Ruang Komunitas Digital Desa Rasau Merangin, Gelar Pelatihan Digital Marketing

Peserta Pelatihan Digital Marketing

Merdekapost.com - Merangin, Program Desa Cerdas Kemendesa PDTT melalui Ruang Komunitas Digital Desa (RKDD) di Desa Rasau, Kecamatan Renah Pamenang, Kabupaten Merangin Jambi menyelenggarakan pelatihan digital marketing, Jumat (18/7/2024).

Kegiatan ini di hadiri oleh PKK dan pelaku UMKM. Adapun pelaku usaha UMKM memiliki berbagai ragam usaha seperti  produk minuman Herbal, keripik, catering dan lain sebagainya.

Duta digital Rudi Hartono, mengatakan Ruang Komunitas Digital Desa (RKDD) merupakan ruang yang disiapkan agar dimanfaatkan oleh masyarakat ataupun komunitas-komunitas di Desa Rasau untuk belajar, sehingga di ruang inilah terbentuknya kelompok diskusi, sharing, dan menciptakan ide gagasan dan solusi yang inovatif berbasis teknologi digital.

“Ruang Komunitas Digital Desa Rasau sudah ada pengelolanya dan sudah ada peraturan desa yang ditetapkan berupa SK Penetapan RKDD dan SK Tim Pengelola RKDD, yang mana dalam hal ini kader digital desa Bagus Alanta menjadi penanggungjawab dalam kegiatan RKDD”, katanya.

Menurutnya, RKDD ini dibentuk dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat terhadap pemanfaatan teknologi digital dalam melakukan pembangunan dan pemberdayaan desa inklusif, efektif, dan produktif. Keberadaan RKDD ini diharapkan dapat mendukung pencapaian output Program Desa Cerdas atau Smart Village  dengan 6 pilar Smart Village diantaranya pilar mobilitas cerdas, ekonomi cerdas, masyarakat cerdas, tata Kelola cerdas, lingkungan cerdas, kehidupan cerdas.

Komunitas Digital Desa Rasau salah satu praktik baiknya dalam peningkatan kapasitas SDM mengadakan pelatihan digital marketing. Materi pelatihan ini diantaranya riset dan analisis kata kunci, optimasi media social, mengelola konten dan pembuatan iklan, melakukan pendekatan dengan konsumen. Kegiatan ini merupakan Program Desa Cerdas yang mengacu pada pilar ekonomi cerdas.

Menurut H. Muhammad Umar selaku Kepala Desa, Pemerintah Desa Rasau sangat mendukung kegiatan dari Ruang Komunitas Digital Desa dan akan memfasilitasi apa yang menjadi kebutuhan teman-teman Komunitas Digital Rasau.

“Pelatihan ini merupakan salah satu contoh pemanfaatan digital, maka dari itu Pelaku Usaha UMKM diharapkan mampu menyerap materi digital marketing dengan baik sehingga akan meningkatkan omzet penjualan, nantinya kelompok ini juga akan dibina dengan pelatihan dengan materi yang berbeda yang tentunya akan meningkatkan skill bisnis peserta”, jelasnya.

Dengan antusiasme peserta yang luar biasa, kegiatan pelatihan digital marketing berjalan dengan sukses. Kegiatan pelatihan digital marketing merupakan awal dari Program Desa Cerdas dengan kegiatan yang sudah disusun untuk mencapai 6 pilar dan akan berkelanjutan dengan adanya pelatihan-pelatihan secara periodik di Desa Rasau. (rdp)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

Berita Terpopuler

Copyright © MERDEKAPOST.COM. All rights reserved.
Redaksi | Pedoman Media Cyber | Network | Disclaimer | Karir | Peta Situs