Prabowo-Gibran Bakal Gelar Deklarasi Senin 23 Oktober di JCC

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat bertemu di Solo, Sabtu (22/4/2023).  Foto: ANTARA

MERDEKAPOST.COM - Prabowo Subianto dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) menjadi satu-satunya capres yang belum mendeklarasikan cawapresnya dan mendaftarkan diri di . Namun, menurut informasi yang diterima kumparan pada Minggu (22/10), Prabowo sudah memutuskan bakal menggandeng Wali Kota Solo,  Rakabuming Raka.

Deklarasi Prabowo-Gibran ini, menurut sumber yang merupakan orang terdekat Prabowo, bakal digelar pada Senin (23/10) besok di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan. Namun belum ada informasi terkait jam berapa deklarasi ini akan digelar.

"Deklarasi ini akan melibatkan massa dari parpol koalisi KIM," kata sumber tersebut.

Jika deklarasi ini digelar, Gibran akan menjadi cawapres termuda dengan usia 35 tahun. Ia bisa ikut berkompetisi di Pilpres 2024 setelah Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan gugatan terkait penambahan frasa dalam aturan batas usia capres-cawapres.

Gibran Rakabuming Raka hadir di Rapimnas Partai Golkar, Jakarta, Sabtu (21/20/2023). Foto: kumparan

Sebelumnya, kandidat capres-cawapres harus sudah berusia 40 tahun atau lebih. Namun sekarang, setelah putusan MK, siapa pun yang berusia di bawah 40 tahun tetap bisa mendaftarkan diri di pilpres asalkan pernah atau sedang menjabat sebagai kepala daerah.

Gibran yang merupakan Wali Kota Solo itu sebelumnya merupakan kader PDIP. Namun pada Sabtu (21/10), Gibran dikabarkan sudah berpamitan ke pimpinan PDIP. 

Kabar ini memang belum dikonfirmasi oleh pihak PDIP. Meski demikian, di hari yang sama, Golkar mendeklarasikan Gibran sebagai cawapres Prabowo. Gibran datang dalam acara tersebut. Ia bahkan datang menyambangi para pendukungnya sebagai cawapres di Tugu Proklamasi.

Belum diketahui kapan Prabowo bakal mendaftarkan diri di KPU. Tapi ia masih punya waktu hingga tiga hari ke depan, atau hingga masa pendaftaran capres-cawapres ditutup pada 25 Oktober 2023.(*)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar


Berita Terpopuler


Copyright © MERDEKAPOST.COM. All rights reserved.
Redaksi | Pedoman Media Cyber | Network | Disclaimer | Karir | Peta Situs