kampung, Sungai Penuh.

Tokoh muda Tiga Daerah ini pun, merupakan kader Muhammadiyah, yang saat ini menjabat sebagai ketua PD Pemuda Muhammadiyah Provinsi Jambi.


Terakhir Calon DPD RI asal Kerinci Sabat Nase Indallah Jais, asal Semerap, kecamatan Danau Kerinci Barat, Kerinci, saat tinggal di kota Jambi. Dirinya merupakan calon dari Milenial, yang juga merupakan Adik Kandung dari Azim Antoni Calon DPD RI asal Kerinci pada Pemilu 2019 lalu.

Analisa Pengamat:

Dalam provinsi Jambi jika dihitung jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang telah ditetapkan KPU Provinsi Jambi tahun 2023, Kerinci masuk dalam daerah terkecil urutan Tiga dengan jumlah 197.657 pemilih, sedangkan Sungai Penuh urutan pertama DPT terkecil dari 10 kab/kota dalam provinsi Jambi dengan jumlah 72.598 pemilih.

Jika dilihat dari jumlah DPT yang telah ditetapkan KPU, jika Calon DPD RI asal Kerinci dan Sungai Penuh ini ingin menang pada Pemilu nantinya maka mereka harus bergerak keluar atau ke Kabupaten/kota lainnya, karena tidak cukup hanya mengandalkan suara Kerinci dan Sungai Penuh. Nantinya tentu akan menjadi rebutan dari calon lain.

“Tidak mungkin, Calon yang diluar Kerinci dan Sungai Penuh, tidak masuk, seperti ada Incumbent M Syukur, Elviana, Edi Endra, itu tentu akan memecah suara untuk calon dari Kerinci dan Sungai Penuh,”ungkap Yudi salah seorang Pemerhati Politik Kerinci.

Menurutnya, Calon DPD RI asal Kerinci dan Sungai Penuh, harus bisa keluar untuk menambah suara, karena tidak cukup hanya mengandalkan suara kedaerahan.

“Jika ingin menang, harus keluar cari tambah suara diluar seperti manfaatkan warga Kerinci yang ada diluar, HKK seperti di Kota Jambi, Muaro Jambi dan beberapa daerah lainnya di Jambi,”tuturnya.(adz)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar





Berita Terpopuler

Copyright © MERDEKAPOST.COM. All rights reserved.
Redaksi | Pedoman Media Cyber | Network | Disclaimer | Karir | Peta Situs