Membaik, 13 Provinsi Kasus Sembuh Covid-19 Lebih Tinggi dari Kasus Baru

Penumpang dengan berjaga jarak duduk di kereta MRT tujuan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Rabu (27/5/2020). Presiden Joko Widodo menginstruksikan Panglima TNI untuk mengerahkan personelnya dalam menertibkan masyarakat selama pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar ( PSBB) untuk memutus mata rantai penularan Covid-19. (Foto: KOMPAS.com) 
MERDEKAPOST.COM - Memasuki bulan ke-4 bencana non alam Covid-19 terjadi, kasus pasien yang terinfeksi selalu berkembang setiap harinya. Angka-angka kasus baru kesembuhan, dan kematian terangkum dalam data yang dimiliki oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang setiap hari diperbarui dan dipublikasikan.

BerdasarkaN data Jumat (5/6/2020), terdapat 13 wilayah provinsi yang mencatatkan angka kesembuhan lebih tinggi dibanding angka temuan kasus baru didaerahnya.

Baca Juga: Drastis! 519 Pasien Covid-19 di Surabaya Sembuh dalam 5 Hari, Ini Rahasia Risma

Provinsi-provinsi tersebut adalah sebagai berikut:

1. Banten 
Kasus sembuh: 45
Kasus baru: 24

2. DKI Jakarta  
Kasus sembuh: 144
Kasus baru: 76

3.Jawa Barat 
Kasus sembuh: 45
Kasus baru:12

4. Kalimantan Barat 
Kasus sembuh:15
Kasus baru: 3

5. Kalimantan Utara 
Kasus sembuh: 5
Kasus baru: 2

6. Sumatera Barat 
Kasus sembuh: 21
Kasus baru: 13

7. Sulawesi Tenggara 
Kasus sembuh: 9
Kasus baru: 5

8. Sulawesi Tengah 
Kasus sembuh: 8
Kasus baru: 7

9. Lampung 
Kasus sembuh: 6
Kasus baru: 1

10. Riau 
Kasus sembuh: 1
Kasus baru: 0

11. Papua Barat 
Kasus sembuh: 17
Kasus baru: 2

12. Sulawesi Barat 
Kasus sembuh: 1
Kasus baru: 0

13. Gorontalo  
Kasus sembuh: 3
Kasus baru: 0

Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Achmad Yurianto dalam keterangan persnya mengaku bersyukur dengan sejumlah provinsi mencatatkan lebih banyak pasien sembuh dibandingkan kasus infeksi. 

"Ini yang harus kita syukuri, bahwa sekarang semakin cenderung banyak yang semua semakin sembuh," kata Yuri dalam konferensi pers, Jumat (5/6/2020) sebagaimana diterima Kompas.com. Angka kesembuhan di suatu wilayah yang lebih tinggi dari kasus baru yang ditemukan, menurut Yuri merupakan sebuah gambaran kebanyakan masyarakat sudah semakin sadar dan melaksanakan pentingnya upaya pencegahan Covid-19.

"Kita telah melihar tentang disiplin masyarakat untuk mencuci tangan dengan menggunakan sabu dengan air yang mengalir. Kita suda mulai melihat banyak sekali masyarakat yang menegur orang lain apabila tidak menggunakan masker di luar rumah," sebutnya.

Secara nasional Yuri menyebutkan angka postif Covid-19 di Indonesia bertambah 703 kasus menjadi 29.521 kasus. Kemudian kasus sembuh bertambah 551 kasus menjadi total 9.443 kasus, dan terakhir angka kasus meninggal bertambah relatif jauh lebih rendah, yakni 49 kasus menajadi keseluruhan 1.770 kasus secara kumulatif.)*

Sumber: KOMPAS.com | Penulis: Ari Anggara| Editor: Herizaldi | Merdekapost.com

Related Posts

0 Comments:

Post a Comment


Recent Posts

Copyright © MERDEKAPOST.COM. All rights reserved.
Redaksi | Pedoman Media Cyber | Privacy Policy | Disclaimer | Peta Situs