Sekda Sudirman Buka Rakor Program Pembangunan Kepemudaan dan Keolahragaan



Merdekapost.comSekretaris Daerah Provinsi Jambi H.Sudirman SH,MH membuka secara resmi Rapat Koordinasi Program Pembangunan Kepemudaan dan Keolahragaan Provinsi Jambi, Rabu (24/2/2021) bertempat di hotel Shang Ratu.

Hadir pada kesempatan tersebut, Perwakilan dari Kementerian Kepemudaan dan Olahraga RI, Plt. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jambi, Ronaldi, Para Kepala Dinas yang membidangi Kepemudaan dan Keolahragaan di kabupaten dan kota se Provinsi Jambi, OPD lingkup Pemerintah Provinsi Jambi , para peserta Rakor dan undangan.

Disampaikan Sekda bahwa pembangunan kepemudaan dan keolahragaan merupakan bagian integral dari pembangunan nasional dengan tujuan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui bidang kepemudaan dan keolahragaan. Sejarah telah membuktikan kiprah pemuda sejak zaman perjuangan untuk mencapai kemerdekaan hingga sekarang di masa pembangunan. Demikian pula dengan olahraga, sangat berperan dalam upaya meningkatkan kesehatan, kekebalan (imun), dan kebugaran tubuh, yang mendukung terwujudnya sumber daya manusia yang memiliki daya saing yang handal.

“Sesuai dengan amanat UU Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan, sasaran pembangunan bidang kepemudaan adalah pemuda yang berusia 16 s/d 30 tahun. Pada usia yang sangat produktif ini perlu mendapat perhatian dan pembinaan, agar mereka dapat memberikan sumbangsih terhadap pembangunan bangsa, sehingga bonus demografi yang akan terjadi dapat dimanfaatkan maksimal, bukan malah sebaliknya menjadi ’bencana demografi’ jika tidak dikelola dengan terencana. Untuk itu diperlukan program yang terarah dan terpadu, terutama yang menyangkut keterampilan supaya pemuda dapat bersaing di pasar kerja, sehingga memperoleh pekerjaan yang layak,” ujar Sekda.

Selanjutnya, hal yang tidak kalah pentingnya dalam pembangunan kepemudaan, adalah upaya untuk menumbuhkan dan memupuk kepedulian dan nasionalisme serta wawasan kebangsaan di kalangan generasi muda, sehingga para pemuda mendukung terpeliharanya kerukunan, kemanan, kedamaian dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Pembangunan keolahragaan memerlukan upaya membangun pemahaman masyarakat tentang fungsi dan peranan olahraga bagi kehidupan, yakni sebagai sarana untuk meningkatkan kebugaran, prestasi, kesehatan, perekat persatuan dan kesatuan bangsa, serta promosi dan sarana menjalin persahabatan antar bangsa. Jika fungsi dan peranan olahraga tersebut telah dipahami masyarakat, maka kepedulian, partisipasi, dan apresiasi masyarakat terhadap kegiatan olahraga akan semakin tinggi. Ini merupakan salah satu kriteria ukuran keberhasilan pembangunan bidang keolahragaan,” katanya.

Sekda juga menyambut baik diselenggarakannya Rapat Koordinasi Program Pembangunan Kepemudaan dan Keolahragaan Provinsi Jambi ini.

“Saya berharap melalui rakor ini sinergi dan sinkronisasi perencanaan, pembiayaan, sumber daya manusia, dan kerja sama antara kabupaten, provinsi dan pusat dalam upaya pembangunan kepemudaan dan keolahragaan di Provinsi Jambi ditingkatkan. Selain itu, saya juga mendorong perlunya upaya peningkatan partisipasi dari dunia usaha dan masyarakat dalam pembangunan kepemudaan dan keolahragaan, diantaranya dalam pembangunan fasilitas olahraga, baik fasilitas bersifat fisik maupun non fisik, yang sangat berpengaruh pada minat dan partisipasi masyarakat dalam berolahraga, yang pada akhirnya akan berpengaruh pada prestasi dalam bidang olahraga,” ujarnya.

Sekda juga berpesan kepada para peserta rakor agar memanfaatkan kesempatan ini dengan sungguh-sungguh. Berikanlah masukan dan saran konstruktif serta ide-ide cerdas, sehingga rakor ini menghasilkan rumusan yang berarti bagi peningkatan kualitas pembangunan bidang kepemudaan dan keolahragaan Provinsi Jambi. (064)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

Copyright © MERDEKAPOST.COM. All rights reserved.
Redaksi | Pedoman Media Cyber | Network | Disclaimer | Sejarah Kerinci | Peta Situs