7 Penyakit Yang Sering Terjadi Saat Puasa

Penyakit Yang Sering Terjadi Saat Puasa
7 (Tujuh) Penyakit Yang Sering Terjadi Saat Puasa - Banyak sudah fakta ilmiah tentang manfaat puasa bagi kesehatan. Manfaat itu akan didapatkan jika puasa dilakukan dengan cara yang benar. Jika tidak, akan menimbulkan penyakit. Ini dia:

1. Diare dan Sakit Perut

Penyakit ini biasanya datang pada minggu pertama melakukan puasa Ramadhan akibat penerapan pola makan yang salah saat berbuka dan sahur. Solusinya adalah, mengurangi makanan bersantan, gorengan, makanan pedas, minuman manis serta minuman dingin.

2. Tekanan Darah Rendah
Gejalanya adalah keringat berlebihan, lemas, lesu, kurang tenaga, pusing, muka pucat, dan serasa akan pingsan. Untuk mengatasinya, perbanyak minum dan garam dimalam hari dan memperbanyak istirahat di sore hari.

3. Kepala Pusing
Pusing saat puasa disebabkan oleh kurang tidur dan rasa lapar karena tubuh belum mampu beradaptasi dengan pola puasa.

4. Kram Otot
Kram otot disebabkan minimnya asupan kalsium, magnesium dan potasium. Cara mengatasinya adalah dengan makan makanan kaya mineral seperti pisang, apel dan buah-buahan lainnya.

5. Gula Darah Rendah
Gejala yang biasanya dirasakan adalah lemas, pusing, lelah, sulit berkonsentrasi, berkeringat dingin, gemetar dan kurang tenaga. Untuk mencegahnya, makanlah makanan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi dan kurangi makanan dan minuman yang manis di saat sahur.

6. Sambelit
Ini adalah gejala sulit air besar yang biasanya disebabkan oleh kurang makanan berserat dan kurang minum. Obatnya adalah memakan makanan kaya serat dan banyak minum.

7. Perut Kembung
Perut kembung diakibatkan oleh terlalu banyaknya memakan makanan yang berlemak dan bergas seperti telur, gubis dan coca cola.

Nah, itulah 8 Penyakit Yang Sering Terjadi Saat Puasa semoga bermanfaat.

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar









Berita Terpopuler

Copyright © MERDEKAPOST.COM. All rights reserved.
Redaksi | Pedoman Media Cyber | Network | Disclaimer | Karir | Peta Situs