Elviana: Kepala Daerah Jangan Bangga dengan WTP, Tidak Ada Hubungan WTP dengan Kesejahteraan rakyat

Hj Elviana (DPR RI)
JAMBI, MERDEKAPOST.NET - Di Jambi, baru-baru ini sejumlah daerah sukses meraih Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap laporan keuangan daerahnya.

Namun kepala daerah jangan bangga dulu. Karena predikat WTP bukanlah jaminan jika tidak ada penyimpangan dalam pengelolaan keuangan. Apalagi indikator kesuksesan.

Anggota DPR RI, dari PPP, Elviana mengatakan WTP itu hanya sebatas pemeriksaan laporan keuangan apakah sudah sesuai dengan standar akuntansi keuangan. Data laporan yang diambil pun sampling, tidak semua. 

"Jadi tidak perlu dibanggakan karena itu sudah kewajiban pemda membuat laporan keuangan sesuai standar akuntansi keuangan. Tidak ada hubungannya dengan kesejahteraan rakyat,"katanya.

Ia juga menambahkan jika predikat WTP bukan jaminan jika kepala daerahnya bebas korupsi. Karena BPK sendiri mengatakan tidak menjamin kepala daerahnya bersih dari korupsi. 

"Jangan sampai jadi pembodohan buat rakyat,"katanya.

Ia pun menceritakan pengalamannya saat melakukan fit and proper tes terhadap calon anggota BPK RI.

"Satu calon anggota BPK RI yang kami fit & proper di komisi XI Bulan April kemarin mengatakan memang tidak ada hubungan antara WTP dengan kesejahteraan rakyat,"katanya.

Makanya, WTP adalah kewajiban pengguna anggaran membuat laporan keuangan sesuai standar akuntansi keuangan.(ald/am)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar


Berita Terpopuler


Copyright © MERDEKAPOST.COM. All rights reserved.
Redaksi | Pedoman Media Cyber | Network | Disclaimer | Karir | Peta Situs