Peringatan Keras Bupati Bungo, Rio yang Terlibat Peti Akan di Pecat!

Bupati Bungo H Mashuri
Muara Bungo, Merdekapost.com - Maraknya aktivitas Penambang Emas Tanpa Izin (PETI) di Kabupaten Bungo dan isu keterlibatan oknum tokoh masyarakat membuat Bupati Bungo, H. Mashuri ambil tindakan tegas.

Saat dikonfirmasi, Mashuri menyebutkan bahwa Pemkab Bungo sudah memanggil semua Rio (Kepala Desa) yang berada di aliran Sungai Batang Pelepat, Batang Bungo, Limbur Lubuk Mengkuang, dan dusun (desa) yang diduga menjadi tempat aktivitas PETI.

Pemanggilan tersebut guna untuk mengingatkan dan meminta komitmen masing-masing Rio untuk tidak terlibat dalam aktivitas PETI di wilayah masing-masing.

Selain itu, Mashuri juga sudah memerintahkan kepada para Rio agar melakukan koordinasi dengan jajarannya untuk menindaklanjuti keluhan masyarakat tentang maraknya PETI di wilayah masing-masing.

Baca Juga: Gara-gara Pembatasan Jam Pasar Tanjung Bajure Sungai Penuh, Puluhan Pedagang Menjerit, Ini Alasannya!

"Kami sudah minta melalui pak Wabup sudah melakukan rapat minta komitmen mereka (Rio) untuk bersama-sama tidak melakukan penambangan emas tanpa izin ini dengan menggunakan alat berat," ujar Mashuri, Senin (18/5/2020).

Lanjutnya, kalau terbukti terlibat kasus PETI, Mashuri akan ambil tindakan tegas dan mengancam memecat Rio Tersebut. Sementara itu pihaknya secara bertahap juga akan memeriksa aparat di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Bungo guna mencari keterlibatan.

"Kalau memang terbukti nanti terlibat, kita tidak segan-segan memberikan sanksi, bisa sampai terakhir mungkin pemecatan" tegasnya.

Baca Juga: Tahun Ini, Terminal Sri Bulan Sarolagun Sepi Aktivitas Mudik Lebaran

Terkait keterlibatan oknum Rio dalam aktivitas PETI, Mashuri mengingatkan komitmen saat dilantik menjadi Rio. Khususnya mereka yang merupakan incumbent, tentu lebih paham terhadap komitmen menjadi tokoh masyarakat di Dusun.

Selain itu, apabila oknum Rio tersebut sudah ditetapkan sebagai tersangka, maka wajib menjalankan hukuman. Namun terkait statusnya sebagai Rio ada prosedur yang harus dilalui hingga pemecatan. Ungkapnya. (ari)


Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

Berita Terpopuler

Copyright © MERDEKAPOST.COM. All rights reserved.
Redaksi | Pedoman Media Cyber | Network | Disclaimer | Karir | Peta Situs