Sidang Isbat Awal 1 Ramadhan Digelar Hari Ini, Amati Hilal di 101 Titik

 

Merdekapost.com - Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia menggelar Sidang Isbat untuk menentukan awal bulan Ramadhan 1443 Hijriah pada hari ini, jumat (01/04/2022) Hilal dipantau melalui 101 titik di Indonesia.

Karena masih dalam kondisi pandemi, maka sidang isbat akan dilakukan secara offline dan online.

Sidang isbat secara langsung akan dilaksanakan di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, Jakarta Pusat.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag, Adib menjelaskan digelarnya sidang isbat berdasarkan hasil Fatwa MUI Nomor 2 tahun 2004.

Dalam sidang Isbat ini, pihak kemenag juga akan melibatkan duta besar negara sahabat, serta perwakilan ormas Islam, kemudian perwakilan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"Kami juga mengundang pimpinan MUI dan Komisi VIII DPR RI untuk hadir dalam sidang," ujar Adib.

Pelaksanaan sidang isbat dibagi menjadi tiga tahapan. sebagai berikut:

1. Pada tahap pertama, Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag akan memberikan pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1443 H berdasarkan hasil hisab dari perhitungan astronomi.

Pemaparan pun akan mulai dilakukan pukul 17.00 WIB dan disiarkan melalui live streaming.

2. Kemudian setelah mendapatkan hasil dari tim unifikasi kalender hijriah Pelaksanaan sidang Isbat Awal Ramadan 1443 Hijriah akan digelar secara tertutup setelah Salat Magrib.

Selain itu, sidang isbat juga akan merujuk hasil rukyatul hilal yang dilakukan Tim Kemenag di 101 lokasi di seluruh Indonesia.

3. Tahap ketiga, setelah menentukan hasil pemerintah akan menyiarkan hasil tersebut secara langsung di TVRI dan media sosial Kemenag lainnya.

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar


Berita Terpopuler


Copyright © MERDEKAPOST.COM. All rights reserved.
Redaksi | Pedoman Media Cyber | Network | Disclaimer | Karir | Peta Situs