Ini Curhat dan Keluh Kesah Para Guru yang Bertugas di Pedalaman kepada Sofyan Ali

Sofyan Ali anggota Komisi V DPR RI F-PKB saat berkunjung ke SMAN 6 Sarolangun di  Batangasai. (mpc/ist)
SAROLANGUN, Merdekapost.com – Banyak hal yang digali oleh Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sofyan Ali dalam kunjungannya ke sejumlah kabupaten dalam Provinsi Jambi dalam sepekan terakhir. Di Kabupaten Sarolangun misalnya, Sofyan Ali tidak hanya meninjau jalan rusak dan desa wisata, tetapi juga mendengar keluh kesah dari guru yang ada di kecamatan paling ujung Sarolangun tersebut.

Sofyan Ali mendengarkan berbagai curahan hati para guru dengan sabar. Termasuk saat dirinya mendengarkan keluh kesah para guru, yang mengaku kekurangan guru yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS). Ini diketahui saat Ketua DPW PKB Provinsi Jambi tersebut berdialog dengan para guru SMA Negeri 6 Kabupaten Sarolangun, yang berlokasi di Kecamatan Batangasai.

“Kami kekurangan guru PNS, malah guru honorer yang lebih banyak pak,” terang beberapa guru kepada Sofyan Ali, yang mengunjungi sekolah tersebut.

Tidak hanya berbicara kekurangan guru pegawai negeri, kalangan guru ikut mengeluhkan keadaan sekolah mereka yang tidak memiliki pagar keliling, sehingga mereka sangat mengkawatirkan akan masuk binatang buas, sehingga mengancam keselamatan siswa dan tenaga pendidik.

“Kami takut nian pak, takut binatang harimau masuk sekolah anak-anak kita terancam, kami mohon perhatian agar pagar sekolah kami ini diperhatikan,” terang guru lain kepada tokoh muda milik Jambi tersebut.

Persoalan lain yang tak kalah pentingnya yang dikeluhkan adalah soal tunjangan dan honorarium.

Baca Juga : Kunjungi Bumdes di Kayu Aro, Sofyan Ali ; Saya Dukung Penambahan Modal untuk Bumdes dari Kemendes

Menanggapi persoalan yang dihadapi kalangan guru ini, Sofyan Ali menyatakan, pemerintah mesti memprioritaskan pemerataan baik secara kualitas maupun kuantitas terutama di daerah. Menurut anak muda Nahdliyyin ini pemerataan mutu guru merupakan langkah awal yang tepat untuk meningkatkan kualitas sekolah.

“Kita akan membicarakan serius persoalan ini, terutama terkait sarana dan prasarana. Artinya pemerintah mulai dari pusat, provinsi dan daerah memiliki perhatian untuk meningkatkan kualitas, sarana dan prasarana pendidikan, termasuk pemerataan guru dari kalangan pegawai negeri,” ujarnya.

Lagi-lagi Sofyan Ali mengharapkan peranan aktif pemerintah untuk memperhatikan lembaga pendidikan baik lembaga pendidikan agama maupun umum.

“Pemerintah harus memperhatikan lembaga pendidikan. Saya minta segera dituntaskan, saya lihat sekolah ini kalau tidak pakai pagar bisa mengancam keselamatan siswa dari binatang buas,” terangnya.

Walaupun demikian, Sofyan Ali sangat berterima kasih dan sangat mengapresiasi para guru yang tetap menjalankan tugas dengan baik meskipun berada di pelosok.

“Saya pribadi sangat berterima kasih kepada bapak dan ibu guru bisa tetap mendidik anak-anak kita dengan baik, teruslah berjuang dan mengajar siswa dengan baik,” pungkas Sofyan Ali. (mcsa/her)

Related Posts

0 Comments:

Post a Comment


Recent Posts

Copyright © MERDEKAPOST.COM. All rights reserved.
Redaksi | Pedoman Media Cyber | Privacy Policy | Disclaimer | Peta Situs