Riza Patria Unggul Telak atas Nurmansyah Pemilihan Wagub DKI

Riza Patria Unggul Telak atas Nurmansyah Pemilihan Wagub DKI Ketua DPP Gerindra Ahmad Riza Patria. (ald/CNN)
Jakarta, Merdekapost.COM -- Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria mengungguli pesaingnya politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Nurmansyah Lubis dalam pemilihan wakil gubernur (wagub) DKI Jakarta sisa masa jabatan 2017-2022. Pemilihan wagub pendamping Gubernur DKI Anies Baswedan dilakukan DPRD DKI Jakarta di tengah darurat penanganan pandemi virus corona (Covid-19), Senin (6/4).

Sembilan fraksi di DPRD DKI, yakni PDI-Perjuangan, Gerindra, PKS, Partai Amanat Nasional (PAN), PSI, NasDem, Demokrat, Golkar, Fraksi PKB-PPP telah memberikan suaranya. Hadir 100 anggota DPRD Jakarta dalam pemilihan kali ini.

Pemilihan wakil gubernur DKI ini sempat tertunda sejak tahun lalu. Partai pengusung Anies-Sandiaga pada Pilkada Jakarta 2017, Gerindra dan PKS tarik-ulur terkait calon yang diusung menggantikan Sandiaga.

Awalnya, PKS yakin mendapat jatah kursi wagub DKI sesuai dengan kesepakatan mendukung Prabowo Subianto dalam Pilpres 2019. Namun demikian, dua nama yang diusung PKS, Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu menemui jalan buntu.

Setelah alot, Gerindra dan PKS akhirnya sepakat masing-masing mengusulkan satu nama untuk mengikuti pemilihan wagub DKI. Riza kini tinggal ditetapkan sebagai wakil gubernur DKI mendampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Ahmad Riza Patria, Wagub DKI Terpilih Berharta Rp19 Miliar

Ahmad Riza Patria, Wagub DKI Terpilih Berharta Rp19 Miliar Wagub DKI terpilih Ahmad Riza Patria. (CNN Indonesia/ Bisma Septalisma)

Berdasarkan laman Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang diakses melalui https://elhkpn.kpk.go.id/ pada Senin (6/4), politikus Partai Gerindra itu tercatat memiliki harta kekayaan senilai Rp19.055.129.328.

Harta itu dilaporkan pada 27 Februari 2020 untuk periode 2019, karena saat itu ia terpilih sebagai anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra periode 2019-2024.

Berdasarkan laporan tersebut, Riza memiliki harta bergerak, yakni tiga kendaraan bermotor; Toyota Vellfire tahun 2011, Honda Freed tahun 2015, dan Toyota Innova tahun 2018. Nilai ketiga kendaraan itu mencapai Rp805 juta.

Harta bergerak lainnya yang dilaporkan yakni senilai Rp283.237.600. Riza tercatat tak memiliki surat berharga, namun kas atau setara kas lainnya mencapai Rp436.891.728, dan harta lainnya sebesar Rp330 juta.

Sementara itu, untuk harta tidak bergerak, Riza tercatat memiliki empat bidang tanah dan bagunan yang tersebar di Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, dan Tangerang senilai Rp 17.200.000.000.

Riza terpilih sebagai wakil Anies Baswedan dalam sidang paripurna DPRD DKI Jarta yang digelar pada Senin (6/4) di Gedung DPRD Jakarta, Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Sembilan fraksi di DPRD DKI, yakni PDI-Perjuangan, Gerindra, PKS, Partai Amanat Nasional (PAN), PSI, NasDem, Demokrat, Golkar, Fraksi PKB-PPP telah memberikan suaranya.

Berdasarkan hasil pemilihan, Riza memperoleh 81 suara, unggul telak dari Nurmansyah yang hanya memperoleh 17 suara. Sementara, 2 suara tercatat tidak sah. Total 100 anggota DPRD DKI hadir dalam pemilihan tersebut.

Riza langsung ditetapkan sebagai wakil gubernur DKI menggantikan Sandiaga Uno yang mundur pada tahun 2018 untuk mengikuti Pilpres 2019. (ald/CNN)

Related Posts

0 Comments:

Post a Comment


Recent Posts

Copyright © MERDEKAPOST.COM. All rights reserved.
Redaksi | Pedoman Media Cyber | Privacy Policy | Disclaimer | Peta Situs