Muhaimin: Pancasila Modal Indonesia Melewati Krisis Akibat Covid-19

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar di Gedung DPR Senayan (doc/ist)
Merdekapost.com - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar mengatakan Pancasila merupakan modal bagi bangsa Indonesia melalui krisis akibat pandemi Covid-19. 

Ia yakin Indonesia mampu melalui masa-masa sulit ini dengan baik. 

"PKB yakin dengan bermodalkan nilai dan ajaran yang terkandung didalam sila-sila Pancasila, kita akan mampu melewati krisis pandemi ini dengan baik," kata Muhaimin atau Cak Imin dalam keterangan tertulis, Senin (1/6/2020). 

Namun, menurut Cak Imin, hal tersebut dapat terjadi jika nila-nilai Pancasila diimplementasikan dengan benar dan konsekuen baik oleh pemerintah maupun masyarakat.

Cak Imin menyatakan Pancasila mengajarkan tentang pentingnya nilai kemanusiaan yang adil dan beradab. 

Baca Juga : Kerinci Akan Jadi Pilot Project New Normal, Dewan PKB Minta Pemerintah Serius Perhatikan Pondok Pesantren

Artinya, kata dia, ego sektoral penentu dan pelaksana kebijakan harus ditepikan dalam penanganan Covid-19. 

"Kita semua harus meyakini bahwa kemanusiaan harus ditempatkan lebih tinggi daripada segala ego sektoral dari masing-masing pemegang kebijakan, pemerintah pusat maupun daerah, legislator di semua tingkatan, pelaku usaha, bisnis dan sebagainya," ujarnya. 

"Kerja-kerja kemanusiaan dengan menolong masyarakat yang terdampak secara ekonomi, baik dengan membagikan masker maupun sembako, bantuan pengobatan adalah cerminan dari tingginya kemanusiaan kita," tegas Cak Imin.

Cak Imin pun mengatakan peringatan Hari Lahir Pancasila ini menjadi momentum untuk memperkokoh persatuan dan mengasah rasa kemanusiaan bangsa Indonesia. 

Wakil Ketua DPR itu mengajak seluruh elite negeri dan masyarakat terus menghidupi nilai-nilai dalam sila Pancasila, khususnya sila ketiga yaitu persatuan Indonesia. 

"Inilah momentum bangkit bersama Pancasila menyelamatkan Indonesia dari pagebluk Covid-19," tuturnya.

Baca Juga : Kemendagri Minta Pemda Dukung dan Bantu KPU Persiapkan Pilkada 2020

Cak Imin optimistis, dengan Pancasila, Indonesia mampu memulihkan perekonomian nasional dengan cepat serta tidak akan mengalami gejolak politik-sosial nasional akibat pandemi Covid-19. 

"Yakinlah, dengan Pancasila, bangsa Indonesia tidak akan mengalami distabilitas politik maupun sosial seperti negara lainnya. Dan dengan Pancasila pula bangsa Indonesia akan mampu dengan cepat me-recovery perekonomian nasional akibat pandemi Covid-19," kata Cak Imin. (064)

Sumber : Kompas.com

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar


Berita Terpopuler


Copyright © MERDEKAPOST.COM. All rights reserved.
Redaksi | Pedoman Media Cyber | Network | Disclaimer | Karir | Peta Situs