Kapolri Ungkap Kendala Evakuasi Heli Rombongan Kapolda Jambi

Foto: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (dok.istimewa)

Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkap helikopter rombongan Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono mendarat darurat pada perbuktikan di hutan Kerinci, Jambi. Karena di ketinggian, hal itu menjadi kendala dalam proses evakuasi.

"Ya (kendala evakuasi) karena tempatnya ada di suatu ketinggian ya di mana tempatnya di ketinggian tersebut butuh waktu ya dan memang bukan dataran tapi perbukitan," kata Listyo kepada wartawan di GBK, Jakarta, Minggu (19/2/2023).

Berita Terkait lainnya:

Helikopter Rombongan Kapolda Jambi Mendarat Darurat di Tamiai, Ini Penyebabnya

Insiden Helikopter Mendarat Darurat, Kapolda Jambi Dikabarkan Mengalami Luka Serius

Listyo juga memastikan seluruh rombongan dalam kondisi selamat, meski ada yang mengalami luka-luka. Ia juga meminta doa agar proses evakuasi bisa berlangsung cepat.

"Alhamdulillah sampai saat ini kita mendapat informasi semuanya masih selamat walaupun ada beberapa yang luka. Dan mohon doanya bahwa evakuasi bisa kita lakukan dengan cepat, dan melakukan langkah penyelamatan," sebutnya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjelaskan skema evakuasi korban selamat helikopter rombongan Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono yang mendarat darurat di hutan Kerinci, Jambi. Sigit menyebut pihaknya akan melihat kondisi di lapangan.

"Yang pertama kita akan melihat medan yang ada," kata Sigit di Kawasan GBK, Senayan, Jakarta, Minggu (19/2/2023).

Sigit menerangkan skema pertama pihaknya akan menggunakan helikopter. Namun, apabila jalurnya sulit dilakukan, pihaknya akan menempuh jalur darat.

"Kalau bisa kita evakuasi dengan menggunakan helikopter tentunya akan kita gunakan helikopter, apabila harus dilakukan evakuasi dengan melalui jalur darat karena kondisi lapangan tentunya akan kita sesuaikan," kata Sigit.

Helikopter evakuasi (foto: Istimewa)

Lebih lanjut, Sigit menyebut saat proses pengangkatan itu bisa dilakukan, korban selamat akan dievakuasi ke rumah sakit terdekat.

"Tentunya nanti pada saat helikopter kemudian bisa melakukan pengangkatan di titik yang sesuai kita akan lakukan evakuasi ke rumah sakit terdekat ya," ujarnya.

Selain itu tim kepolisian juga akan dibantu oleh masyarakat pecinta alam untuk mengevakuasi korban. Sigit mengatakan tim evakuasi saat ini telah menuju titik koordinat pendaratan helikopter yang mengangkut rombongan Kapolda Jambi itu.

"Saat ini tim sudah berada di 3 KM atau 4 KM dari lokasi, namun karena memang wilayahnya perbukitan sehingga kita membutuhkan waktu," katanya.


(aldie prasetya | detiknews)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar









Berita Terpopuler

Copyright © MERDEKAPOST.COM. All rights reserved.
Redaksi | Pedoman Media Cyber | Network | Disclaimer | Karir | Peta Situs