Mau Tau? Masakan Populer khas Kerinci yang Melegenda, Ini Dia Gulai Ikan Semah dari Kerinci

Mengenal Gulai Ikan Semah, Lauk Populer dari Kerinci yang melegenda. (Ist) 

Merdekapost.com | Jambi - Kuliner Indonesia mengenal jenis ikan yang beragam, mulai dari ikan laut hingga ikan dari air tawar seperti ikan mas dan ikan nila. Keduanya telah menjadi menu wajib di berbagai restoran tradisional Indonesia.

Ada satu jenis ikan air tawar yang langka, tidak umum dikenal publik namun memiliki citarasa yang diklaim super nikmat. Namanya adalah ikan semah atau ikan mahseer.

Mengenal Ikan Semah yang Melegenda

Ikan semah umumnya hidup di perairan Kalimantan dan sungai arus deras Batang Merangin di kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, di Pulau Sumatera. Ikan semah sendiri mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk pertumbuhan dan memberi nutrisi otak manusia.

Ikan ini kini sangat langka, agak susah mencari nya. Ikan semah biasanya hidup di arah ke hulu air yang jernih, beraliran deras di pegunungan atau dataran tinggi seperti Kerinci, Bungo, Merangin, Sarolangun dan lain-lain. Untuk jambi hilir sangat susah di temukan, bahkan nyaris tidak ada. Harga nya-pun per 1kg kisaran 200 hingga 500 ribu Rupiah di pasar domestik (lokal).

Baca Juga: Al Haris Promosikan Wisata dan Produk Jambi Pada Menteri Sandiaga Uno

Selain di pasar domestik, ikan semah juga menjadi primadona di pasar ekspor dan dijual dengan harga Rp 3 sampai Rp 5 juta per kilogram.

Nama lain ikan ini adalah kancra (Sunda), tambra (Jawa), sapan (Kalimantan), ikan batak atau curong (bahasa Toba), kelah (malaysia) atau mahseer.

Nama "semah" populer dipakai di Sumatra bagian tengah hingga ke selatan. dan ikan semah ini dapat mencapai panjang sekitar satu meter.

Selain untuk menutrisi otak dan pertumbuhan, ikan semah juga diyakini mampu meningkatkan selera makan dan meningkatkan imunitas. 

Sayangnya, masa pertumbuhan ikan semah butuh waktu bertahun-tahun. Hal itu membuat ikan semah sulit untuk dibudidaya secara swadaya seperti ikan air tawar pada umumnya. Ciri khas lain ikan semah adalah sisiknya yang garing dan gurih juga dapat disantap, bahkan menjadi bagian favorit berbagai kalangan.

Pada masa lalu, ikan ini hanya dapat disajikan bagi kaum priyayi dan jamuan bagi bangsawan yang datang ke wilayah Kerinci. Menurut pemilik Haza Resto and Cafe, Zainal Abidin, ikan semah sangat unik dan sangat sulit didapatkan. Nelayan tradisional yang ingin mendapat ikan semah harus menyelam di saat malam dengan menggunakan tombak atau alat khusus.

Gulai ikan semah. (ist)

"Saat saya masih aktif menjadi Wakil Bupati (Kerinci), setiap tamu yang datang atau pejabat luar yang datang selalu meminta saya menyiapkan ikan semah, karna ikan ini hanya bisa di dapatkan di Kerinci dan rasanya sangat enak apalagi rasa sisik ikannya yang sangat gurih, sedangkan biasanya ikan lain sisiknya tidak dimakan," kata Zainal dikutip merdekapost.com, Selasa (8/3/2022).

"Sisi lainnya, ikan ini juga menyelamatkan perekonomian masyarakat di sekitar Danau Kerinci dan Sungai Batang Merangin. Ikan ini adalah ujung tombak perekonomian masyarakat Kerinci khususnya di daerah tersebut," tambahnya.

Melihat peluang tersebut, Zainal dengan restoran yang dibuatnya, menghadirkan pengalaman menyantap menu gulai ikan semah yang legendaris di Haza Resto and Cafe.

Restoran yang terletak di Jalan H. Bisri Kota Jambi (Depan kuburan cina arah simpang rimbo-red) itu menghadirkan menu gulai ikan semah yang dimasak dengan racikan bumbu seperti cabai rawit, garam, jahe, laos, bawang merah dan bawang putih, serta santan kelapa khas Kerinci.

"Harga setiap satu porsi gulai ikan semah dibanderol seharga Rp36.000 per 100 gram". ujarnya.

"Haza Resto and Cafe ini sengaja kami buka di kota Jambi, agar masyarakat jambi juga bisa menikmati ikan endemik ini tanpa perlu menempuh perjalanan darat 8 sampai 10 jam ke Kerinci," pungkasnya.

(hza | merdekapost.com)

Jadi, guysssss....

Pernah kah anda menyantap gulai ikan semah? kalo belum??? rugi!! kulitnya aja enak... 

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar





Berita Terpopuler

Copyright © MERDEKAPOST.COM. All rights reserved.
Redaksi | Pedoman Media Cyber | Network | Disclaimer | Karir | Peta Situs