Zainal - Arsal Gugat Hasil Pilkada ke MK


KERINCI-Pasangan calon bupati dan Wakil Bupati Kerinci, Zainal Abidin-Arsal, menyatakan positif mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK), terkait hasil Pilkada Kerinci.

Hal ini disampaikan langsung Cawabup, Arsal saat dihubungi wartawan,  Minggu (8/7). Arsal mengaku, pendaftaran gugatan secara online sudah dilakukan dan berkas gugatan juga sudah dikirim.

“Secara online sudah malam tadi jam 9 (21.00 Wib) didaftarkan. Untuk berkasnya, tadi pagi (hari ini) dikirim ke pusat,” ungkapnya.

Arsal mengatakan ada beberapa poin gugatan yang diajukan ke MK. Meski tak menyebutkan satu persatu-satu, namun diantaranya adalah keterlibatan PNS dan Kades.

"Diantaranya dugaan keterlibatan PNS, Kades, dan yang memilih dua kali, dan banyak lagi yang lain,” terangnya.

Sementara itu Ketua Tim Pemenangan Adi Rozal-Ami Taher yang memperoleh suara terbanyak, Yuldi Herman dimintai tanggapannya terkait gugatan ZA-Arsal ke MK, menanggapinya secara dingin.

Ia mengatakan, pihaknya menghormati langkah apa yang diambil oleh paslon nomor urut 3. Jika memang mengajukan gugatan ke MK, pihaknya tetap menghormatinya.

"Sah-sah saja, kita menghormati proses demokrasi, semuanya sudah diatur dalam UU dan aturan lainnya, kita ikuti saja,” terangnya.

Sebelumnya Ketua KPU Kerinci, Afdhal juga mengatakan siap menghadapi jika ada paslon yang mengajukan gugatan ke MK. Sebab akunya, hal itu ada hak setiap pasangan calon.

“Itukan hak setiap pasangan calon, dan kita siap untuk itu,” ucapnya.

Untuk diketahui, pada Pilkada Kerinci 27 Juni 2018 lalu, berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi KPU Kerinci, Paslon nomor urut 2 Adirozal-Ami Taher, memperoleh suara terbanyak, yakni 55.597 suara atau 37,5 persen, sedangkan perolehan suara terbanyak kedua Paslon ZA-Arsal memperoleh 49.992 suara atau 33,7 persen, dan paslon Monadi-Edison mendapat 42.683 suara atau 28,8 persen.(064)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar









Berita Terpopuler

Copyright © MERDEKAPOST.COM. All rights reserved.
Redaksi | Pedoman Media Cyber | Network | Disclaimer | Karir | Peta Situs